0
Thumbs Up
Thumbs Down

Istana Bantah Indonesia Berlebihan Larang Impor dari Cina

Republika Online
Republika Online - Wed, 05 Feb 2020 14:23
Dilihat: 35
Istana Bantah Indonesia Berlebihan Larang Impor dari Cina

JAKARTA -- Pemerintah Cina menyebut Indonesia berlebihan dalam merespon wabah virus korona. Menanggapi hal itu, Istana pun menegaskan langkah pemerintah untuk melarang impor hewan hidup dari Cina ini pun sudah tepat.

Juru Bicara Kepresiden Fadjroel Rachman mengatakan larangan impor dari negeri Cina ini tak hanya dilakukan oleh Pemerintah Indonesia, namun juga sejumlah negara lainnya untuk mengantisipasi penyebaran virus korona yang hingga kini belum ditemukan vaksinnya. "Tidak. Karena tindakan pemerintah Indonesia, juga dilakukan oleh pemerintah lain di dunia," tegasnya di Kompleks Istana Presiden, Jakarta, Rabu (5/2).

Kebijakan larangan impor ini akan diterapkan sementara hingga status darurat yang ditetapkan oleh WHO dicabut. "Hingga nanti saatnya akan dicabut oleh WHO, berupa pelarangan yang terkait merebaknya virus corona tersebut," ujarnya.

Fadjroel menegaskan, pemerintah hanya melarang impor hewan hidup dari Cina. Bukan yang lain. Hal ini juga ditegaskan dalam rapat terbatas terkait penanganan virus korona di Istana Kepresidenan Bogor, Selasa (4/2) kemarin. "Dalam ratas juga disampaikan oleh pihak kementerian Koordinator Perekonomian. Tegas, hanya untuk life animal yang terkait kasus korona ini," katanya.

Selain itu, pemerintah juga telah menghentikan sementara fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival ke Indonesia untuk warganegara dari Cina. Seluruh WNI juga diminta agar tak melakukan perjalanan ke Cina untuk mengantisipasi penyebaran virus korona. Sebelumnya, Pemerintah Cina meminta Indonesia tak berlebihan dalam merespons wabah virus korona. Hal itu sehubungan dengan diterapkannya pembatasan perjalanan dan impor produk makanan serta minuman dari Negeri Tirai Bambu.

"Kami sudah lihat Indonesia telah mengumumkan beberapa tindakan pembatasan penerbangan dan pertukaran personel. Menurut kami WHO (Organisasi Kesehatan Dunia) telah menyatakan mereka tidak setuju dan bahkan keberatan atas tindakan pembatasan perjalanan dan perdagangan terhadap China," kata Duta Besar Cina untuk Indonesia Xiao Qian saat menggelar konferensi pers di gedung Kedubes Cina di Jakarta, Selasa (4/2).

Xiao mengklaim kebanyakan negara sudah mengikuti saran WHO. Menurut Xiao, dalam situasi saat ini semua pihak harus tenang dan tidak perlu bereaksi berlebihan. Karena itu, Xiao menyesalkan Indonesia mengentikan impor produk makanan serta minuman dari negaranya. "Sekarang masih belum ada bukti virus Corona dapat menular lewat barang-barang impor. WHO juga sudah menyatakan mereka tak setuju bahkan keberatan dengan tindakan pembatasan perdagangan terhadap China," kata dia.

Menurutnya langkah-langkah yang diambil Indonesia dapat menimbulkan dampak negatif. Langkah Indonesia akan merugikan hubungan perdagangan antara kedua negara dan akan memberikan dampak negatif terhadap hubungan serta kerja sama kedua negara.

"Ini menimbulkan akibat yang kedua belah pihak tak inginkan," ucap Xiao.


Berita Terkait
  • Penerbangan Terakhir ke China
  • Penumpang Kapal Pesiar di Jepang Terkena Virus Corona
  • Isolasi Kota di Cina Akibat Virus Corona Meluas
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Istana Bantah Indonesia Berlebihan Larang Impor dari Cina

Istana Bantah Indonesia Berlebihan Larang Impor dari Cina

Istana Bantah Indonesia Berlebihan Larang Impor dari Cina

Istana Bantah Indonesia Berlebihan Larang Impor dari Cina

Istana Bantah Indonesia Berlebihan Larang Impor dari Cina

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya