0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kuliah di Luar Negeri, Cek Dulu Keuangannya agar Tak Kaget

okezone
okezone - Thu, 06 Aug 2020 13:23
Dilihat: 45
Kuliah di Luar Negeri, Cek Dulu Keuangannya agar Tak Kaget

JAKARTA - Pendidikan bagi sebagian orang dipersepsikan sebagai salah satu investasi untuk masa depan. Melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi pun menjadi tujuan hidup.

Hanya saja butuh biaya pendidikan yang lebih bila memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi. Apalagi bila melanjutkan kuliahnya sampai ke negeri seberang, tentu dengan pertimbangan plus minus harus matang.

Menurut Perencana Keuangan Prita Ghozie, apapun pilihannya, selain persiapan mental, persiapan keuangan adalah salah satu faktor penting. Apabila tujuan keuangan ini mendapatkan prioritas yang utama dalam rencana keuangan, maka ada hal-hal yang sebaiknya dipersiapkan lebih dulu seperti berikut.

Baca Juga: Wajib Baca, 5 Cara Ini Ampuh untuk Redam Hasrat Belanja

Pertama, menentukan komponen biaya pendidikan. Persiapan biaya dapat disusun untuk memenuhi kebutuhan uang pangkal awal saja, atau untuk memenuhi seluruh kebutuhan biaya termasuk uang buku dan lainnya. Secara umum, biaya melanjutkan studi terdiri dari biaya persiapan, biaya universitas, serta biaya hidup selama studi.

"Apabila memutuskan untuk melanjutkan studi tanpa bekerja formal, maka penyesuaian biaya hidup sebaiknya dilakukan untuk anggaran bulanan," ujar Prita, dikutip dari laman pribadinya, Jakarta, Kamis (6/8/2020).

Berdasarkan sebuah riset yang dilaksanakan untuk pelajar strata 2 di Amerika Serikat, secara umum mahasiswa menghabiskan dana 30% untuk biaya kuliah, buku, serta riset, 25% untuk akomodasi dan makanan, sedangkan sisanya untuk lain-lain.

Baca Juga: Indonesia Terancam Resesi, Yuk Siapkan Dana Darurat

"Salah satu hal yang perlu dicermati bahwa biaya berlibur selama studi juga menjadi komponen yang perlu dipersiapkan juga," tulisnya.

Kedua, jangka waktu. Berikutnya adalah menentukan kapan kebutuhan biaya harus dipenuhi. Sisa jangka waktu yang dimiliki sejak sekarang hingga jatuh tempo kebutuhan dana menjadi durasi persiapan dana pendidikan.

Agak berbeda dengan persiapan dana pendidikan untuk anak, dana pendidikan untuk melanjutkan kuliah lagi umumnya berjangka waktu pendek hingga menengah. Untuk perhitungan kebutuhan masa depan, Sebaiknya juga mempertimbangkan faktor tingkat kenaikan biaya atau inflasi.

Ketiga, menghitung kebutuhan dana pendidikan lanjutan. Berdasarkan biaya-biaya yang perlu dipenuhi dan berapa lama lagi kebutuhan tersebut akan terjadi, maka dapat menghitung secara matematis jumlah kebutuhan dana pendidikan yang perlu dipersiapkan. Penambahan sumber pemasukan dari beasiswa dapat juga dipertimbangkan sebagai pengurang biaya.

Namun, sayangnya jumlah beasiswa baru akan diketahui beberapa saat sebelum memulai pendidikan. Apabila memiliki tanggungan seperti keluarga mau pun orang tua, maka pastikan juga kebutuhan dana untuk keluarga termasuk dalam perhitungan.

"Selain itu, proteksi keuangan dalam bentuk asuransi kesehatan mutlak dimiliki," tuturnya.


Keempat, penentuan produk keuangan. Setelah mengetahui kebutuhan dana pendidikan lanjutan, maka langkah berikutnya adalah menentukan produk keuangan apa yang tepat untuk menabung dan investasi. Secara umum, untuk memenuhi kebutuhan biaya dalam jangka waktu dibawah 2 tahun, dapat menggunakan bantuan aset seperti reksa dana pasar uang atau tabungan berjangka.

Sumber: okezone

Kuliah di Luar Negeri, Cek Dulu Keuangannya agar Tak Kaget

Kuliah di Luar Negeri, Cek Dulu Keuangannya agar Tak Kaget

Kuliah di Luar Negeri, Cek Dulu Keuangannya agar Tak Kaget

Kuliah di Luar Negeri, Cek Dulu Keuangannya agar Tak Kaget

Kuliah di Luar Negeri, Cek Dulu Keuangannya agar Tak Kaget

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya