0
Thumbs Up
Thumbs Down

KROSCEK: Tidak Hanya 8 Petinggi KAMI, Jokowi Perintahkan Polri Jemput Gatot Nurmantyo

Antvklik
Antvklik - Mon, 19 Oct 2020 13:44
Dilihat: 28

Muncul di media sosial unggahan yang menyebut tidak hanya 8 petinggi KAMI, Jokowi memerintahkan Polri untuk menjemput Gatot Nurmantyo.

antvklik.com - Beredar di media jejaring sosial Facebook sebuah unggahan yang yang dibagikan akun atas nama Hasta Kirana pada 17 Oktober 2020.

Pemilik akun membagikan postingan berupa tangkapan layar mirip artikel berita. Artikel yang tidak menampilkan sumber media itu, menampilkan foto Gatot Nurmantyo mengenakan kopiah hitam sambil memegang mikrofon tengah berpidato dalam sebuah acara.

Dalam foto yang diunggah, terdapat narasi bertuliskan:

"Berita terkini - Tidak Hanya Delapan petinggi kami, Jokowi Perintahkan Polri Jemput Gatot Nurmantyo"

Hingga artikel dibuat, postingan ini telah mendapat respon dari publik, dengan 330 reaksi, 74 komentar dan sempat dibagikan sebanyak 49 kali oleh pengguna Facebook lain.

Postingan akun Hasta Kirana. (Screenshot Facebook)

Kemudian benarkah, klaim postingan menyebut tidak hanya delapan petinggi KAMI, Jokowi perintahkan Polri jemput Gatot Nurmantyo?

Berikut krosceknya.

Penelusuran Kroscek ANTVklik, diawali lewat mesin pencarian Google, tidak ditemukan informasi dari media kredibel manapun yang memuat informasi Jokowi memerintahkan Polri menjemput Gatot Nurmantyo.

Kroscek pada foto yang digunakan dalam unggahan, melalui penelusuran lewat reverse image search, diperoleh sumber dan fakta foto tersebut merupakan tangkapan layar dari tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, dengan judul "Deklarasi KAMI Jabar, Gatot Nurmantyo: Jangan Alergi dengan KAMI", yang tayang pada 7 September 2020.

Dalam deskripsi tayangan dijelaskan, usai menggelar deklarasi di kawasan Sukajadi, Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jawa Barat, menggelar aksi di depan Gedung Sate.

Aksi ini jadi lanjutan setelah deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia Jawa Barat digelar di salah satu rumah anggota KAMI.

Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Din Samsyuddin, dan tokoh-tokoh lainnya, satu persatu menyampaikan orasinya di depan Gedung Sate.

"Kita lawan kalau apa, kalau mereka bertentangan dengan Pancasila kita lawan. Selama mereka semuanya untuk menyelamatkan Indonesia, untuk membangun Indonesia, itu adalah sama, kita hanya namanya yang beda. Jadi jangan alergi dengan kita. Kalau mereka memusuhi kita, karena mereka belum tahu," kata Gatot dalam orasinya, Senin (07/09/2020).

Dalam orasinya, Din Syamsuddin menjelaskan KAMI merupakan gerakan moral.

"KAMI adalah gerakan moral, maka kita harus tampilkan nilai-nilai moral. KAMI adalah gerakan dari anak-anak bangsa yang terpelajar yang mengedepankan akal pikiran. Jangan otot, pakailah otak," kata Din Syamsuddin.

Sehingga para simpatisan harus menunjukkan nilai-nilai moral.

Jadi tidak ada dalam tayangan yang menyebutkan Jokowi memerintahkan menjemput Gatot Nurmantyo seperti diklaim oleh akun Facebook Hasta Kirana.

Sumber menggunakan foto yang sama namun membuat judul dan narasi dengan konteks yang berbeda.

Berdasar kroscek dan penjelasan, dapat disimpulkan klaim yang menyebut tidak hanya delapan petinggi KAMI, Jokowi perintahkan Polri jemput Gatot Nurmantyo adalah tidak benar alias hoaks.

Informasi masuk dalam kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.

Misleading content dibentuk dengan cara memanfaatkan informasi asli, seperti gambar, pernyataan resmi, atau statistik, akan tetapi diedit sedemikian rupa sehingga tidak memiliki hubungan dengan konteks aslinya.

Sumber: Antvklik

KROSCEK: Tidak Hanya 8 Petinggi KAMI, Jokowi Perintahkan Polri Jemput Gatot Nurmantyo

KROSCEK: Tidak Hanya 8 Petinggi KAMI, Jokowi Perintahkan Polri Jemput Gatot Nurmantyo

KROSCEK: Tidak Hanya 8 Petinggi KAMI, Jokowi Perintahkan Polri Jemput Gatot Nurmantyo

KROSCEK: Tidak Hanya 8 Petinggi KAMI, Jokowi Perintahkan Polri Jemput Gatot Nurmantyo

KROSCEK: Tidak Hanya 8 Petinggi KAMI, Jokowi Perintahkan Polri Jemput Gatot Nurmantyo

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya