0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kiai Ma'ruf Dinilai akan Perkuat Ekonomi Syariah

Republika Online
Republika Online - Sun, 13 Oct 2019 15:10
Dilihat: 24
Kiai Ma'ruf Dinilai akan Perkuat Ekonomi Syariah

JAKARTA -- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Majelis Ulama Indonesia (MUI) V 2019 memberikan apresiasi atas amanah dan kepercayaan yang diberikan kepada Ketua Umum Mejelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Maruf Amin sebagai Wakil Presiden terpilih periode 2019-2020.

Sekretaris Komisi Fatwa MUI, Asrorun Niam mengatakan, Kiai Maruf kedepannya diharapkan dapat melakukan khidmah ummatiyah secara lebih luas untuk kemaslahatan bangsa dan kemajuan negara.

Menurut dia, terpilihnya Kiai Ma'ruf sebagai Wakil Presiden akan berdampak pada penguatan kelembagaan MUI di daerah dalam menjalankan khidmatnya. Selain itu, kata dia, hal itu juga menjadi momentum untuk mengarusutamakan ekonomi syariah dan aspek keagamaan.

"Keberadaan Ketua Umum MUI yang terpilih sebagai Wakil Presiden menjadi momentum untuk mengarusutamakan ekonomi syariah dan aspek keagamaan," ujar Niam kepada Republika.co.id, Ahad (13/10).

Namun, menurut Niam, untuk kepentingan kesinambungan organisasi sekaligus menjaga tradisi alih kepemimpinan secara baik dan bijaksana, serta untuk kemaslahatan bersama, maka Rakernas meminta Kiai Ma'ruf untuk menyelesaikan periode kepengurusannya sebagai Ketum MUI hingga dilaksanakannya Munas MUI pada tahun 2020.

Karena itu, Menurut Niam, Rakernas MUI kelima ini mengamanahkan kepada Dewan Pimpinan agar menjadikan Munas 2020 sebagai momentum reposisi peran, khidmah, kebangkitan, dan transformasi MUI di era Revolusi Industri 4.0, dengan peran konstruktif Wapres yang merupakan Ketua Umum MUI sebagai lokomotif.

"Hal demikian strategis bagi kelanjutan hubungan MUI, baik pusat maupun daerah, dengan pemerintahan, baik pusat maupun daerah, di mana Kiai Maruf Amin akan menjadi Wakil Presiden, untuk memperkuat peran MUI, khususnya sebagai shodiqul hukumah," ucap Niam.

Selain itu, tambah dia, Rakernas kelima MUI juga mengamanahkan untuk mempersiapkan Munas dengan sebaik-baiknya. Menurut dia, hal ini penting dilakukan karena pasca pemilu 2019 mengakibatkan terjadinya polarisasi di kalangan umat, akibat perbedaan ijtihad politik, baik saat pemilu legislatif maupun pemilu presiden.

"Dengan berakhirnya pemilu, Rakernas V MUI mendorong seluruh elemen, khususnya pimpunan MUI di seluruh jenjang untuk kembali memperkokoh Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyyah dan Ukhuwah Insaniyah, serta memperteguh posisi MUI sebagai khadimul ummah dan shodiqul hukumah," jelas Naim.

Sebagai informasi, Rakernas MUI Ke V diselenggarakan di Masjid Nurul Bilad Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 11-13 Oktober 2019. Forum ini adalah forum tertinggi di MUI setelah MUNAS yang merupakan agenda tahunan untuk membahas program kerja yang sudah dilaksanakan MUI.


Berita Terkait
  • Wisata Halal Seperti Apa Definisinya? Ini Jawaban MUI
  • MUI Dorong NTB Jadi Destinasi Favorit Wisata Halal
  • MUI Kudus Sarankan Materi HIV/AIDS Masuk Pesan Khutbah
Berita Lainnya
  • 59 Budayawan dan Seniman dapat Penghargaan dari Kemendikbud
  • Korban Demo Akbar Alam Sempat Mengunggah Status di Instagram

Kiai Ma'ruf Dinilai akan Perkuat Ekonomi Syariah

Kiai Ma'ruf Dinilai akan Perkuat Ekonomi Syariah

Kiai Ma'ruf Dinilai akan Perkuat Ekonomi Syariah

Kiai Ma'ruf Dinilai akan Perkuat Ekonomi Syariah

Kiai Ma'ruf Dinilai akan Perkuat Ekonomi Syariah

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya