0
Thumbs Up
Thumbs Down

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

covesia
covesia - Sun, 26 Jun 2022 07:31
Dilihat: 69
Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

Covesia.com - Perang yang terjadi antara Rusia dan Ukraina masih berkecamuk hingga saat ini. Di tengah konflik yang terjadi, Presiden Indonesia Joko Widodo atau Jokowi bertekad untuk mengunjunjungi kedua negara tersebut dalam misi perdamaian. Lantas kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina?

Agenda kunjungan keluar negeri tersebut diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dalam sebuah press briefing online pada Rabu 22 Juni 2022 lalu. Presiden Jokowi direncanakan akan mengujungi Jerman untuk hadir di acara KTT G7. Setelahnya, ia akan mengunjungi Ukraina dan Rusia untuk bertemu presiden dari kedua negara tersebut, Volodymyr Zelensky dan Vladimir Putin.

"Dari Jerman, Presiden Jokowi direncanakan akan mengunjungi Kiev, Ukraina dan Moskow, Rusia," ujar Menlu yang dilansir dari Suara.com, Minggu.

Retno mengatakan Jokowi akan berkunjung ke Kyiv dan Moskwa setelah mewakili Indonesia sebagai negara tamu dalam acara KTT G7 di Jerman pada 26-27 Juni 2022. Lalu kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina?

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina?

Menlu tidak memberikan tanggal kapan tepatnya mengenai kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina. Namun ada media Rusia yaitu TASS, yang menuliskan pemberitaan terkait dengan rencana pertemuan Presiden Indonesia Joko Widodo dan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kota Moskow yang akan berlangsung pada 30 Juni 2022 mendatang.

"Putin akan bertemu dengan presiden Indonesia Jokowi di Moskow 30 Juni," ungkap sumber Kremlin seperti dikutip dari TASS yang tertanggal pada 14 Juni 2022.

Sumber itu juga menekankan bahwa kehadiran Jokowi akan menjadi kunjungan yang sangat penting. Mereka juga akan mempersiapkan pertemuannya dengan Joko Widodo pada kunjungan tersebut.

Indonesia menjadi mitra penting, dan dengan Rusia telah mempertahankan hubungan politik dan juga ekonomi yang intensif, menurut sumber Kremlin. Tahun ini Indonesia memegang jabatan sebagai presidensi G20 bergilir sekaligus menjadi tuan rumah KTT G20, tambah sumber itu.

Putin juga telah diundang untuk turut berpartisipasi. KTT sendiri akan berlangsung pada 15-16 November mendatang.

Namun sejauh ini belum diketahui secara pasti jadwal pasti lawatan Jokowi ke Ukraina. Tak terdengar kabar maupun pemberitaan baik dari media lokal maupun informasi resmi dari pemerintahan.

Sebelumnya, Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md tidak menyangkal tentang rencana agenda pertemuan Jokowi dengan Vladimir Putin. Menurut dia, kunjungan Jokowi ke Ibu Kota Rusia tersebut merupakan agenda kepresidenan.

Kemudian, Menlu Retno Marsudi mengungkap bahwa pada kunjungan ke dua negara yang sedang konflik Ukraina dan Rusia, Presiden Jokowi dijadwalkan akan bertemu dengan kedua pemimpin negara tersebut.

Menlu Retno juga mengungkap sejumlah misi yang akan dilakukan orang nomor satu di Indonesia itu dalam kunjungannya ke kedua negara di tengah konflik.

"Kunjungan ini menunjukanrasa kepedulian terhadap isu kemanusiaan, mencoba memberikan kontribusi untuk menangai krisis pangan yang diakibatkan karena perang dan dampak yang dirasakan oleh semua negara terutama negara berkembang dan juga negara dengan penghasilan rendah," kata Menlu Retno.

Selain itu, hingga saat ini Presiden Joko Widodo juga terus mendorong spirit perdamaian untuk Rusia dan Ukraina. Dalam kunjungan tersebut, Jokowi disebut sebagai pemimpin Asia pertama yang akan melakukan lawatan ke kedua negara yang tengah bersitegang.

Demikian tadi informasi mengenai kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Semoga bermanfaat!


(Suara.com)

Sumber: covesia

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

Kapan Jokowi ke Rusia dan Ukraina? Kedatangan RI 1 Disebut Jadi Juru Damai

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya