0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

Republika Online
Republika Online - Sat, 16 Oct 2021 17:20
Dilihat: 54
Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin perusahaan BUMN dapat bersaing di kancah internasional. Presiden mendorong agar BUMN mampu merespons dan beradaptasi di era revolusi industri 4.0, disrupsi teknologi, dan juga pandemi Covid-19.

"Yang ini mau kita bawa BUMN ini go global, bersaing di internasional. Jadi, ya mulai harus menata, adaptasi pada model bisnisnya, teknologinya, paling penting ini. Dunia sudah kayak gini, revolusi industri 4.0, disrupsi teknologi, ada pandemi," ucap Jokowi, saat memberikan pengarahan kepada para Direktur Utama BUMN di Kabupaten Manggarai Barat, NTT dalam video yang diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Sabtu (16/10).

Jokowi pun meminta seluruh perusahaan BUMN untuk dapat beradaptasi pada model bisnis baru seiring dengan perkembangan teknologi, salah satunya dengan bekerja sama dan berkolaborasi dengan perusahaan global lainnya. "Kalau mau cepat, kita beradaptasi itu, cara yang paling cepat adalah berpartner, perusahaan global mana yang paling baik, ajak, pasti mau itu dengan kita," kata dia.

Selain itu, Presiden juga mengingatkan perusahaan BUMN agar memperhatikan aspek perekonomian dan indikator tingkat efisiensi dari investasinya atau internal rate of return (IRR). Kalkulasi ini penting dilakukan untuk mengetahui pertumbuhan ke depan.

"Tolong dihitung, karena apa pun BUMN ini adalah perusahaan negara, social impact-nya dihitung juga. Dan yang paling penting, review terus keekonomiannya. Berhitung, kalkulasi, sehingga kita bisa tahu pertumbuhan ke depan itu akan seperti apa," ujar dia.

Jokowi mengatakan, agar dapat bertahan di era revolusi industri 4.0 ini, perusahaan perlu menyiapkan SDM dan ekosistemnya sehingga dapat beradaptasi pada perkembangan teknologi tersebut. "Yang namanya transformasi bisnis, yang namanya adaptasi teknologi sudah menjadi keharusan dan tidak bisa tidak. Kita hanya hitungan kita, kita ini balapan," kata Jokowi.


Berita Terkait
  • Pengamat Ungkap Alasan Kemesraan Jokowi-Prabowo
  • Presiden Jokowi Ingin BUMN Go Global
  • Jokowi Sebut Labuan Bajo Siap Sambut Wisatawan
Berita Lainnya
  • In Picture: Olah TKP Tragedi Susur Sungai Ciamis
  • Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

Jokowi Ingin Bawa BUMN Go Global

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya