0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol

RajaMobil
RajaMobil - Mon, 19 Jul 2021 19:35
Dilihat: 163
Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol

Perbedaan Brio RS 2021 & Brio Satya 2021 memang tidak terlihat secara jelas jika hanya memandang body mobilnya saja. Saat ini Honda Brio tengah menjadi segmen city car yang paling banyak diminati oleh konsumen otomotif. Terbukti dengan penjualan yang selalu naik secara signifikan di setiap bulannya. Baik Honda Brio Tipe Satya maupun Tipe RS.

Sejak peluncuran Honda Brio pada tahun 2011, kini kendaraan tersebut diklaim telah menginjak generasi kedua. Jika dilihat secara sepintas, kedua kendaraan ini memang tidak memiliki perbedaan yang berarti. Selain eksterior yang mengalami perubahan total, tidak ada yang baru pada mesin untuk Honda Brio generasi pertama.

Ketahui Perbedaan Brio RS & Satya

Honda Brio menjadi model hatchback dengan ukuran mungil namun desain yang luar biasa. Beberapa kelebihan mobil ini bisa kalian lihat dari tenaga mesin yang tinggi daripada rival-rivalnya. Mobil ini pertama kali diluncurkan di Thailand pada Maret 2011. Namun baru di tahun 2012 PT Honda Prospect Motor (HPM) memboyong mobil mungil ini ke Indonesia.

Bahkan awalnya perakitan Honda Brio dilakukan di Thailand, namun sejal 2013 mobil ini mulai dirakit di Indonesia. Sejak saat itulah HPM menawarkan Honda Brio dalam beberapa varian, seperti Brio RS dan Brio Satya. Lalu apa saja perbedaan yang menonjol di antara Honda Brio RS & Satya? berikut ini penjelasan lengkapnya.

Eksterior

Perbedaan Brio RS & Satya pun terlihat pada eksterior sisi depan. Honda Brio Satya menggunakan grill dengan aksen chrome, sementara pada Brio RS memakai warna black gloss. Untuk tipe RS, terdapat logo RS pada bagian bawah grill depan, hal serupa tidak terdapat pada Brio Satya.

Tak hanya itu saja, masih ada perbedaan lain yang cukup menonjol, yaitu pada bagian spion luar. Spion pada Brio RS sudah lengkap dengan sistem pelipat elektrik, semetara untuk Brio Satya belum ada. Jika kalian perhatikan lebih lanjut, Brio RS sudah menggunakan side skirt pada bagian samping bodi mobil. Sementara itu, jika kalian menengok eksterior Brio Satya maka tidak akan menemukan side skirt ini.

Lebih lanjut jika menengok pada velg dan ban yang dipakai pada kedua kendaraan ini. Maka untuk Brio Satya menggunakan velg berwarna silver berdiameter 14 inci dengan ban 175/65/R14. Sementara untuk Brio RS menggunakan velg berukuran 15 inci dengan two tone colour, polish dan hitam. Velg ini dipadukan dengan ban 185/55/R15.

Dimensi

Meskipun sekilas terlihat sama, nyatanya perbedaan Brio RS & Satya terlihat pada ukuran mobil. Pada Brio Satya, kendaraan memiliki panjang 3.800 mm, tinggi 1.485 mm, lebar 1.680 mm serta jarak sumbu roda 2.405 mm. Ternyata Brio RS ukuran mobilnya lebih panjang 15 mm dari Brio Satya. Sementara untuk ukurang tinggi, lebar dan jarak sumbu rodanya tidak ada perbedaan. Untuk kapasitas tangki BBM pun juga setara, yaitu 35 liter.

Interior

Perbedaan Brio Satya & RS juga akan terlihat jika kalian menengok lebih dalam ke bagian interior. Misalnya pada pelapis jok penumpang dan pengemudi, Brio Satya menggunakan kombinasi warna Ivory dan Black. Sementara Brio RS memakai warna hitam dengan aksen jahitan warna orange. Semua Jok pada Brio RS pun sudah menggunakan adjustable headrest. Berbeda dengan Brio Satya yang hanya menyediakan fitur ini untuk jok penumpang belakang.

Beralih dari jok, perbedaan Brio RS & Satya yang cukup menonjol yaitu pada sistem perangkat hiburan. Jika Brio Satya hanya menggunakan headunit 2DIN monokrom, Brio RS ternyata sudah berupa headunit 2 DIN dengan layar sentuh 6.1 inci.

Fitur pada head unit tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Pada Brio Satya, fitur tersebut hanya bisa difungsikan untuk CD Player dan Radio. Selain itu, koneksi iPod dan iPhone melalui AUX-IN atau Bluetooth. Berbeda dengan Brio RS, selain fitur tadi juga sudah bisa untuk DVD player dan tersedia slot USB.

Satu lagi, pada sistem perangkat hiburan Brio RS, telah ditambahkan tweeter speaker pada pintu penumpang dean dan pengemudi. Sementara pada Brio Satya tidak ada. Meski begitu, namun keduanya sudah dilengkapi dengan pengaturan audio di lingkar kemudi.

Desain Spoiler

Brio Satya & RS juga memiliki perbedaan di bagian spoilernya. Untuk varian RS, desain spoiler lebih ke stylish dan keren dengan high mount stop lamp terletak di bagian tengah spoiler. Sementara pada Brio Satya memiliki desain spoiler lebih minimal dengan high mount stop lamp terletak di bagian tengah atas.

Warna Atap

Perbedaan Brio RS & Satya yang lain juga terlihat dari varian warna atapnya. Pada tipe RS, terdapat dua kombinasi warna dalam satu varian warna. Biasanya ini disebut Two Tone Colour. Warna ini hanya ada pada varian RS dan menjadi warna yang paling spesial yaitu Orange Phoenix. Tentu berbeda dengan Brio Satya yang hanya menggunakan satu varian warna saja.

Sistem Suspensi

Meskipun sistem suspensi pada Brio RS & Satya hampir sama, namun tetap saja terdapat perbedaan. Pada bagian depan kedua mobil ini sama-sama menggunakan tipe MacPherson Strut. Sementara di bagian belakang menggunakan H-Shape Torsion Beam. Namun pada Brio RS bisa mendapatkan kestabilan yang lebih karena caster angle yang ada di kaki depan bisa diubah.

Hal ini menjadikan Tipe RS lebih lincah saat bermanuver dan mengurangi body roll. Body roll adalah transfer beban ke arah luar dari tikungan. Hasilnya, ketika body roll berkurang akan menjadikan ban di bagian dalam tikungan terangkat lebih kecil. Fitur seperti ini tidak akan kalian temui di Brio Satya.

Radiator Fan

Pada Brio RS telah menggunakan 2 kipas radiator, sementara Brio Satya hanya menggunakan satu kipas radiator saja. Kipas radiator ini berfungsi untuk menghisap udara dari luar mobil. Selain itu, ukuran pada radiator dan kondensor tipe RS lebih besar daripada Brio Satya.

Fitur Lainnya

Selanjutnya, apalagi perbedaan Brio RS & Satya yang cukup menonjol? mari kita lihat. Dari sisi mesin, kedua Honda Brio ini ternyata sama-sama berbekal mesin 1.200 cc SOHC 4 silinder 16 katup. Selain itu juga sama-sama menggunakan teknologi 0-VTEC dan Drive By Wire. Untuk itulah Brio RS & Satya memiliki tenaga mesin yang setara yaitu 90 PS dengan torsi 110 Nm.

Lebih lanjut, kedua mobil ini juga sudah menggunakan rem model disc pada bagian depan dan tipe drum pada bagian belakang. Electronic Brake Distribution (EBD) dan Teknologi Anti-lock Braking System (ABS) juga disematkan pada keduanya.

Pada fitur keselamatan, rupanya hampir tidak ada perbedaan Brio RS & Satya. Keduanya telah menggunakan Gual i-SRS Airbags pada penumpang depan dan pengemudi. Lalu, seatbelt reminder di sisi pengemudi, sabuk keselamatan pada semua jok dan rangka G-CON + ACE. Sementara itu, pada kecepatan tertentu pintu akan mengunci secara otomatis serta keyless entry yang lengkap dengan Immobilizer.


The post Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol appeared first on Review dan Berita Mobil.

Sumber: RajaMobil

Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol

Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol

Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol

Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol

Jangan Bingung! Ini Dia Perbedaan Brio RS & Brio Satya yang Menonjol

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya