0
Thumbs Up
Thumbs Down

Longsor, Jalan Penghubung Dua Kampung di Sukabumi Terputus

Republika Online
Republika Online - Wed, 06 Nov 2019 15:10
Dilihat: 22
Longsor, Jalan Penghubung Dua Kampung di Sukabumi Terputus

SUKABUMI -- Bencana longsor melanda Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Selasa malam (5/11). Dampaknya, jalan yang menghubungkan dua kampung sepanjang 30 meter terputus.

Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi menyebutkan, jalan sepanjang 30 meter tersebut menghubungkan Kampung Sindang Resmi dengan Kampung Porki, Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak. Jalan tersebut tepatnya berada di Kampung Sindang Resmi RT 04 RW 02, Desa Karangtengah, Cibadak.

"Informasi yang dihimpun, longsor terjadi pada Selasa malam sekitar pukul 20.00 WIB," ujar Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna kepada wartawan, Rabu (6/11).

Petugas mendapatkan laporan dari warga dan langsung dilakukan pengecekan ke lokasi kejadian. Menurut Daeng, longsornya jalan terjadi setelah wilayah Cibadak diguyur hujan deras yang mengakibatkan jalan longsor. Jalan itu memiliki kedalaman sekitar delapan meter yang menghubungkan warga dua kampung dan dinilai sangat penting bagi warga.

BPBD berkoordinasi dengan pemerintah desa serta instansi terkait lainnya untuk memperbaiki jalan tersebut. Khususnya bantuan material bangunan dalam memperbaiki jalan.

Daeng menuturkan, pada musim hujan ini Sukabumi termasuk daerah rawan longsor dan pergerakan tanah. Warga diminta meningkatkan kewaspadaan menghadapi bencana alam. Imbauan ini sudah disampaikan kepada 47 kecamatan yang ada di Sukabumi.

Sebelumnya, di wilayah yang sama Kecamatan Cibadak terjadi bencana pergerakan tanah atau longsor pada 13 Oktober 2019. Sebanyak dua unit rumah rusak dan 32 lainnya terancam akibat bencana pergerakan tanah di Kampung Benda RT 05 RW 06 Desa Karangtengah, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi. Warga yang rumahnya rusak untuk sementara tinggal di tenda pengungsian yang dibangun Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Sukabumi.

Kepala Desa Karangtengah Kecamatan Cibadak Gerry Imam Sutrisno mengatakan, pemerintah desa sudah memberikan imbauan agar warga mewaspadai bencana alam di musim hujan. Harapannya, pada saat terjadi hujan deras, maka warga yang tinggal di daerah rawan bencana bisa mewaspadai potensi terjadinya bencana.

Langkah ini untuk menekan timbulnya korban jiwa dan kerugian materil. Di sisi lain, petugas juga siaga dalam memberikan penanganan dan bantuan kepada korban bencana.

Selain longsor, bencana angin kencang juga melanda dua titik berbeda di Kabupaten Sukabumi pada akhir Oktober lalu. Dampaknya belasan rumah warga mengalami kerusakan dan satu madrasah juga ikut terdampak.


Data dari BPBD Kabupaten Sukabumi menyebutkan, bencana terjadi pada Selasa, 29 Oktober lalu sekitar pukul 15.15 WIB. Lokasi yang terdampak bencana angin kencang yakni Kecamatan Cibadak dan Nagrak.

Berita Terkait
  • Tawuran Pelajar SMK di Sukabumi, 3 Orang Diamankan
  • Buang Sampah Sembarangan Jadi Penyebab Banjir di Kota Malang
  • Tawuran Pelajar SMK di Lapangan Merdeka Sukabumi
Berita Lainnya
  • Viola Davis Ikut Tanggapi Martin Scorsese
  • Dompet Dhuafa Ajak Sumbang Sepatu Layak Pakai di EJM 2019

Longsor, Jalan Penghubung Dua Kampung di Sukabumi Terputus

Longsor, Jalan Penghubung Dua Kampung di Sukabumi Terputus

Longsor, Jalan Penghubung Dua Kampung di Sukabumi Terputus

Longsor, Jalan Penghubung Dua Kampung di Sukabumi Terputus

Longsor, Jalan Penghubung Dua Kampung di Sukabumi Terputus

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya