0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh

Republika Online
Republika Online - Thu, 05 Aug 2021 18:04
Dilihat: 44
Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh

SUMEDANG--Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau vaksinasi massal Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) di PT Kahatex, Sumedang, Jawa Barat, Kamis (5/8).

Kapolri mengingatkan pentingnya vaksinasi untuk buruh. Sigit mengatakan, buruh harus tetap sehat agar tidak terpapar virus Corona. Dengan begitu, aktivitas dan roda perekonomian tetap berjalan dengan baik. "Yang jelas, saya ingin bahwa kesehatan buruh tetap terjaga, ekonomi tetap bertumbuh. Oleh karena itu, dua-duanya harus bisa jalan," ujar Sigit dalam sambutannya.

Apalagi, lanjut Sigit, buruh dapat dikategorikan sebagai salah satu kelompok yang disebut pahlawan devisa bagi Indonesia. Khususnya, mereka yang bekerja terkait dengan bidang ekspor-impor.

Oleh sebab itu, menurut Sigit, pemerintah dan stakeholder terkait bersama buruh harus bersinergi untuk melakukan percepatan vaksinasi demi mewujudkan herd immunity atau kekebalan kelompok terhadap virus Corona.

"Percepatan vaksinasi khususnya bagi kawan-kawan kami buruh yang tergabung dalam KSPSI. Kami tahu buruh salah satu pahlawan devisa, karena dengan kekuatan ekspor selama ini yang dilakukan rekan-rekan. Karena itu, kami memiliki kewajiban untuk menjaga agar kawan-kawan buruh semuanya selalu sehat," tegas mantan Kabareskrim Polri ini.

Untuk melakukan akselerasi vaksinasi, pemerintah bakal menurunkan 15 ribu vaksin bagi buruh di Jawa Barat. "Kalau masih kurang, bisa dikoordinasikan kembali," imbuh Sigit.

Diingatkannya, saat ini angka harian kasud Covid-19 masih terbilang tinggi, meski ada penurunan kasus secara nasional. Karena itu, buruh diharapkan tetap menerapkan dan mematuhi protokol kesehatan secara ketat dalam kehidupan sehari-hari, meski sudah divaksin.

"Walaupun melaksanakan vaksinasi, tetap jaga prokes dan gunakan masker setelah kegiatan vaksinasi. Sehingga bisa prokes dilaksanakan dan vaksinasi tentu kita galakkan," imbau mantan Kapolda Banten itu.

Di lokasi yang sama, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto juga menyampaikan hal senada. Untuk mengendalikan pandemi Covid-19, vaksinasi menjadi salah satu strategi selain disiplin menerapkan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak) dan penguatan 3T (testing, tracing, treatment). "Tiga hal ini penting karena varian yang ada di Indonesia adalah Delta, yang penularannya lebih cepat," tegas Hadi.

Selain vaksinasi, Panglima TNI dan Kapolri menyalurkan bantuan sosial (bansos) kepada buruh dan masyarakat untuk meringankan beban di tengah pandemi Covid-19.


Berita Terkait
  • Kapolri: HUT RI Ke-76 Jadi Momentum Percepat Vaksinasi
  • Tinjau Vaksinasi Massal, Ini Pesan Kapolri untuk Para Buruh
  • Chatib Basri Usul Beri Bansos Bagi Warga yang Divaksinasi
Berita Lainnya
  • Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh
  • Wahyana, Wasit Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo dari Indonesia

Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh

Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh

Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh

Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh

Kapolri: Kesehatan Buruh Terjaga, Ekonomi Bertumbuh

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya