0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jokowi Banggakan Ekonomi RI

Nusabali
Nusabali - Tue, 22 Nov 2022 11:13
Dilihat: 49
Jokowi Banggakan Ekonomi RIJAKARTA,
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kepercayaan internasional terhadap Indonesia terbangun karena ekonomi dalam negeri yang relatif bagus, bahkan salah satu yang terbaik di antara anggota-anggota Group of Twenty (G20).

"Kenapa negara lain, internasional, percaya kepada kita? Karena memang kita bisa dipercaya dan konkret, riil, menyajikan angka-angka. Ekonomi kita bagus, di antara negara-negara G20 kita termasuk yang terbaik," kata Presiden Jokowi dalam Musyawarah Nasional ke-17 Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi), Surakarta, Jawa Tengah, Senin (21/11).

Saat menjadi tuan rumah pertemuan puncak forum global penyumbang 85 persen Produk Domestik Bruto (DPB) dunia yaitu KTT G20 pada 15-16 November 2022, kata Presiden Jokowi, Indonesia telah mencatat pertumbuhan ekonomi hingga 5,72 persen (year on year/yoy) berdasarkan data kuartal III 2022. "Coba dibandingkan dengan (pertumbuhan ekonomi) negara-negara G20 lainnya," ujar Presiden.

Selain itu, kata Presiden, inflasi Indonesia juga masih terkendali di kisaran 5,7 persen (year on year/yoy) pada Oktober 2022. Sejumlah perkembangan indikator makro ekonomi itu, kata Jokowi, yang membuat kredibilitas Indonesia meningkat. Karena itu, banyak negara yang memberikan kepercayaan terhadap Indonesia. "Inilah posisi kita sekarang ini, jadi kita harus meningkatkan, mempertahankan hal-hal, angka-angka yang baik seperti yang tadi saya sampaikan, inflasi maupun growth (pertumbuhan ekonomi)," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan saat ini Indonesia berada di puncak kepimpinan global. Hal itu karena Indonesia baru saja sukses menyelenggarakan rangkaian kegiatan di Presidensi G20 selama satu tahun penuh, dan akan menjadi Ketua ASEAN pada 2023. "Apa yang ingin saya katakan bahwa itu adalah kepercayaan yang tidak mudah kita peroleh. Kepercayaan," kata Presiden Jokowi.

Pada acara pembukaan Munas XVII Hipmi 2022 di Solo, juga dihadiri sejumlah pejabat negara, antara lain Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua DPD RI Lanyalla Mattalitti, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. *ant
Sumber: Nusabali

Jokowi Banggakan Ekonomi RI

Jokowi Banggakan Ekonomi RI

Jokowi Banggakan Ekonomi RI

Jokowi Banggakan Ekonomi RI

Jokowi Banggakan Ekonomi RI

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya