0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jajak Pendapat Unicef Soal Persepsi Remaja Terhadap Covid-19

Republika Online
Republika Online - Tue, 07 Apr 2020 01:17
Dilihat: 26
Jajak Pendapat Unicef Soal Persepsi Remaja Terhadap Covid-19

JAKARTA -- Sebuah jajak pendapat online baru-baru ini mengungkapkan bagaimana remaja dan anak muda menghadapi wabah Covid-19. Jajak pendapat yang dilakukan oleh Unicef antara 27-31 Maret melalui platform keterlibatan U-Report, SMS dan aplikasi pengiriman pesan instan, mendapat lebih dari 7.000 tanggapan kaum muda berusia 15-30 tahun dari 34 provinsi di Indonesia.

Peserta diminta menjawab serangkaian pertanyaan untuk mengukur perasaan mereka mengenai Covid-19 dan pemahaman mereka tentang gejala dan pencegahan. Dengan memilih satu set emoji untuk mengekspresikan perasaan mereka saat ini, mayoritas anak muda (29 persen) menjawab bahwa mereka bahagia, sementara 28 persen mengatakan mereka merasa biasa-biasa saja, dan 22 persen mengatakan mereka sedih.

Tetapi ketika ditanya bagaimana perasaan mereka ketika mereka mendengar tentang Covid-19, sekitar sepertiga (34 persen) mengatakan mereka merasa takut dan 17 persen mengatakan mereka merasa sangat takut. Hampir seperlima (19 persen) mengatakan mereka merasa sangat optimis dan 14 persen mengatakan mereka merasa agak optimistis.

Berdasarkan jajak pendapat, semakin banyak orang muda (90 persen) setuju bahwa pemerintah dapat menangani respons terhadap Covid-19, dibandingkan dengan 83 persen dalam jajak pendapat serupa yang dilakukan pada Februari 2020.

Demikian pula, sekitar 83 persen setuju bahwa pemerintah telah memberikan informasi yang cukup kepada warga tentang Covid-19, naik dari 75 persen pada Februari 2020. Hasilnya, menunjukkan bahwa ada pemahaman yang lebih baik di antara kaum muda tentang bagaimana mereka dapat melindungi diri dari Covid-19.

Ketika ditanya tindakan apa yang paling efektif untuk mencegah infeksi, mayoritas (39 persen) memilih mencuci tangan dengan sabun, yang dicantumkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia sebagai rekomendasi keselamatan publik teratas. Dalam jajak pendapat sebelumnya, hanya 8 persen responden memilih opsi ini, sementara 34 persen memilih mencuci tangan tanpa menyebut sabun.

Sementara pemerintah telah memberlakukan pembatasan sosial skala besar untuk membantu mengendalikan penyebaran virus, lebih dari separuh responsen (54 persen) mengatakan mereka telah berada di luar rumah mereka untuk alasan selain berbelanja makanan atau mencari perawatan medis.

Sekitar dua pertiga (66 persen) mengatakan bahwa orang-orang di sekitar mereka tidak menjaga jarak setidaknya satu meter dari satu sama lain. Penyebaran virus juga dibarengi dengan penyebaran informasi yang keliru, hal ini ditunjukkan dengan empat dari lima responden melaporkan bahwa mereka menerima informasi yang kemudian mereka ketahui ternyata bohong atau salah.

Sebagian besar (39 persen) mengutip media massa, yang meliputi TV dan surat kabar, sebagai sumber informasi terpercaya mereka tentang Covid-19, diikuti oleh platform media sosial (31 persen) dan media online (18 persen).



Berita Terkait
  • Ventilator Portabel Karya Anak Bangsa Sedang Diuji Kemenkes
  • Pasien Corona di Barito Timur adalah Peserta Ijtima Ulama
  • 1.977 Praja IPDN Jalani Rapid Test Covid-19, Ini Hasilnya
Berita Lainnya
  • Tujuh WNI Sembuh Covid-19 di Singapura
  • Hukum Menggunakan Hand Sanitizer Beralkohol

Jajak Pendapat Unicef Soal Persepsi Remaja Terhadap Covid-19

Jajak Pendapat Unicef Soal Persepsi Remaja Terhadap Covid-19

Jajak Pendapat Unicef Soal Persepsi Remaja Terhadap Covid-19

Jajak Pendapat Unicef Soal Persepsi Remaja Terhadap Covid-19

Jajak Pendapat Unicef Soal Persepsi Remaja Terhadap Covid-19

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya