0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kementerian PUPR Operasionalkan Tiga Ruas Tol Baru Untuk Mudik 2020

Rumah
Rumah - Thu, 19 Mar 2020 17:42
Dilihat: 45
Kementerian PUPR Operasionalkan Tiga Ruas Tol Baru Untuk Mudik 2020

- Kementerian PUPR mengoperasikan tiga ruas tol baru pada tahun ini di Manado, Pekanbaru, dan Palembang. Tol di Pekanbaru dibangun seiring kebutuhan lokal dengan adanya empat terowongan untuk jalur gajah melintas.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mengebut pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan tol, khususnya untuk semakin mempermudah aksesibilitas jalur mudik Lebaran tahun ini. Target pembangunan jalan tol 2020-2024 yang telah ditetapkan sepanjang 2.500 km akan semakin menambah jaringan jalan tol yang sudah operasional sepanjang 2.300 km meliputi 54 ruas tol termasuk Jembatan Suramadu.

Tahun 2020 ini Kementerian PUPR menargetkan penyelesaian pembangunan 28 ruas jalan tol sepanjang 482 km. Beberapa diantaranya sudah dilakukan uji laik fungsi hingga operasional dan sudah bisa digunakan untuk jalur mudik 2020 seperti jalan tol Manado-Bitung seksi 1, tol Pekanbaru-Dumai dan tol Kayu Agung-Palembang-Bitung (Seksi Kayu Agung-Jakabaring).

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono berharap, pada bulan April 2020 untuk jalan tol Pekanbaru-Dumai dan Manado-Bitung hingga ke Danowudu sudah selesai pembangunan konstruksinya sehingga bisa dioperasikan untuk lalu lintas mudik Lebaran 2020. Kita bisa berharap arus mudik tahun ini bisa lebih lancar dengan operasionalnya tiga ruas tol ini.

"Pembangunan jalan tol Manado-Bitung akan mengurangi biaya logistik dari dan menuju Pelabuhan Internasional Bitung. Tol ini juga akan mendukung pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Bitung dan pendukung kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) Manado-Bitung-Likupang termasuk yang ke Pulau Lembeh. Tol ini akan memangkas jarak tempuh yang tadinya 90 menit menjadi 30 menit," katanya.

Beli rumah memang dibutuhkan waktu yang tepat, Kapan saja bisa, tapi sebenarnya waktu yang paling tepat utuk beli rumah itu kapan sih? Jawabannya ada di video berikut ini.

Ruas jalan tol Manado-Bitung sendiri memiliki total panjang 39 km dengan progres terakhir seksi 1 Manado-Airmadidi (14 km) telah 100 persen terbangun. Seksi 2A Airmadidi-Kauditan (6,5 km) progrse fisiknya mencapai 98,16 persen dan ditargetkan selesai pada bulan depan. Seksi 2B Kauditan-Bitung (18,5 km) progresnya telah mencapai 45,59 persen dengan target penyelesaian akhir tahun ini.

Kemudian jalan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 km progres pembangunan seksi 1 Pekanbaru-Minas (9,5 km) telah mencapai 100 persen. Seksi 2-6 sepanjang 120,9 km telah mencapai progres fisik 89,19 persen dan ditargetkan bisa diselesaikan pada akhir bulan April ini. Tol ini akan meningkatkan konektivitas Kota Pekanbaru sebagai ibukota Provinsi Riau dengan Kota Dumai sebagai kota pelabuhan dan industri.

Sementara jalan tol Kayu Agung-Palembang-Bitung seksi Kayu Agung-Jakabaring (33,5 km) progres fisiknya telah mencapai 100 persen. Ruas tol ini siap digunakan untuk umum sebelum musim mudik Lebaran 2020. Sementara seksi Jakabaring-Jalintim Sumatera (9 km) progres fisiknya mencapai 52,45 persen dan ditargetkan bisa beroperasi pada akhir tahun 2020.

"Jalan tol ini akan memperpendek jarak tempuh antara Pekanbaru-Dumai menjadi 131 km dibandingkan jalan nasional sepanjang 200 km. Ini akan memudahkan mobilitas logistik seperti sawit dan pengguna bisa menghitung perjalanan bahan dari tempat asal ke pabrik dengan lebih pasti," jelas Basuki.

Selain itu pada seksi 4 jalan tol Pekanbaru-Dumai dibangun empat terowongan untuk perlintasan gajah. Seksi ini melintasi Kawasan Suaka Margasatwa Balai Raja dan Siak Kecil di mana keduanya merupakan koridor perlintasan gajah Sumatera dengan populasi sekitar 50 ekor gajah. Terowongan ini juga merupakan harmonisasi infrastruktur dengan alam.

Temukan lebih banyak pilihan rumah terlengkap dalamDaftar Propertidari Rumah.com

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah

Sumber: Rumah

Kementerian PUPR Operasionalkan Tiga Ruas Tol Baru Untuk Mudik 2020

Kementerian PUPR Operasionalkan Tiga Ruas Tol Baru Untuk Mudik 2020

Kementerian PUPR Operasionalkan Tiga Ruas Tol Baru Untuk Mudik 2020

Kementerian PUPR Operasionalkan Tiga Ruas Tol Baru Untuk Mudik 2020

Kementerian PUPR Operasionalkan Tiga Ruas Tol Baru Untuk Mudik 2020

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya