0
Thumbs Up
Thumbs Down

KROSCEK: Donald Trump Meninggal Dunia di Usia Ke-74 karena COVID-19

Antvklik
Antvklik - Sun, 18 Oct 2020 19:33
Dilihat: 35

Muncul ramai di media sosial cuitan yang menyebut Presiden Amerika Serikat Donald Trump meninggal dunia di usia ke-74 karena Covid-19.

antvklik.com - Beredar di layanan media sosial berbasis pesan singkat Twitter, sebuah unggahan yang dibagikan akun @foxnewes, pada 9 Oktober 2020.

Pengguna Twitter @foxnewes mengunggah sebuah foto yang disertai dengan keterangan yang menyebut bahwa Presiden Donald Trump telah meninggal dunia di usia ke-74 tahun akibat penyakit COVID-19.

"Due To COVID-19, President Donald Trump Passes Away at 74"

Cuitan ini menjadi viral di media sosial. Kemudian benarkah klaim yang disebut akun @foxnewes bahwa Donald Trumph telah meninggal dunia karena Covid-19?

Berikut krosceknya.

Penelusuran Kroscek ANTVklik, lewat mesin pencarian Google, melalui kata kunci Donald Trump meninggal dunia, tidak menemukan informasi tersebut.

Pencarian teratas merujuk situs politifact.com, dan factcheck.afp.com masing-masing menyebut informasi meninggalnya Donald Trump adalah berita hoaks.

Situs politifact.com, (16/10/2020), dalam artikelnya berjudul "CNN Reported: 'Due To COVID-19, President Donald Trump Passes Away at 74'- No." Menjelaskan bahwa Donald Trump tidak meninggal karena COVID-19.

Sebuah postingan Instagram yang tersebar di media sosial mengklaim bahwa Presiden Donald Trump telah meninggal, tetapi itu salah.

"Karena COVID-19, Presiden Donald Trump meninggal dunia pada usia 74 tahun," demikian bunyi tangkapan layar tweet CNN. Itu diposting di Instagram pada 12 Oktober.

Sejak itu, tentu saja Trump telah tweet dan tampil di depan umum. Pada 15 Oktober, dia berpartisipasi dalam balai kota yang disiarkan televisi.

Postingan ini ditandai sebagai bagian dari upaya Facebook untuk memerangi berita palsu dan informasi yang salah di News Feed-nya.

Sementara Donald Trump mencari perawatan untuk diagnosis COVID-19 di Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, dia meninggalkan rumah sakit pada 5 Oktober dan telah berkampanye sejak itu. Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, mengatakan kepada situs berita kesehatan STAT bahwa presiden "tidak menderita akibat yang signifikan" dari COVID-19, menurut sebuah berita 13 Oktober.

Kami tidak menemukan bukti bahwa CNN pernah men-tweet bahwa Trump meninggal.

Saat mencari tweet di Twitter, kami menemukan tweet 9 Oktober yang identik yang juga menggunakan logo Fox News, tetapi akun tersebut sebenarnya bukan Fox News; ini @foxnewes.

Kami menilai posting ini Pants on Fire!

Kemudian dalam situs factcheck.afp.com, (16/10/2020) dalam artikelnya berjudul "Post falsely claims Trump died of Covid-19", menyebutkan post yang salah mengklaim Trump meninggal karena Covid-19

Sebuah posting Instagram tertanggal 12 Oktober 2020 mengklaim bahwa Donald Trump meninggal karena Covid-19. Ini salah; presiden AS muncul di balai kota NBC pada 15 Oktober.

'Karena Covid-19, Presiden Donald Trump Meninggal Dunia pada usia 74,' kata postingan tersebut, yang dibuat seolah-olah berasal dari akun Twitter resmi CNN.

Tetapi pencarian di akun Twitter CNN tidak mengungkapkan tweet semacam itu, dan Trump muncul di balai kota NBC beberapa hari setelah klaim itu muncul secara online.

Dari kroscek dan penjelasan dapat disimpulkan, informasi yang diunggah oleh pengguna Twitter @foxnewes menyebut Presiden Donald Trump telah meninggal dunia karena Covid-19 adalah tidak benar alias hoaks.


Informasi termasuk kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Sumber: Antvklik

KROSCEK: Donald Trump Meninggal Dunia di Usia Ke-74 karena COVID-19

KROSCEK: Donald Trump Meninggal Dunia di Usia Ke-74 karena COVID-19

KROSCEK: Donald Trump Meninggal Dunia di Usia Ke-74 karena COVID-19

KROSCEK: Donald Trump Meninggal Dunia di Usia Ke-74 karena COVID-19

KROSCEK: Donald Trump Meninggal Dunia di Usia Ke-74 karena COVID-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya