0
Thumbs Up
Thumbs Down

KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam

mediakepri
mediakepri - Sat, 09 Nov 2019 11:53
Dilihat: 105
KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam

Batam - Jumat, 8 November 2019 malam, bertempat di alun-alun Engku Putri Batam Center, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau secara resmi melaunching pemilihan serentak kepala daerah di Kepri tahun 2020 mendatang.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tanda dimulainya tahapan Pilkada Serentak 2020 di wilayah Kepri. Acara ditandai dengan pemencetan tombol sirene yang dilakukan oleh Ketua KPU RI, Arief Budiman beserta para komisioner KPU RI dan didampingi juga oleh komisioner KPU dari 34 provinsi se-Indonesia.

Ketua KPU RI, Arief Budiman mengatakan Kepri merupakan daerah pertama di Indonesia yang telah menyelesaikan penandatanganan Masa Perjanjian Hibah Daerah (MPHD) dan, keberhasilan itu harus terus disebarluaskan agar daerah lain cepat menyelesaikannya.

"Kepri menginspirasi daerah lain untuk segera menyelesaikan penandatangan MPHD, Dan, launching kali ini juga sekaligus launching untuk pertama kalinya Pilgub dari 9 Provinsi yang akan melaksanakan pilkada," ujar Arif dengan bangganya.

Lalu, hal ini juga sebagai tanda bahwa KPU mulai fokus terhadap proses awal Pilkada. Proses Pilkada ini sendiri akan dimulai KPU Daerah dengan perencanaan anggaran hingga sosialisasi kepada masyarakat.

"Ini menjadi tanda bahwa KPU RI dan KPU di 270 daerah betul-betul harus mulai fokus untuk menyelenggarakan Pilkada," ujarnya.

Dikatakanya, pilkada tahun 2020 tantangan penyelenggaraan pemilihannya sebetulnya makin unik, makin rumit dan makin besar jika dibandingkan tahun sebelumnya. Jika ditahun 2019 tekanan dan konfliknya begitu keras, namun ditahun 2020 punya karakteristik yang unik tersendiri diantaranya, capaian partisipasi pada saat Pileg dan Pilpres 2019 lalu hanya mencapai sekitar 82 persen.

"Jika nanti ditahun 2020 capaian partisipasinya menurun, itu merupakan catatan yang kurang bagus dan sesuatu hal yang buruk untuk demokrasi, " ujarnya.

Untuk itu pihaknya berharap kepada seluruh penyelenggara Pemilu di daerah, agar Pemilu tahun 2020 nanti sebagai momentum untuk menyongsong Pemilu serentak yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 mendatang.

"Kalau penyelenggaraan Pemilu ditahun 2020 nanti baik, maka Pemilu ditahun 2024 akan menjadi momentum yang lebih mudah untuk diselenggarakan. Dan, sebaliknya jika gagal maka taruhannya cukup besar," imbuhnya lelaki yang murah senyum ini.

Dilokasi yang sama Ketua KPU Kepri, Sriwati mengatakan ada dua alasan kuat kenapa launching pemilihan serentak 2020 dilaksanakan di Batam.

Pertama, lebih dari 50 persen pemilih dan TPS se-Kepri berada di Kota Batam. Kedua, kebetulan KPU RI dalam waktu yang bersamaan menjalankan dua even nasional di Batam. Yaitu, rapat evaluasi logistik pemilu 2019 (7-9 November) dan rapat evaluasi partisipasi masyarakat (8-10 November) yang dihadiri seluruh komisioner KPU dari 34 provinsi.

"Momentumnya pas. Kapan lagi peresmian pilkada Kepri dihadiri semua komisioner KPU RI bersama kawan-kawan penyelenggara pemilu dari 34 provinsi. Mudah-mudahan gemanya lebih besar, baik di Kepri sendiri maupun ke seluruh Indonesia," harapnya.

Tampak menghadiri kegiatan tersebut, Plt Gubernur Kepri, Bupati dan Walikota se Kepri serta ketua DPRD se-Kepri, pimpinan parpol, tokoh-tokoh masyarakat dan adat, elemen masyarakat sipil, mahasiswa, Bawaslu, Polda, TNI dan instansi vertikal lainnya. (sal)


The post KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam appeared first on mediakepri.

Sumber: mediakepri

KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam

KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam

KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam

KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam

KPU Kepri Launching Pemilihan Serentak 2020 Di Batam

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya