0
Thumbs Up
Thumbs Down

KLHK RI Resmi Lepas Lahan Pekarangan Warga Eks Timtim

Nusabali
Nusabali - Wed, 05 Oct 2022 07:32
Dilihat: 47
KLHK RI Resmi Lepas Lahan  Pekarangan Warga Eks Timtim
Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLHK) RI secara resmi melepas 7,6 hektare lahan untuk pekarangan dan fasilitas umum (fasum) warga tesetbut. Dari jumlah itu, seluas 5,8 hektare dialokasikan untuk lahan pekarangan. Masing-masing KK akan mendapatkan lahan 4 are, sesuai dengan lahan yang ditempati selama ini. Selebihnya dimanfaatkan sebagai fasilitas umum (fasum), mulai dari balai banjar, parahyangan, jalan, dan sekolah.

Sekda Buleleng Gede Suyasa, Selasa (4/10), mengatakan persetujuan pelepasan pekarangan dan fasum untuk warga eks Timtim sudah turun melalui surat resmi. Saat ini melalui Badan Pertanahan Nasional (BPN) sedang memproses pensertifikatan lahan tersebut. BPN segera akan mengukur titik koordinat untuk penerbitan sertifikat. Sebelumnya masih terkendala masalah biaya pengukuran penentuan titik batas area. ''Namun, setelah BPN berkoordinasi dengan KLHK, kementerian siap membiayai. Sehingga masyarakat tidak lagi ada beban," ucap Suyasa.

Dalam pensertifikatan tanah itu nanti, BPN akan menerbitkan satu sertifikat untuk seluruh KK. Hal itu sesuai dengan permintaan warga setempat, untuk mengantisipasi lahan beralih kepemilikan jika diterbitkan Sertifikat Hak Milik (SHM). "BPN nanti akan membuatkan satu sertifikat untuk luasan lahan 7,6 hektar, tetapi di dalamnya tertera 107 KK, sesuai dengan aspirasi masyarakat. Karena tanah ini bagi mereka adalah perjuangan, sehingga itikad baik warga setempat tidak dijual setelah dapat SHM," imbuh birokrat asal Desa/Kecamatan Tejakula ini.

Sementara itu, lahan garapan 66,3 hektare yang diusulkan warga, sampai saat ini masih berproses di KLHK. Suyasa menyebut Pemkab Buleleng dan warga harus menunggu dengan sabar. Sebab, sejauh ini respon dari pemerintah pusat sudah sangat positif. *k23
Sumber: Nusabali

KLHK RI Resmi Lepas Lahan Pekarangan Warga Eks Timtim

KLHK RI Resmi Lepas Lahan Pekarangan Warga Eks Timtim

KLHK RI Resmi Lepas Lahan Pekarangan Warga Eks Timtim

KLHK RI Resmi Lepas Lahan Pekarangan Warga Eks Timtim

KLHK RI Resmi Lepas Lahan Pekarangan Warga Eks Timtim

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya