0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

Republika Online
Republika Online - Thu, 22 Oct 2020 18:03
Dilihat: 41
Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

JAKARTA - Komisi Kejaksaan (Komjak) meminta penyidikan kebakaran gedung Kejaksaan Agung (Kejakgung) tak cuma menjadikan Pasal 188 KUHP sebagai acuan dalam rencana pendakwaan. Anggota Komjak, Ibnu Madjah mengatakan, perlu bagi tim penyidikan di kepolisian, pun jaksa penuntutan menebalkan dugaan kesengajaan, dalam Pasal 187 KUHP.

"Sehingga, surat dakwaannya disusun dengan menggunakan dakwaan alternatif," terang Ibnu lewat pesan singkatnya, Kamis (22/10).

Ibnu menerangkan, sebetulnya penggunaan sangkaan tak disengaja yang diyakini Bareskrim Polri dalam insiden kebakaran Kejakgung, mengacu pada barang bukti. Komjak, kata Ibnu, tak dapat menilai proses, pun hasil dari penyidikan tersebut.

Akan tetapi, dikatakan Ibnu, Komjak menyarankan agar tim penuntutan dari JAM Pidum, juga mempertimbangkan untuk menerapkan sangkaan sengaja sebagai ancaman alternatif dalam dakwaan. "Jadi nanti, apakah itu nantinya ada unsur kesengajaan, atau apakah kealpaan (tak sengaja), akan dapat diungkap saat persidangan, atau di pengadilan," terang Ibnu.

Tim penyelidikan, dan penyidikan gabungan Dirtipidum Bareskrim, bersama Jaksa Agung Muda Pidana Umum (JAM Pidum), pada Rabu (21/10) kembali menggelar perkara hasil pengungkapan kebakaran gedung utama Kejakgung, Agustus 2020. Dari ekspose kedua peristiwa tersebut, tim gabungan mengungkapkan hasil penyidikan yang tak menemukan adanya unsur kesengajaan dalam peristiwa kebakaran itu.

"Tidak ada kesengajaan. Jadi itu, nantinya kenanya kealpaan," kata JAM Pidum Fadil Zumhana di Gedung JAM Pidum, Kejakgung, Rabu (21/10).

Ia menambahkan, rencana pendakwaan, akan menebalkan sangkaan Pasal 188 KUHP sebagai ancaman utama. "Jadi yang dibicarakan (dalam gelar perkara) berdasarkan alat bukti. Dan alat bukti mengatakan, (kebakaran) karena kealpaan. Kealpaannya bagaimana, kita akan lihat di persidangan," kata Fadil menambahkan.

Meskipun sudah meyakini dasar pendakwaan menerapkan sangkaan tak disengaja, sampai hari ini, penyidikan di Bareskrim, belum menetapkan tersangka. Sejak penyidikan dilakukan, sudah ratusan orang diperiksa. Polisi juga menyita berbagai barang bukti dari lokasi kebakaran. Tetapi, penetapan tersangka yang rencananya diumumkan awal Oktober 2020, sudah dua kali dilakukan penundaan.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo, usai gelar perkara dengan JAM Pidum, Rabu (21/10), mengaku, sebetulnya kepolisian sudah mengantongi sejumlah nama potensial tersangka. Akan tetapi, kata dia, pengumuman resmi tersangka, baru akan dilakukan pada Jumat (23/10).

"Yang dapat saya sampaikan hari ini, hanya, bahwa Jumat (23/10), nanti akan digelar penetapan tersangkanya. Itu saja," terang Ferdy di Kejakgung, pada Rabu (21/10).


Robot pemadam kebakaran - (republika)
Berita Terkait
  • Polri Tegaskan tidak Menyasar KAMI Secara Organisasi
  • JAM Pidum Sebut Bareskrim tak Temukan Unsur Sengaja
  • Penyidikan Baru Kasus Pelindo II Belum Tetapkan Tersangka
Berita Lainnya
  • 906 Drum Limbah Zat Radioaktif Dibuang dari Perumahan Batan
  • Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

Kebakaran Kejakgung, Komjak Saran Pasal 187 KUHP Jadi Acuan

  
PARTNER KAMI
pijar
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya