0
Thumbs Up
Thumbs Down

iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik

telsetNews
telsetNews - Thu, 17 Sep 2020 05:38
Dilihat: 89
iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik

Jakarta - Apple akhirnya resmi menggulirkan pembaruan sistem operasi mobile iOS 14 dan iPadOS 14 versi final untuk pengguna umum. Ada sejumlah fitur baru yang dihadirkan untuk pada pengguna iPhone, iPad dan iPod Touch.

Hari yang dinanti-nantikan akhirnya tiba. Setelah mendapatkan 8 versi Beta selama 3 bulan, hari ini Apple resmi merilis sistem operasi iOS 14 dan iPadOS 14 untuk bisa diunduh oleh pengguna umum.

Apple sendiri sudah memperkenalkan iOS 14 di ajang WWDC 2020 pada bulan Juni lalu dalam sebuat event virtual. Ada sejumlah fitur baru di iOS 14 yang mungkin sudah Anda ketahui, saat Apple memaparkannya di WWDC 2020 lalu.

Dikutip Telset.id dari GSMArena, Beberapa fitur fitur baru dan menjadi andalan telah dihadirkan pada iOS 14 dan iPadOS 14. Seperti misalnya perubahan Home Screen, App Store dengan fitur App Clips, Widget, peningkatan Messages dan Privacy.

{Baca Juga:Apple Resmi Luncurkan iOS 14, Apa yang Baru?}

Perangkat yang Mendukung iOS 14

Sementara untuk perangkat yang kebagian update iOS 14 adalah semua perangkat iPhone, iPad dan iPod Touch yang sebelumnya mendukung iOS 13 dan iPadOS 13.

Perangkat paling lawas yang masih menerima update ini adalah iPhone 6s, iPhone 6s Plus dan iPad Air 2. Sedangkan perangkat terbaru yang menerima update adalah iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPad Pro 2020, iPad 8, iPad Mini 5 dan iPad Air 4.

Berikut ini daftar lengkap yang menerima update iOS 14 dan iPadOS 14:

  • iPhone11
  • iPhone11Pro
  • iPhone11ProMax
  • iPhoneXS
  • iPhoneXSMax
  • iPhoneXR
  • iPhoneX
  • iPhone8
  • iPhone8Plus
  • iPhone7
  • iPhone7Plus
  • iPhone6s
  • iPhone6sPlus
  • iPhoneSE (1stgeneration)
  • iPhoneSE (2ndgeneration)
  • iPodtouch (7thgeneration)
Peningkatan dan Fitur Baru di iOS 14

iOS 14 membawa berbagai fitur baru, dan juga peningkatan dibandingkan generasi sebelumnya. Lalu, ada apa saja fitur baru dan peningkatan yang di tawarkan di iOS 14?

Home Screen

Di iOS 14, Home Screen dapat menampilkan widget yang bisa disesuaikan untuk pekerjaan, perjalanan, olahraga, hiburan, dan bidang menarik lainnya.

Pada halaman akhir di bagian Home Screen, terdapat App Library, ruang baru yang secara otomatis dapat mengatur semua aplikasi pengguna menjadi satu tampilan sederhana. Pengguna akanlebih mudah mengatur smartphone, karena sistem dengan cerdas memunculkan aplikasi sesuai kebutuhan.

Pengguna dapat memilih berapa banyak halaman pada Home Screen untuk ditampilkan dan dengan mudah menyembunyikan halaman untuk akses lebih cepat ke perpustakaan Aplikasi.

Widget

Widget di iOS 14 didesain ulang agar dapat menampilkan informasi lebih lengkap sekaligus bisa bergabung dengan Home Screen.

Di iOS 14, Anda bisa mengatur ukuran dan tata letak Widget di Home Screen sesuai kebutuhan. Bahkan untuk beberapa aplikasi memiliki desain Widget dengan ukuran kecil, sedang dan besar.

Picture-in-picture video

Apple meningkatkan fitur picture-in-picture atau PiP di iOS 14 yang kini telah mendukung panggilan video FaceTime.

Pengguna dapat melakukan panggilan video sambilmembuka aplikasi lain, seperti misalnya WhatsApp, Browser, atau memutar video sekalipun.

{Baca juga: Mac Terbaru dengan Apple Silicon Dirilis Akhir 2020}

App Clip

App Clip adalah fitur baru yang disematkan Apple di iOS 14. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa dengan mudah mengakses aplikasi-aplikasi tertentu untuk pemakaian dengan waktu singkat.

Dengan App Clip, pengguna bisa mengunduh sebagian aplikasi "sebagian", dan hanya mendapatkan sebagian fitur saja untuk digunakan.

Ini dapat berguna untuk aplikasi dengan pemakaian singkat dan sekali pakai yang diperlukan saat itu, namun bukan aplikasi yang ingin kita simpan di iPhone atau iPad untuk waktu yang lama.

Pengguna dapat masuk menggunakan akun Apple ID saat mengunduh aplikasi, dan tidak perlu membuat akun baru pada aplikasi tersebut jika untuk penggunaan yang singkat.

Pin Messages

Apple juga masih tetap meningkatkan pengalaman pengguna untuk fitur pesan singkat dengan menambahkan fitur baru Pin Messages.

Dengan fitur ini, pengguna bisa menempatkan percakapan pesan singkat dengan kontak tertentu, untuk tetap di bagian teratas dengan menggunakan fitur pin tersebut.

Maps

Apple tampak mendukung gerakan ramah lingkungan, dan dapat dilihat pada pembaruan di aplikasi Maps mereka. Tidak hanya mendukung navigasi untuk kendaraan bermotor, kini Maps juga memberikan petunjuk arah bagi para pengendara sepeda maupun kendaaraan listrik.

Berbeda dengan navigasi kendaraan bermotor, navigasi untuk para pesepeda akan mempertimbangkan ketinggian jalan, kepadatan trafik, dan juga kondisi jalan yang dapat dilalui dengan aman.

Dan untuk kendaraan listrik, rute yang ditampilkan akan melewati stasiun-stasiun pengisian daya, yang akan membuat pengendara tak perlu lagi merasa was-was jika kehabisan daya di jalan.

Siri dan Translate

Selain mode panggilan yang lebih kompak dan sudah kita bahas di atas, tampilan Siri juga ikutan dibuat lebih minimalis loh! Yaitu ketika kamu memanggil Siri, tampilannya hanya akan hadir di bagian tengah bawah layar saja.

Fitur lain yang ditambahkan pada Siri adalah pengetahuan yang ditingkatkan, mencarikan jawaban di web, mengirim pesan dengan rekaman suara lewat iMessage dan masih banyak lainnya.

Sementara aplikasi baru untuk menerjemahkan rekaman audio atau percakapan kini bisa secara langsung. Semua data tidak diunggah ke internet, diproses langsung pada perangkat iPhone.

Fitur Privasi

Apple tetap menawarkan kenyamanan privasi bagi para penggunanya di iOS 14. Privasi pengguna semakin ditingkatkan, di mana setiap aplikasi harus meminta izin dari pengguna sebelum melakukan pelacakan seperti lokasi, mikrofon, penyimpanan, dan sebagainya.

Untuk pelacakan lokasi, pengguna bisa memilih memberikan perkiraan lokasi, ketimbang memberikan lokasi yang akurat.

Car Key

Ada fitur baru nan unik juga di iOS 14 bernama Car Key. Fiturini memungkinkan pengguna untuk membuka dan menyalakan mobil menggunakan iPhone maupun Appe Watch mereka.

Teknologi ini memanfatkan NFC untuk menghubungkan iPhone maupun Apple Watch ke mobil. Selain itu, kunci dapat dibagikan menggunakan pesan, apabila orang lain membutuhkan mobil Anda.

Pengguna juga bisa mengunci fitur melalui iCloud apabila perangkat yang dijadikan kunci hilang. Namun, Apple menyebutkan kalau fitur ini baru akan tersedia tahun depan.

Browser Safari

Safari untuk iOS 14 dan iPadOS 14 mendapatkan beberapa update penting. Salah satunya adalah Translation. Fitur ini bekerja dengan cara menerjemahkan website secara otomatis dan cepat lewat bantuan teknologi Neural Engine.

Selain itu, Safari di iOS 14 juga mendapatkan peningkatan mode privasi dan perbaikan tampilan yang lebih menarik.

Find My

Melakukan pencarian untuk produk pihak ketiga dan aksesoris yang mendukung Find My network accessory program. Privasi pengguna tetap dijaga dan tidak diunggah ke server untuk catatan lokasi dan lain sebagainya.

Home App

Peningkatan lain yang melengkapi iOS 14 adalah fitur Home. Home akan memberikan otomatisasi baru terhadap kontro rumah pintar pengguna. Terintegrasi dengan Control Center, pengguna juga bisa mengaksesnya lebih cepat.

{Baca juga: Serangkaian Fitur Baru di watchOS 7, Ada Fitur 'Sleep Tracking'}

Hadir pula fitur Adaptive Lighting untuk lampu yang kompatibel dengan HomeKit, yang secara otomatis menyesuaikan suhu warna sepanjang hari.

Aplikasi Home dan HomeKit dibuat secara personal dan aman, sehingga semua informasi tentang aksesori rumah pengguna, telah dienkripsi secara end-to-end. (HBS)

Artikel iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik dan berita teknologi terkini lainnya bisa Anda dapatkan di Telset.id.

Sumber: telsetNews

iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik

iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik

iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik

iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik

iOS 14 dan iPadOS 14 Resmi Rilis, Banyak Fitur Menarik

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya