0
Thumbs Up
Thumbs Down

Konsep Tri Hita Karana Penting untuk Kemajuan Pariwisata Bali

Nusabali
Nusabali - Tue, 27 Sep 2022 22:28
Dilihat: 67
Konsep Tri Hita Karana Penting untuk Kemajuan Pariwisata Bali
Hal ini sebagai implementasi untuk terus melaksanakan komitmen sinergitas antara Komite Etik Pariwisata Dunia (UNWTO) dengan Yayasan Tri Hita Karana yang telah dilakukan sejak tahun 2015, dimana konsep Tri Hita Karana yang merupakan wahana terbaik untuk mengadaptasi secara fleksibel pengaruh globalisasi, sembari tetap bernafaskan jati diri, tradisi dan kebudayaan Bali.

"Kehadiran kami di sini untuk membicarakan pentingnya para pelaku pariwisata tetap melaksanakan kode etik pariwisata dunia secara lurus dan benar, sesuai dengan apa yang telah mereka lakukan di THK Award and Accreditation," ungkap Ketua Yayasan Tri Hita Karana, I Gusti Ngurah Wisnu Wardana, Selasa (27/9/2022).

THK Award and Accreditation adalah sebuah program penghargaan dan telah berjalan sejak 2000 yang merupakan kompetisi bagi pegiat pariwisata, baik itu perhotelan, akomodasi dan destinasi wisata, hingga universitas, sekolah dan pemerintahan di Bali untuk dapat mengamalkan konsep kearifan lokal yaitu Tri Hita Karana.

Indikator poin penilaian ini meliputi tiga unsur utama, yaitu Parahyangan, Pawongan dan Palemahan.

Parahyangan sendiri berprinsip pada konsep menyelaraskan aktivitas kepariwisataan dengan konsep keTuhanan yang diterapkan di Bali.

Pawongan mengacu pada keselarasan para pelaku pariwisata tersebut dengan sesamanya.

Selajutnya palemahan mengharuskan pelaku pariwisata untuk menyelaraskan dengan alam lingkungannya.

"Dengan mengikuti konsep ini kami yakini keseimbangan dan keharmonisan dalam kehidupan di pariwisata dapat terjaga dengan baik," terang Wisnu Wardana.

Lebih lanjut Wisnu Wardana juga menambahkan nilai-nilai konsep Tri Hita Karana ini juga telah diatur dengan jelas oleh pemerintah dan terintegrasi melalui Undang-Undang 10 Tahun 2009 tentang Kepariwisataan.

"Khususnya pasal 5 ayat A itu sudah mencantumkan nilai intrinsik di dalamnya," lanjut pria yang juga berprofesi sebagai wartawan ini.

Ia pun berharap dengan telah diimplementasikanya secara global serta mendapat pengakuan dari pemerintah, konsep Tri Hita Karana dapat eksis sampai kapanpun.

Apalagi dengan semakin pulihnya perekenomian pariwisata di Bali, yang akan memudahkan untuk kembali penyelenggaraan THK Award and Accreditation di tahun-tahun mendatang.

"Terakhir kami melakukan penghargaan dan akreditasi secara menyeluruh di tahun 2019 lalu, sementara akibat pandemi Covid maka tahun 2020 hingga 2022 ini kami hanya melakukan CSR award dan Apreciation Award, semoga di tahun 2023 nanti kami kembali dapat melakukan penilaian secara menyeluruh," harapnya.

Selain itu Wisnu Wardana juga mengatakan pentingnya peran pemerintah daerah dalam hal ini Pemprov Bali, untuk mendukung pelestarian konsep Tri Hita Karana ini di dunia kepariwisataan Pulau Dewata.

"Pandemi telah berakhir, pariwisata mulai bangkit dan semoga pemerintah daerah kembali mendukung program-program kita, untuk menjaga keseimbangan dalam kemajuan pariwisata di Bali," pungkasnya.*aps

Sumber: Nusabali

Konsep Tri Hita Karana Penting untuk Kemajuan Pariwisata Bali

Konsep Tri Hita Karana Penting untuk Kemajuan Pariwisata Bali

Konsep Tri Hita Karana Penting untuk Kemajuan Pariwisata Bali

Konsep Tri Hita Karana Penting untuk Kemajuan Pariwisata Bali

Konsep Tri Hita Karana Penting untuk Kemajuan Pariwisata Bali

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya