0
Thumbs Up
Thumbs Down

Konsumen digital di Indonesia paham isu privasi data

Indotelko
Indotelko - Mon, 01 Jun 2020 04:44
Dilihat: 66
Konsumen digital di Indonesia paham isu privasi data

JAKARTA (IndoTelko) - Survei yang dilakukan Integral Ad Science (IAS) terhadap lebih dari 1.000 konsumen di Singapura dan Indonesia tentang pengumpulan data, privasi data, dan penargetan iklan (targeted advertising) di internet menyatakan sebanyak 56% konsumen di Singapura dan 49% konsumen di Indonesia menyatakan paling bertanggung jawab untuk menjaga informasi pribadinya, dan mulai membatasi pengumpulan data di internet.

Sebagian besar dari mereka membersihkan/menghapus histori perambannya (68% konsumen di Singapura dan 62% konsumen di Indondesia).

Survei ini ingin memahami bagaimana konsumen memandang privasi data dan praktik periklanan digital di tengah perkembangan regulasi tentang privasi data.

Delapan dari 10 konsumen di Singapura dan Indonesia berkata bahwa mereka menyadari datanya dikumpulkan dan dibagikan oleh situs web dan aplikasi untuk keperluan iklan. Lebih lagi, konsumen sangat mencermati isu privasi, sebab 71% konsumen di Singapura dan 93% konsumen di Indonesia mengetahui beberapa regulasi tentang privasi data yang mengatur pengumpulan dan penggunaan informasi pribadinya.

Sebanyak 56% konsumen di Singapura dan 49% konsumen di Indonesia menyatakan paling bertanggung jawab untuk menjaga informasi pribadinya, dan mulai membatasi pengumpulan data di internet. Sebagian besar dari mereka membersihkan/menghapus histori perambannya (68% konsumen di Singapura dan 62% konsumen di Indondesia).

Dalam hal preferensi penargetan iklan (targeting), hampir setengah konsumen memilih relevansi sebagai aspek penting. Sebanyak 49% konsumen di Singapura dan 50% konsumen di Indonesia menerima beberapa bentuk penargetan iklan kontekstual (contextual targeting), yakni iklan digital yang relevan dengan konten situs web yang dikunjungi dan/atau konten yang tengah dikonsumsi mereka.

Di tengah usangnya penggunaan kuki, penargetan iklan berdasarkan pola perilaku pengguna (behavioral targeting) akan jauh lebih sulit dilakukan. Metode tersebut mengacu pada pembelian yang dilakukan seseorang di internet dan/atau informasi yang baru dicari dan histori penelusuran informasinya. Untuk itu, penargetan iklan kontekstual (contextual targeting) kelak menjadi aspek penting (proxy) untuk data audiens.

Mayoritas konsumen di Singapura ingin membagikan data pribadinya dengan sejumlah situs web/aplikasi yang menawarkan layanan belanja di internet (53%) dan media sosial (50%) agar mereka memperoleh pengalaman iklan yang lebih relevan dan personal.

Di Indonesia, 65% konsumen ingin membagikan informasi pribadinya pada media sosial demi penargetan iklan yang relevan, sementara, 57% konsumen lainnya lebih menginginkan surel/layanan pesan yang lebih terarah.

"Metode-metode biasa yang dipakai untuk menjangkau konsumen dapat dibatasi oleh aturan privasi data yang baru dan berubahnya preferensi konsumen. Namun, periklanan strategis tak berakhir di situ "Konteks itu penting. Penargetan iklan berbasiskan konteks ialah solusi inovatif untuk kondisi pasar saat ini, dan hal tersebut lebih disukai konsumen. Pengiklan memiliki peluang nyata untuk membuat dampak positif tanpa mengorbankan metode yang tepat sasaran," kata Managing Director IAS SEA Laura Quigley.(ak)


Read More...

Sumber: Indotelko

Konsumen digital di Indonesia paham isu privasi data

Konsumen digital di Indonesia paham isu privasi data

Konsumen digital di Indonesia paham isu privasi data

Konsumen digital di Indonesia paham isu privasi data

Konsumen digital di Indonesia paham isu privasi data

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya