0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kemendagri Gelar Lomba Penyiapan Inovasi Tatanan New Normal, Pemda Silakan Ikut

okezone
okezone - Sat, 30 May 2020 09:32
Dilihat: 41
Kemendagri Gelar Lomba Penyiapan Inovasi Tatanan New Normal, Pemda Silakan Ikut

JAKARTA - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) akan menggelar lomba inovasi dengan tema 'Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19'. Lomba inovasi ini rencananya akan diikuti oleh seluruh pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten atau kota.

Pada Jumat, 29 Mei 2020 bertempat di di Ruang Rapat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gedung A lantai 2 Kantor Kemendagri, digelar video conference yang dihadiri langsung Mendagri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pariwisata, Wishnutama.

Dalam sambutannya, Tito mengatakan, saat ini, bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada krisis baru yaitu pandemi Covid-19. Hingga kini, baik WHO dan para peneliti serta ilmuwan di seluruh dunia, belum bisa memprediksi kapan pandemi Covid-19 akan selesai. Pada akhirnya, semua mesti beradaptasi dengan kondisi yang ada.

"Pemerintah sudah membuat skenario-skenario untuk mengatasi ini. Bapak Menko Ekonomi sudah menyusun tahapan-tahapan bekerjasama dengan Gugus Tugas, Kemenkes, dan semua sektor, semua kementerian. Semua bidang bergerak untuk menyusun protokol-protokol agar kita aman dari Covid-19 tapi aktivitas tetap produktif. Sambil menunggu itu memang perlu tahapan-tahapan," kata Tito dikutip dari rilis Puspen Kemendagri, Sabtu (30/5/2020).

Tahapan yang paling penting, menurut dia, adalah tahapan prakondisi atau conditioning. Conditioning ini sangat penting agar semuanya dapat mengantisipasi dan siap menyongsong kehidupan baru. Maka diantaranya perlu ada kegiatan pembuatan protokol di berbagai sektor kehidupan dan pembuatan simulasi-simulasi.

"Memang ada skenario untuk tatanan ini diterapkan dengan sistem zonasi termasuk zona yang hijau diantaranya ukuran dari R0, R1,misalnya. Kemudian kesiapan dari daerah, kesiapan kapasitas sistem kesehatan dan lain-lain. Jadi ada zonasi dan ada sektor yang nanti secara bertahap, tapi terlepas dari sektor dan zonasi itu kedepan saya kira semua daerah siap dengan tatanan yang aktif, produktif tapi aman Covid-19 ini,"katanya.

Maka, berangkat dari kondisi itu, lanjut Tito, digagas lomba inovasi yang fokusnya adalah menyongsong tatanan normal baru tersebut. Diharapkan lewat lomba itu, daerah bisa membuat protokol sekaligus simulasi yang dapat dilihat dengan cara membuat video. Ada 7 sektor yang akan dibuatkan videonya dalam lomba inovasi itu. Dan tiap daerah diharapkan membuat video di tujuh bidang atau sektor tersebut.

"Kita mengambil 7 bidang yang hampir ada di semua daerah, seperti pasar tradisional, pasar modern baik mall yang besar atau yang tidak punya mall, ada minimarket, restoran, hotel, kemudian PTSP yang ada pada semua daerah untuk memberikan pelayanan publik terpadu satu pintu, kemudian tempat wisata dan juga transportasi umum, entah itu bis atau angkot atau mungkin di daerah kepulauan ada yang menggunakan fery. Nah ini ada 7 sektor yang kita harapkan daerah-daerah membuat simulasi dan protokolnya," kata Tito.

Kemudian, lanjutnya, ada 4 klaster wilayah yang diharapkan dapat berkompetisi. Jadi lewat lomba inovasi new normal life, Kemendagri ingin menciptakan iklim kompetitif untuk berkreasi dari pemerintah daerah, baik itu provinsi, kabupaten dan kota. Terutama inovasi di 7 sektor yang dilombakan. Kabupaten atau kota di perbatasan juga, diharapkan ikut berpartisipasi. Dan, ada kriteria khusus untuk inovasi di wilayah perbatasan.

"Tim jurinya dari Kemendagri, Kementerian Keuangan, Gugus Tugas Covid-19, Kementerian Pariwisata dan Kementerian Kesehatan," katanya.

Bagi yang menang, kata Mendagri akan diberikan reward atau penghargaan. Reward, selain piagam, piala juga ada insentif. Dirinya sebagai Mendagri, telah berkoordinasi dengan Menteri Keuangan, untuk pemberian dana insentif.

" Sebetulnya ada beberapa bantuan keuangan daerah kedepan yang pertama tadi 5 triliun dalam rangka untuk membantu otonomi daerah, yang kedua itu ada cadangan alokasi khusus fisik non fisik yang diatur oleh Ibu Menkeu bersama-sama nantinya dapat arahan dari bapak Presiden. Kemudian yang 5 triliun ini diantranya Ibu Menkeu ini berbaik hati, yang 164 milyar dialokasikan untuk lomba inovasi tatanan baru daerah aman Covid-19 bagi daerah," ujarnya.

Sumber: okezone

Kemendagri Gelar Lomba Penyiapan Inovasi Tatanan New Normal, Pemda Silakan Ikut

Kemendagri Gelar Lomba Penyiapan Inovasi Tatanan New Normal, Pemda Silakan Ikut

Kemendagri Gelar Lomba Penyiapan Inovasi Tatanan New Normal, Pemda Silakan Ikut

Kemendagri Gelar Lomba Penyiapan Inovasi Tatanan New Normal, Pemda Silakan Ikut

Kemendagri Gelar Lomba Penyiapan Inovasi Tatanan New Normal, Pemda Silakan Ikut

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya