0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kenapa Masyarakat Masih Enggan Berinvestasi? Ini Alasannya...

wartaekonomi
wartaekonomi - Wed, 17 Jul 2019 16:30
Dilihat: 36
Jakarta

Di dunia banyak sekali orang yang diperkaya berkat investasi. Namun, di balik itu masih banyak pula orang yang enggan berinvestasi hingga detik ini.

Pada dasarnya, investasi akan memberikan keuntungan yang besar apabila pemainnya paham dengan instrumennya. Jika memberikan banyak keuntungan, lantas apa alasan mereka yang masih enggan berinvestasi ya? Berikut, tiga di antaranya:

Baca Juga: Pasar Investasi Indonesia Tokcer Abis!

1. Investasi itu bikin bangkrut

Tak sedikit orang yang beranggapan, investasi membuat bangkrut dan membuat orang menjadi punya tumpukan utang. Terlebih banyak kasus, di mana orang miskin karena mengalami kegagalan.

Memang tak bisa dipungkiri menanam modal itu ada risikonya. Jadi, istilahnya itu high risk, high return. Artinya, semakin tinggi risikonya, maka akan semakin besar potensi keuntungan yang kamu dapatkan.

Tapi, kamu enggak perlu khawatir. Pasalnya, kini ada banyak sekali produk investasi yang risikonya rendah. Misalnya, reksa dana pasar uang atau pendapatan tetap. Kamu juga bisa memilih investasi emas batang yang pergerakannya lebih stabil.

Baca Juga: Investasi Bodong Makin Marak, Hindari dengan Cara Ini!

Modal yang kamu keluarkan juga jangan terlalu besar, terlebih jika kamu investor pemula. Gelontorkan dana kecil terlebih dahulu sambil mempelajari cara kerja instrumen investasi yang kamu pilih, jika sudah mulai paham baru deh tambahkan dananya secara berkala.

2. Investasi hanya untuk orang berduit

Banyak orang masih saja beranggapan kalau investasi itu modalnya besar jadi memang hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang memiliki banyak uang. Duh, itu salah banget lho!

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau saat ini sudah banyak instrumen penanaman modal yang cukup hanya dengan ratusan ribu rupiah saja.

Bahkan, kamu sudah bisa mulai berinvestasi alias jadi investor dengan keluar duit gak sampai Rp10 ribu. Apa saja?

Apalagi kalau bukan berinvestasi emas batangan. Kamu bisa mengikuti program tabungan emas yang diadakan Pegadaian. Jadi kamu bisa mulai menabung emas dengan minimal 0,01 gram.

Kalau harga emas Rp600 ribu, maka dengan keluar uang Rp6.000 saja kamu sudah bisa berinvestasi. Enggak pakai mahal, kan?

3. Investasi itu membingungkan

Baca Juga: Gubernur BI Tawarkan 4 Sektor Menggiurkan untuk Investor Global di Forum Internasional

Untuk orang awam yang belum paham betul dunia investasi pasti sudah pusing duluan melihat pergerakan harga pasar yang naik turun. Tapi, itu bisa dipelajari kok.

Ada banyak sekali istilah yang memang harus dipahami, menganalisis pergerakannya, dan lain-lain. Itulah yang membuat para pemula akhirnya memutuskan tidak berinvestasi.

Jika kamu merasa bingung, kamu bisa banyak bertanya kepada para ahli, seperti pialang atau manajer investasi. Lagipula, ada kok instrumen investasi lainnya yang bikin kamu enggak perlu repot 'mantengin' pergerakan harga pasar. Misalnya, reksa dana atau emas batangan.

Kamu bisa memilihnya sambil perlahan mempelajarinya. Saat sudah paham, baru deh terjun ke saham yang memang butuh analisis ekstra.

Penulis/Editor: Clara Aprilia Sukandar


Foto: Freepik

Sumber: wartaekonomi

Kenapa Masyarakat Masih Enggan Berinvestasi? Ini Alasannya...

Kenapa Masyarakat Masih Enggan Berinvestasi? Ini Alasannya...

Kenapa Masyarakat Masih Enggan Berinvestasi? Ini Alasannya...

Kenapa Masyarakat Masih Enggan Berinvestasi? Ini Alasannya...

Kenapa Masyarakat Masih Enggan Berinvestasi? Ini Alasannya...

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya