0
Thumbs Up
Thumbs Down

Lagi, 8 Fintek P2PL Kantongi Lisensi dari OJK

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 02 Jun 2020 16:37
Dilihat: 124
Jakarta

Delapan fintek peer to peer lending (P2PL) anggota Asosiasi Fintech Pendanaan Bersama Indonesia (AFPI) memperoleh izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan demikian, total sudah 33 penyelenggara fintech lending yang mengantongi lisensi dari OJK dari total anggota AFPI saat ini 161 perusahaan, sisanya berstatus terdaftar di OJK.

Kedelapan anggota AFPI yang mendapat izin usaha terbaru dari OJK yakni Pinjam Modal (PT Finansial Integrasi Teknologi), Taralite (PT Indonusa Bara Sejahtera), Danarupiah (PT Layanan Keuangan Berbagi), Pinjamwinwin (PT Progo Puncak Group), Julo (PT Julo Teknologi Finansial), Indodana (PT Artha Dana Teknologi), Awantunai (PT SimpleFi Teknologi Indonesia), dan Alami (PT Alami Fintek Sharia).

Baca Juga: Kantongi Izin OJK, Fintech JULO Siap Melesat

"Selamat kami ucapkan kepada para member AFPI yang memperoleh izin usaha dari OJK. Semoga dengan izin usaha yang diperoleh ini dapat memperkuat industri khususnya di tengah masa pandemi Covid-19 untuk menunjukkan konsistensinya berperan aktif dalam penyaluran pinjaman ke masyarakat khususnya sektor UMKM," kata Ketua Umum AFPI, Adrian Gunadi, dalam press conference online, Selasa (2/6/2020).

Adrian berharap agar penerimaan izin usaha dari 8 member AFPI kali ini ini dapat menginspirasi member lainnya yang masih berproses.

"Untuk menjadi penyelenggara Fintech P2P Lending harus comply terhadap regulasi dan aturan dari OJK maupun dari asosiasi demi menjaga kredibilitas industri," ucap Adrian.

Adrian menambahkan, pemberian izin usaha dari OJK menandakan kredibilitas industri Fintech P2P Lending makin tinggi. Hal ini terlihat dari meningkatnya angka penyaluran pinjaman dari seluruh anggota AFPI kepada masyarakat.

Berdasarkan data OJK per Maret 2020, akumulasi penyaluran pinjaman Fintech P2P Lending naik 208,83% menjadi Rp102,53 triliun dari posisi periode yang sama tahun lalu.

Status izin usaha diberikan kepada platform terdaftar di OJK yang telah memenuhi sejumlah persyaratan, seperti keamanan sistem informasi berupa ISO 27001, yang merupakan standar internasional dalam menerapkan sistem manajemen keamanan informasi.

Penulis: Bernadinus Adi Pramudita

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: Akbar Nugroho Gumay

Sumber: wartaekonomi

Lagi, 8 Fintek P2PL Kantongi Lisensi dari OJK

Lagi, 8 Fintek P2PL Kantongi Lisensi dari OJK

Lagi, 8 Fintek P2PL Kantongi Lisensi dari OJK

Lagi, 8 Fintek P2PL Kantongi Lisensi dari OJK

Lagi, 8 Fintek P2PL Kantongi Lisensi dari OJK

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya