0
Thumbs Up
Thumbs Down

Layanan Publik Lumpuh Akibat Listrik Padam

Republika Online
Republika Online - Mon, 05 Aug 2019 07:39
Dilihat: 86
Layanan Publik Lumpuh Akibat Listrik Padam

JAKARTA -- Terputusnya aliran listrik di DKI Jakarta, sebagian Jawa Barat, dan Banten, Ahad (4/8), melumpuhkan berbagai pelayanan publik. Aktivitas perekonomian warga juga terdampak.

Listrik padam mulai pukul 11.48 WIB. Menurut penjelasan PT PLN (Persero), pemadaman listrik bermula dari adanya gangguan pada saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) Ungaran-Pemalang, Jawa Tengah yang kemudian merembet ke sistem kelistrikan lain. Listrik baru bisa dipulihkan secara bertahap pada petang.

Gangguan sistem kelistrikan berdampak luas. Di sektor transportasi, operasional kereta listrik (KRL) Commuter Line lumpuh total. Para penumpang KRL rute Jakarta Kota-Bekasi bahkan harus turun di tengah lintasan.

Transportasi massal Moda Raya Terpadu (MRT) ikut terimbas. Para pengguna MRT bahkan sempat terjebak di dalam rangkaian yang sedang berada di lintasan bawah tanah. Penumpang mesti berjalan menyusuri rel bawah tanah selama sekitar 15 menit saat melakukan evakuasi.

Lumpuhnya KRL dan MRT membuat penumpang beralih ke moda transportasi lain. Angkutan kota (angkot) menuai berkah karena mendapatkan lebih banyak penumpang daripada hari biasanya.

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memutuskan menggratiskan layanan seluruh rute Transjakarta hingga listrik pulih 100 persen. PT Transportasi Jakarta mengonfirmasikan, penggratisan layanan tersebut dimulai sejak pukul 18.30 WIB.

Kemacetan di berbagai ruas jalan di Ibu Kota pun tak terhindarkan akibat matinya lampu lalu lintas. Kondisi ini membuat sejumlah warga dan para driver ojek daring berinisiatif menjadi 'polantas'.

Hal itu seperti yang terlihat di lampu lalu lintas perempatan Pejaten, Pasar Minggu. Mereka mengatur laju kendaraan sambil menunggu polantas datang.

Cover koran Republika edisi Senin (5/8).



Padamnya listrik juga mengganggu warga yang menjalankan usaha. Tak sedikit warung makan yang berhenti melayani pelanggan saat cadangan air untuk mencuci piring dan masak habis. Begitu juga dengan pelaku-pelaku usaha lainnya yang mengandalkan listrik.

Di sektor keuangan, nasabah tak bisa menggunakan layanan Anjungan Tunai Mandiri (ATM). di daerah-daerah terdampak. Namun, layanan perbankan di kantor cabang berjalan normal karena memiliki daya cadangan.

Salah satu yang juga dikeluhkan masyarakat akibat padamnya listrik adalah buruknya sinyal telekomunikasi. Sejumlah provider mengakui pemadaman listrik sempat berimbas pada menurunnya kualitas layanan.


Kendati demikian, padamnya listrik tak sampai mengganggu penerbangan. Operasional Bandara Soekarno-Hatta, misalnya, tetap berjalan normal dengan mengandalkan genset.

Berita Terkait
  • Hari Ini KRL Siap Beroperasi Penuh
  • Pejabat di Sukabumi Pantau Dampak Listrik Padam
  • Delapan Kebakaran Terjadi di Jakarta pada Ahad Hingga Senin
Berita Lainnya
  • Krisyanto: 'Selamat Ulang Tahun' Seolah Jadi Lagu Wajib
  • Bea Cukai Tanjung Emas Dukung Deklarasi Pencanangan WBK-WBBM

Layanan Publik Lumpuh Akibat Listrik Padam

Layanan Publik Lumpuh Akibat Listrik Padam

Layanan Publik Lumpuh Akibat Listrik Padam

Layanan Publik Lumpuh Akibat Listrik Padam

Layanan Publik Lumpuh Akibat Listrik Padam

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya