0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kritik Juergen Klopp untuk Newcastle United

Football5star
Football5star - Sat, 16 Oct 2021 06:31
Dilihat: 89

Football5star.com, Indonesia - Juergen Klopp, pelatih Liverpool buka suara terkait kepemilikan baru Newcastle United. The Magpies saat ini menjelma menjadi salah satu klub terkaya di dunia setelah pengambilalihan kepemilikan oleh konsorsium Arab Saudi, PIF.

Dana yang digelontorkan PIF untuk mendapatkan Newcastle ini kabarnya mencapai 300 juta poundsterling atau sekitar Rp 5,81 triliun. Newcastle United pun digadang-gadang akan meneruskan cerita sukses sejumlah klub yang dimiliki oleh milioner Timur Tengah seperti PSG dan Manchester City.

Eurosport

Bagi Juergen Klopp, kondisi seperti ini tentu saja menjadi buruk bagi masa depan sepak bola. Pelatih asal Jerman itu pun menyinggung soal isu lain soal pemilik baru Newcastle United.

"Saya tidak ingin berbicara terlalu banyak tentang itu, tetapi ada dua pendapat tentang masalah Hak Asasi Manusia (HAM) di Arab Saudi. Tidak ada pertanyaan tentang ini. Mengapa itu diizinkan meskipun muncul keraguan?" kata Klopp seperti dikutip Football5star.com dari Sky Sports, Sabtu (16/10/2021).

Faktanya, pengambilalihan Newcastle oleh PIF ternyata membuat organisasi Hak Asasi Manusi (HAM), Amnesty Internasional mengecamnya. menurut Amnesty Internasional, PIF yang dipimpin oleh Mohammed bin Salman, putra mahkota Arab Saudi telah dituduh terlibat dalam pembunuhan jurnalis, Jamal Khashoggi pada 2018.

"Ini menunjukkan bahwa sepak bola Inggris terbuka untuk bisnis cuci tangan rezim yang dinegaranya telah melanggar hak asasi manusia. Amnesti menganggap cukup lucu bahwa individu yang terlibat dalam kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan bisa cukup punya uang untuk membeli klub Liga Inggris," bunyi pernyataan resmi Amnesty Internasional.

Juergen Klopp Sebut Newcastle Dimiliki oleh Negara

Lebih lanjut Juergen Klopp juga mengkritik soal klub sepak bola kaya yang saat ini dimiliki oleh sebuah negara. Di masalah Newcastle, Klopp menyebut bahwa kondisi sekarang seperti Liga Super tetapi hanya untuk satu atau dua klub.

"Jika kita hanya berbicara tentang sepak bola, dalam jangka panjang, mereka akan menjadi sebuah negara adidaya. Ini adalah klub ketiga yang saya tahu dimiliki oleh negara dan salah satu keluarga terkaya di dunia," kata Juergen Klopp.

Sky Sports

"Ini membuka banyak peluang. Dengan Liga Super, semua orang menentangnya. Ini pada dasarnya seperti Liga Super, tetapi hanya untuk satu klub,"


"Newcastle telah menjamin diri mereka sendiri sebagai peran dominan di dunai selama 20 tahun berikutnya atau malah 30 tahun ke depan," tutup pelatih Liverpool tersebut.

Sumber: Football5star

Kritik Juergen Klopp untuk Newcastle United

Kritik Juergen Klopp untuk Newcastle United

Kritik Juergen Klopp untuk Newcastle United

Kritik Juergen Klopp untuk Newcastle United

Kritik Juergen Klopp untuk Newcastle United

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya