0
Thumbs Up
Thumbs Down

KPM Jadi Penyelenggara Kompetisi Matematika Internasional

Republika Online
Republika Online - Thu, 27 Feb 2020 16:20
Dilihat: 35
KPM Jadi Penyelenggara Kompetisi Matematika Internasional

JAKARTA -- Klinik Pendidikan MIPA (KPM) menjadi penyelenggara kompetisi matematika internasional bernama International Mathematics Championship (IMC) 2020. Presiden Direktur KPM, Ridwan Hasan Saputra mengatakan peserta yang diperkirakan mengikuti kompetisi ini berjumlah 1.000 orang dari 34 negara.

Kompetisi matematika ini diperuntukkan bagi siswa kelas 4 sampai 6 SD dan kelas 7 sampai 9 SMP. Ridwan mengatakan, para peserta yang ikut biasanya merupakan juara olimpiade matematika di negaranya. Mereka kemudian diikutsertakan mengikuti IMC.

"Dalam lomba ini KPM membiayai akomodasi, transportasi, seragam, dan toolkit
peserta dari luar negeri," kata Ridwan, saat konferensi pers IMC, di Taman Impian Jaya Ancol, Kamis (27/2).

Ia mengatakan, seluruh sumber pembiayaan berasal dari Allah SWT. KPM sendiri merupakan lembaga pendidikan yang pembiayaannya berasal dari sumbangan seikhlasnya para keluarga anak-anak yang belajar matematika dan IPA di tempat yang didirikan oleh Ridwan tersebut.

Kompetisi matematika bertaraf internasional ini akan diselenggarakan di Bogor pada 3 sampai 8 Juli 2020. Nantinya, akan ada beberapa ronde hingga akhirnya menentukan para finalis. Di dalam kompetisi ini, lanjut Ridwan akan ada dua kategori yakni nasional dan internasional.

"Direncanakan dibuka oleh presiden. Karena di berbagai negara pun biasanya yang buka acara ini adalah kepala negaranya," kata Ridwan menjelaskan.

Adapun proses seleksi untuk menjaring peserta IMC adalah melalui 2 tahap seleksi nasional. Ronde pertama dilakukan pada 5 April 2020, dan ronde kedua pada 26 April 2020. Setelah ronde kedua, akan terpilih tim nasional dan tim internasional. KPM kemudian akan menyelenggarakan IMC paralel yang dilaksanakan di tiap sekolah dengan biaya Rp 1 juta untuk 20 peserta.

KPM mengajak kepada sekolah-sekolah di Indonesia untuk mengikutsertakan siswa- siswanya mencoba ajang lomba ini. Biasanya, kata Ridwan, yang bisa mengikuti lomba ini hanya 16 anak juara terbaik ajang OSN nasional (8 siswa SD dan 8 siswa SMP). Tetapi, dengan KPM menjadi tuan rumah, diharapkan bisa puluhan ribu hingga ratusan ribu anak yang ikut berpartisipasi.

Direktur PT Pembangunan Jaya Ancol, Agus Sudarno sebagai salah satu mitra KPM mengungkapkan kekaguman terhadap usaha KPM dalam memajukan matematika dan IPA untuk anak Indonesia. Ia mengatakan, Ancol akan ikut berpartisipasi dengan memberikan hadiah liburan di tempatnya bagi para pemenang kompetisi.

"Ancol kenapa sangat mendukung karena memang yang dilakukan itu satu hal yang luar biasa. Artinya memberikan kesempatan ke semua orang untuk belajar dan kesempatan pada semua orang untuk bisa berkompetisi dalam ajang nasional maupun internasional," kata Agus.

Selain itu, KPM juga memiliki konsep yang mirip dengan Ancol yakni memajukan pendidikan. Agus menjelaskan, konsep yang diusung oleh Ancol secara keseluruhan adalah edutainment, yakni belajar dan hiburan di saat yang bersamaan.


"Di beberapa wahana yang kita miliki ada paket edutainment. Selain mereka bisa menikmati ada juga lembaran khusus mengenai unsur keilmuan. Misal kalau di Dufan kita berbicara banyak masalah fisika, terus di kolam renang banyak bicara masalah tentang air dan lainnya," kata dia lagi.

Berita Terkait
  • 46.450 Pelajar Bersaing Rebut Tiket Babak Final KMNR 15
  • Sukriyah, Penggerak Les Seikhlasnya di Kabupaten Tangerang
  • Bayar Seikhlasnya Makan Sepuasnya di Warung Suprarasional
Berita Lainnya
  • Arsul Sani: Salam Pancasila tak Bisa Gantikan Salam Agama
  • Pasien Diduga Corona di RSHS Pernah Pergi ke Thailand

KPM Jadi Penyelenggara Kompetisi Matematika Internasional

KPM Jadi Penyelenggara Kompetisi Matematika Internasional

KPM Jadi Penyelenggara Kompetisi Matematika Internasional

KPM Jadi Penyelenggara Kompetisi Matematika Internasional

KPM Jadi Penyelenggara Kompetisi Matematika Internasional

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya