0
Thumbs Up
Thumbs Down

Keterbukaan Informasi Perusahaan Tercatat

okezone
okezone - Sat, 14 Sep 2019 09:09
Dilihat: 44
Keterbukaan Informasi Perusahaan Tercatat

JAKARTA - Di pasar modal, keterbukaan atau transparansi menjadi kata yang sering didengar. Terutama berlaku untuk perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) atau yang juga disebut Perusahaan Tercatat. Mengapa demikian? Karena saham Perusahaan Tercatat dimiliki oleh banyak pihak (publik) sehingga setiap informasi material harus disampaikan secara terbuka agar bisa diketahui oleh masyarakat.

Keterbukaan informasi Perusahaan Tercatat harus dilakukan secara teratur, berkala, dan tepat waktu karena sangat memengaruhi pemodal dalam mengambil keputusan investasi dan sebagai bentuk perlindungan bagi pemodal. Salah satu ketentuan yang mengatur keterbukaan informasi Perusahaan Tercatat adalah Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 31/POJK.04/2015 tentang Keterbukaan atas Informasi atau Fakta Material oleh Emiten atau Perusahaan Publik.

Baca Juga: Kemudahan Perusahaan dengan Aset Skala Kecil dan Menengah untuk Melantai di Bursa

Peraturan ini mengatur kejadian/fakta material yang wajib disampaikan Perusahaan Tercatat kepada masyarakat setelah memperoleh tambahan modal melalui penggalangan dana dari masyarakat atau Initial Public Offering dan/atau Tercatat di Bursa Efek. Ketentuan mengenai keterbukaan informasi juga tertuang dalam Peraturan Bursa Efek Indonesia Nomor I-E tentang Kewajiban Penyampaian Informasi.

Beberapa bentuk keterbukaan informasi yang disebutkan dalam peraturan ini antara lain adalah kewajiban penyampaian laporan berkala, penyampaian laporan insidentil, dan penyelenggaraan paparan publik (public expose).

Laporan berkala terdiri dari laporan keuangan, laporan tahunan, dan laporan berkala lainnya. Public expose wajib diselenggarakan minimal satu kali dalam setahun dan dapat diselenggarakan pada hari yang sama dengan penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).

Pada public expose, Perusahaan Tercatat dapat memaparkan kinerja dan prospek perusahaannya dihadapan calon investor, analis, perwakilan anggota bursa, serta media massa. Tujuannya adalah agar pihak-pihak tersebut dapat mengetahui kondisi dan prospek usaha Perusahaan Tercatat.

Baca Juga: Corporate Action, Informasi Material bagi Investor


Selain kewajiban penyelenggaraan public expose tahunan, Perusahaan Tercatat juga dapat diminta BEI untuk menyelenggarakan public expose insidentil apabila Bursa menilai bahwa Perusahaan Tercatat tersebut mengalami peristiwa atau kejadian atau terdapat informasi yang dapat memengaruhi nilai efek atau keputusan pemodal. Penyelenggaraan public expose insidentil bertujuan untuk memberikan informasi yang merata kepada seluruh investor Perusahaan Tercatat.

Sumber: okezone

Keterbukaan Informasi Perusahaan Tercatat

Keterbukaan Informasi Perusahaan Tercatat

Keterbukaan Informasi Perusahaan Tercatat

Keterbukaan Informasi Perusahaan Tercatat

Keterbukaan Informasi Perusahaan Tercatat

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya