0
Thumbs Up
Thumbs Down

LPEI Dukung Nusasari Jadi Desa Kakao Devisa

inilahcom
inilahcom - Sun, 08 Dec 2019 00:15
Dilihat: 73
LPEI Dukung Nusasari Jadi Desa Kakao Devisa

Jembrana - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau yang dikenal dengan Indonesia Eximbank meresmikan Desa Kakao Devisa pada 6 Desember 2019 di Desa Nusasari, Kabupaten Jembrana, Bali Barat.

LPEI juga bekerjasama dengan Koperasi Semaya Samiyana yang beranggotakan 605 petani kakao sejak tahun 2012 telah melakukan pelatihan dan pendampingan para petani kakao untuk meningkatkan kapasitas produksi dan pelaksanaan ekspor.

Peresmian ini dihadiri oleh Direktur Eksekutif LPEI, Kepala Kantor Wilayah DJBC Bali, NTB, dan NTT, Wakil Bupati Jembrana, dan Pemerintah Daerah Jembrana.

"LPEI memiliki IEB Institute yang telah bekerjasama dengan Institut Pertanian Bogor untuk membuat kajian bersama memetakan potensi wilayah berdasarkan komoditi unggulan dengan menggunakan beberapa aspek yang dijadikan indikator terukur", jelas Sinthya Roesly Direktur Eksekutif LPEI seperti mengutip dari laman resmi Kemenkeu.

Adapun beberapa aspek yang digunakan untuk pemilihan Desa Kakao Devisa yaitu, 1) aspek produksi, 2) aspek konsistensi dan keberlanjutan produksi, 3) aspek pemberdayaan masyarakat desa dan koordinasi antar lembaga, 4) aspek koordinasi antar pemangku kepentingan desa devisa, 5) aspek produsen dan manajerial, 6) aspek infrastruktur dan sarana penunjang lain.

Wakil Bupati Jembrana,I Made Kembang Hartawan mengapresiasi peresmian Desa Kakao Devisa ini. "Saya berterima kasih banyak kepada LPEI atas dukungan mulai dari sarana dan prasarana produksi serta pelatihan dan pendampingan ekspor sejak dari 2012 kepada para petani kakao di Jembrana," ujarnya.

Desa Devisa merupakan kelompok tertentu yang berpotensi untuk melakukan aktivitas produksi secara berkelanjutan untuk ambil bagian dalam rantai pasokan ekspor global baik secara langsung maupun tidak langsung. Dengan adanya desa devisa ini diharapkan dapat memajukan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya bagi masyarakat lokal berdasarkan pengembangan produk unggulan setempat serta menopang ekonomi kerakyatan melalui kegiatan ekspor nasional.

Sumber: inilahcom

LPEI Dukung Nusasari Jadi Desa Kakao Devisa

LPEI Dukung Nusasari Jadi Desa Kakao Devisa

LPEI Dukung Nusasari Jadi Desa Kakao Devisa

LPEI Dukung Nusasari Jadi Desa Kakao Devisa

LPEI Dukung Nusasari Jadi Desa Kakao Devisa

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya