0
Thumbs Up
Thumbs Down

"Kopi Papua Mendunia"

Citra Indonesia
Citra Indonesia - Fri, 06 Aug 2021 17:33
Dilihat: 64
"Kopi Papua Mendunia"

JAYAWIJAYA, -Selain tugas pokoknya melaksanakan pengamanan wilayah yang dianggap rawan, TNI yang tergabung dalam Satuan Tugas Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Pamrahwan) Yonif Raider Khusus 751/Vira Jaya Sakti (Yonif RK 751/VJS) juga memiliki tanggung jawab melakukan pembinaan teritorial kepada masyarakat.

Salah satu kegiatannya adalah melaksanakan anjangsana, seperti halnya yang dilakukan oleh anggota Satgas Yonif RK 751/VJS Pos Kotis, yang berada di Distrik Walesi, Kabupaten Jayawijaya, Papua, Kamis (05/08/2021).

Pada anjangsana tersebut, 8 personel Satgas yang dipimpin oleh Letda Inf Ali Sirait mengunjungi kediaman Maksimus Lani selaku Kepala Kampung Jagara yang berada di Distrik Walesi. Selain sebagai Kepala Kampung yakni Maksimus Lani juga menjabat sebagai Ketua Pengelola Kopi Distrik Walesi.

  • AGK : Kopi "Coffee Day 2020" Surplus USD211,05 Juta
  • Kopi Puntang Menyibak Kenangan Dua Jenderal
  • Yok #SatuDalamKopi

Kehadiran personel Satgas Yonif RK 751/VJS Pos Kotis di kediaman bapak Maksimus Lani, disambut dengan ramah dan penuh nuansa kekeluargaan.

Menurut Pasiter Satgas Letda Inf Ali Sirait, dalam kunjungan kali ini banyak pelajaran dan hal menarik yang di dapat dari cerita dan usaha yang telah dirintis oleh Maksimus Lani.

"Mulai dari bertani Kopi hingga menjadi pengusaha/pengepul kopi yang ada di wilayah Pegunungan Tengah Papua," ungkapnya. "Kami juga diberikan kesempatan untuk melihat kebun dan gudang kopi di kediaman beliau," tambah Sirait mengisahkan.

Artinya, orang Papua juga piawai bertani Kopi, semoga proksinya bisa semakin mendunia mensejahterakan para petaninya. Tapi perlu binaan dari Pemerintah setempat. Jadi bukan cuma para pemilik atau petani Kopi Lampung atau orang pemilik Kopi Gayo di Aceh yang sukses menjajakan kopi mereka yang sudah mendunia.

Bapak Maksimus Lani dalam kisahnya menambahkan bahwa berkat menjadi petani kopi, kakek dari 5 cicit ini bisa merasakan perjalanan ke sejumlah wilayah di Indonesia dan beberapa negara, diantaranya Amerika dan Korea Selatan.

Di sela-sela perbincangannya, bapak Maksimus Lani juga menyuguhkan seduhan kopi untuk seluruh personel Satgas yang datang. "Kopi ini special, kopi pilihan dari Walesi yang kami sebut dengan kopi Lanang. Selain untuk suguhan bagi tamu yang datang, untuk dinikmati sembari bersantai, kopi ini juga berkhasiat untuk meningkatkan stamina pria," ujarnya.


Mengakhiri kunjungannya, Pasiter Satgas Yonif RK 751/VJS diberikan dua bungkus kopi khas Walesi sebagai oleh-oleh, kata Pen Satgas Yonif RK 751/VJS. (mulia)

Sumber: Citra Indonesia

"Kopi Papua Mendunia"

"Kopi Papua Mendunia"

"Kopi Papua Mendunia"

"Kopi Papua Mendunia"

"Kopi Papua Mendunia"

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya