0
Thumbs Up
Thumbs Down

Jaga-jaga 7 Kali 24 Jam, Rouhani Bilang Itu Baik buat Cegah Konfrontasi

wartaekonomi
wartaekonomi - Fri, 17 Jan 2020 08:35
Dilihat: 37
Teheran

Presiden Hassan Rouhani mengatakan Iran menginginkan dialog dengan dunia meskipun ada ketegangan yang meningkat dengan Amerika Serikat (AS). Dia menekankan bahwa Teheran bekerja setiap hari untuk mencegah konfrontasi militer atau perang.

Iran telah menyerang markas-markas militer AS di Irak pada 8 Januari lalu dengan rudal balistik untuk membalas pembunuhan Jenderal Qassem Soleimani oleh serangan udara Washington di Baghdad lima hari sebelumnya.

Baca Juga: Iran Selesai, Pentagon Pertimbangkan Kerahkan Sistem Rudal Pertahanan Tambahan di Timteng

Aksi saling serang ini terjadi ketika kedua pihak terkunci dalam perselisihan pahit atas program nuklir Teheran.

"Pemerintah bekerja setiap hari untuk mencegah konfrontasi atau perang militer," kata Presiden Hassan Rouhani dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi pemerintah, Kamis (16/1/2020). "Bagi saya ini adalah masalah sehari-hari," katanya lagi, seperti dikutip AFP.

Meningkatnya ketegangan baru-baru ini telah mendorong seruan untuk de-eskalasi dari komunitas internasional yang takut akan konflik besar di Timur Tengah, di mana AS memiliki banyak sekutu dan pangkalan di kawasan tersebut. Sedangkan Iran memiliki sejumlah proksi, terutama di Irak dan Lebanon.

Pada hari Rabu, Rouhani mengatakan peluncuran rudal-rudal Iran terhadap pangkalan Irak yang digunakan oleh angkatan bersenjata AS telah memberikan "kompensasi" atas kematian Jenderal Qasem Soleimani, seorang arsitek strategi militer Timur Tengah.

Baca Juga: Trump Dukung Demonstran Iran, Pakar: Terlihat Munafik

Dalam pidatonya pada hari Kamis, Rouhani mengatakan bahwa pembalasan Iran -yang menyebabkan kerusakan material yang signifikan tetapi tidak ada korban menurut militer AS- telah memperkuat pencegahan Iran terhadap ancaman Presiden Donald Trump.

Rouhani, seorang moderat dalam spektrum politik negaranya, juga membela kebijakan terbuka terhadap dunia yang telah dia kejar sejak pemilu 2013. Kebijakan yang dia perjuangkan itu telah mendapat kecaman dari kalangan ultra-konservatif Iran.

Dia juga membela perjanjian internasional Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA) 2015 yang dirancang untuk membatasi program nuklir Iran dengan imbalan pencabutan sanksi internasional terhadap Teheran.

Pada perkembangannya, JCPOA di ambang runtuh setelah Trump secara sepihak menarik AS keluar dari perjanjian itu pada 2018.

Baca Juga: Menlu Iran: Trio Eropa Sudah 'Menjual Diri' pada Trump

"Dengan perjanjian nuklir, dalam praktiknya kami telah membuktikan bahwa mungkin bagi kami untuk berinteraksi dengan dunia," kata Rouhani. "Tentu saja, itu sulit," akunya.

"Mereka memberi tahu kami: ada orang yang tidak boleh Anda percayai," katanya, merujuk pada retorika kalangan ultra-konservatif Iran tentang Eropa dan Amerika Serikat.

"Itu benar," kata Presiden Iran tersebut."Jika ada orang yang dapat dipercaya...itu akan sederhana dan mudah," imbuh dia sembari menyebut sosok Trump sebagai orang yang tidak dapat diprediksi.

Penulis: Redaksi

Editor: Muhammad Syahrianto


Foto: Reuters

Sumber: wartaekonomi

Jaga-jaga 7 Kali 24 Jam, Rouhani Bilang Itu Baik buat Cegah Konfrontasi

Jaga-jaga 7 Kali 24 Jam, Rouhani Bilang Itu Baik buat Cegah Konfrontasi

Jaga-jaga 7 Kali 24 Jam, Rouhani Bilang Itu Baik buat Cegah Konfrontasi

Jaga-jaga 7 Kali 24 Jam, Rouhani Bilang Itu Baik buat Cegah Konfrontasi

Jaga-jaga 7 Kali 24 Jam, Rouhani Bilang Itu Baik buat Cegah Konfrontasi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya