0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kompolnas: Tiap Kapolri Miliki Tantangan Zamannya

okezone
okezone - Fri, 27 Nov 2020 03:00
Dilihat: 45
Kompolnas: Tiap Kapolri Miliki Tantangan Zamannya

JAKARTA - Nama-nama kuat calon Kapolri mulai mengemuka di publik, seiring dengan semakin dekatnya masa jabatan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis. Terkait calon Kapolri, Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) memiliki sejumlah kriteria yang perlu dimiliki ataupun memilih seorang calon Kapolri.

Komisioner Kompolnas, Yusuf Warsyim berpandangan, kepolisian harus bisa mencapai sasaran yang strategis dan untuk mencapainya, ada kriteria strategis yang coba diangkat dan digali di tengah-tengah masyarakat melalui pendapat dan opini masyarakat. Serta, bagaimana pendapat para purnawirawan dan para mantan Kapolri.

"Kalau coba kita selaraskan, ada satu konsep misalnya kepolisian yang demokratis. Ini adalah strategis kepolisian yang demokratis itu sesungguhnya hal yang harus diperhatikan," kata Yusuf dalam diskusi yang bertajuk "Siapa Calon Kapolri Pilihan Jokowi?" di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (26/11/2020).

Baca Juga: Presiden Jokowi Diyakini Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri Pengganti Idham Azis

Kemudian, Yusuf menyampaikan beberapa hal yang menjadi kriteria Kapolti ke depan. Yakni pertama, pelayanan publik; kedua, melakukan tugas sesuai dengan kehendak hukum. Jika ada yang melanggar hukum, harus ditindak sesuai dengan hukum yang berlaku; ketiga, transparansi dan akuntabilitas; dan keempat, hak asasi manusia (HAM), perlindungan ekonomi, sosial dan budaya. Dalam konteks ini, bagaimana peran Polri menghidupkan masyarakat, dalam sinergitas Polri dan masyarakat

"Karena Polri ada di dalam masyarakat sebenarnya tidak diperlukan sinergitas antara Polri dan masyarakat, karena sudah ada di dalam masyarakat dalam konteks ini," terangnya.

"Untuk mencapai sasaran yang strategis yang berbasis pelayanan maka Polri harus berada dekat di dalam masyarakat tidak berjarak. Ini yang menjadi kriteria strategis untuk calon Kapolri kita ke depan Bagaimana menjalani dengan konsep kepolisian yang demokratis," tambah Yusuf.

Yusuf melanjutkan, hal yang harus diperhatikan dalam perjalanan karir seorang Kapolri adalah, bagaimana membangun transparansi dan membangun akuntabilitas. Sehingga, calon-calon Kapolri yang diusulkan itu harus terjamin kualitasnya.

Baca Juga: IPW: Ada 'Aroma' Bursa Calon Kapolri Dalam Pencopotan Kapolda Metro dan Jabar

Oleh karena itu, sambung Yusuf, selain pendekatan dari kriteria-kriteria yang telah ia sebutkan tadi, soal jenjang kepangkatan dan karir, tentu pengumpulan bahan informasi melalui pendapat dan pandangan dari masyarakat maupun di lingkungan Polri juga perlu dilihat. Karena, setiap Kapori memiliki tantangan yang berbeda setiap zamannya.


"Yang pasti rekan-rekan sekalian, setiap Kapolri memiliki tantangan dan zamannya sendiri. Oleh karena itu, calon Kapolri yang diusulkan kepada presiden melalui Kompolnas tidak bisa meninggalkan tantangan zamannya, yang kedua tidak mengecewakan nantinya," ujarnya.

Sumber: okezone

Kompolnas: Tiap Kapolri Miliki Tantangan Zamannya

Kompolnas: Tiap Kapolri Miliki Tantangan Zamannya

Kompolnas: Tiap Kapolri Miliki Tantangan Zamannya

Kompolnas: Tiap Kapolri Miliki Tantangan Zamannya

Kompolnas: Tiap Kapolri Miliki Tantangan Zamannya

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya