0
Thumbs Up
Thumbs Down

Lion Air Hanya Layani Pemulangan Wisatawan ke Wuhan

wartaekonomi
wartaekonomi - Fri, 24 Jan 2020 22:09
Dilihat: 38
Jakarta

Akibat wabah virus korona di China, sejumlah penerbangan dari Indonesia ke negara tersebut masih terganggu. Lion Air yang melayani penerbangan dari Denpasar dengan tujuan Bandara International Tianhe Wuhan, harus mengikuti ketentuan yang sedang berlaku.

Sesuai dengan pemberitahuan resmi otoritas setempat (notam) di Wuhan bahwa status bandara saat ini hanya diperbolehkan melayani penerbangan kedatangan (arrival). Penerbangan keberangkatan (departure) sendiri tidak diperbolehkan membawa penumpang.

Mengikuti ketentuan tersebut, Lion Air dengan penerbangan Denpasar-Wuhan pada 24 dan 26 Januari 2020 hanya melayani pemulangan dengan membawa tamu atau penumpang yang masih berada di Bali.

Baca Juga: Breaking News!! Sriwijaya Air dan Lion Air Diharamkan Masuk Wilayah Wuhan

Penerbangan Wuhan-Denpasar sebagai ferry flight hanya membawa kru dan tidak melayani tamu atau penumpang. Penerbangan Denpasar-Wuhan juga mengalami perubahan menjadi rute Denpasar ke Changsa, Bandara Internasional Huanghua, Hunan, Tiongkok.

"Untuk perkembangan lebih lanjut dan terbaru mengenai rute dimaksud akan disampaikan kemudian," jelas Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic Lion Air Group melalui siaran pers (24/1/2020).

Perubahan dan pembatalan penerbangan tersebut, menurut Danang, merupakan implementasi dan langkah preventif terhadap penyebaran penyakit pneumonia berat di Wuhan. Upaya pencegahan pada penerbangan internasional juga berlaku dari dan ke Bandara Internasional Kuala Lumpur, Malaysia (KUL).

"Ini sebagai upaya memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan udara kepada awak pesawat dan tamu atau penumpang," tegas Danang.

Antisipasi dilakukan juga mengacu pada surat edaran dari Kementerian Kesehatan Nomor SR.01.0111/5888/2019 tentang Pemberitahuan Kewaspadaan Penyakit Polio pada 30 Desember 2019 dan Nomor PM.04.021111143/2020 tentang Kesiapsiagaan dan Antisipasi Penyebaran Penyakit Pneumonia Berat yang Belum Diketahui Etiologinya pada 3 Januari 2020.

Baca Juga: Soal Virus Korona, Kenapa WHO Tak Berlakukan Darurat Kesehatan Global?

Dalam tindakan pencegahan dimaksud, merekomendasikan guna menyediakan dan menyemprot cairan multiguna pembunuh kuman (disinfectant spray) sesuai prosedur yang berlaku, serta menyediakan dan menggunakan masker, sarung tangan (hand gloves) dan cairan pembersih tangan (hand sanitizer) guna antisipasi tertular pada awak pesawat dan petugas layanan darat.

"Lion Air senantiasa memantau situasi di Wuhan, berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait serta memberikan perkembangan terkini kepada penumpang," tutup Danang.

Penulis: Agus Aryanto

Editor: Rosmayanti


Foto: Sufri Yuliardi

Sumber: wartaekonomi

Lion Air Hanya Layani Pemulangan Wisatawan ke Wuhan

Lion Air Hanya Layani Pemulangan Wisatawan ke Wuhan

Lion Air Hanya Layani Pemulangan Wisatawan ke Wuhan

Lion Air Hanya Layani Pemulangan Wisatawan ke Wuhan

Lion Air Hanya Layani Pemulangan Wisatawan ke Wuhan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya