0
Thumbs Up
Thumbs Down

Intip Kekurangan Honda HR-V, Mobil Idaman Eksekutif Muda

carmudi
carmudi - Wed, 06 Nov 2019 16:06
Dilihat: 73
HR-V Menjadi Mobil Honda Paling Laris di Indonesia (Foto HPM)

Jakarta - Bagi kalangan eksekutif muda (eksmud) mobil merupakan suatu hal yang wajib dimiliki sebagai penunjang mobilitas pekerjaan. Selain digunakan untuk mobilitas pekerjaan, mobil juga dianggap mampu merepresentasikan sebuah imej dari gambaran diri seseorang. Maka dari itu, para eksekutif muda ini biasanya kerap memilih mobil dengan tampilan sporty dan elegan. Salah satu mobil yang kerap menjadi idaman para eksekutif muda ini adalah Honda HR-V.

Honda HR-V sendiri merupakan mobil dengan tema crossover yang ditawarkan oleh PT Honda Prospect Motor (HPM). Honda HR-V dianggap memiliki tampilan layaknya sebuah mobil yang gagah, sporty dan juga elegan. Tapi, bagi kalian yang ingin membeli atau mencicipi Honda HR-V, ada baiknya kamu melihat dulu beberapa kekurangan yang dimiliki oleh mobil ini. Karena setiap mobil tentunya memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Kelebihan Honda HR-V

Sebelum membahas kekurangan dari Honda HR-V, ada baiknya kami membahas kelebihannya terlebih dahulu agar apple to apple dalam memberikan sebuah gambaran. Mobil berkapasitas 5 penumpang ini sebenarnya juga memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan kekurangannya.

Kelebihan pertama dari Honda HR-V ini adalah desain yang cukup sporty dan elegan. Di bagian depan Honda HR-V hadir dengan model gril besar dengan paduan aksen krom. Ada aksen krom besar yang memanjang dari sisi kiri hingga kanan.

Honda HR-V Facelift. (Foto: Carlist)

Di bagian tengah terdapat logo H. Soal lampu, Honda HR-V ini sudah dibekali dengan lampu projector LED yang semakin mempertegas kesan mewah. Di bagian bawah, terdapat LED DRL berwarna putih yang mampu berfungsi sebagai lampu senja dan kabut di saat malam. Desain depan dan belakang dari mobil ini memang terlihat mewah, karena Honda HR-V menggunakan Bahasa desain Stand Out Design untuk HR-V ini.

Interior Mewah

Interior dari mobil ini juga termasuk ke dalam kategori mewah dan elegan. Interior Honda HR-V menggunakan warna hitam dengan paduan aksen abu-abu di beberapa bagian. Material yang digunakan pun juga sudah menggunakan bahan kulit, sehingga memberikan kenyamanan pada penumpang dan pengemudinya itu sendiri.

Pengaturan jok pada bagian pengemudi juga terbilang lengkap, bisa diatur naik turun, tinggi rendah, hingga maju mundur. Desain model jok bagian depan dan belakang juga terlihat cukup sporty dengan adanya beberapa bilah.

Varian

PT HPM menjual Honda HR-V ini dengan 5 varian yang bisa dipilih oleh konsumen. Mulai dari HR-V tipe S MT, S CVT, E CVT, E CVT Special edition, dan 1.8 Prestige. Mulai dari tipe S hingga E, menggunakan mesin berkapasitas 1.500 cc, 4 silinder. Sedangkan untuk tipe Prestige menggunakan mesin berkapasitas 1.800 cc, 4 silinder.

Secara harga, jelas semuanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Tipe paling bawah S MT dijual seharga Rp291,4 juta, S CVT dijual seharga Rp301,6 juta, E CVT dijual seharga Rp325,5 juta, E CVT Special edition dijual seharga Rp342,6 juta dan tipe 1.8 Prestige dijual seharga Rp409,7 juta.

Spesifikasi Mesin Honda HR-V 1.500 cc, 4 silinder
Tipe1.5L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Diameter x Langkah73,0mm x 89,4mm
Isi Silinder1497
Perbandingan Kompresi10,3:1
Daya Maksimum120PS / 6.600rpm
Momen Puntir Maksimum145Nm / 4.600rpm

Spesifikasi Mesin Honda HR-V 1.800 cc, 4 silinder
Tipe1.8L 4 Silinder Segaris, 16 Katup + DBW
Sistem Suplai Bahan BakarPGM-FI
Diameter x Langkah81,0mm x 87,3mm
Isi Silinder1799
Perbandingan Kompresi9,7:1
Daya Maksimum139PS / 6.500rpm
Momen Puntir Maksimum169Nm / 4.300rpm

Kendati memiliki perbedaan pada mesin, namun semua varian tersebut memiliki dimensi yang sama alias tidak ada berbeda antara satu varian dengan varian lain. Honda HR-V memiliki dimensi panjang 4.294mm, lebar 1.772 mm dan tinggi 1.580 mm. Dengan jarak sumbu roda 2.610 mm, Honda HR-V termasuk ke dalam ukuran mobil kompak yang cukup bisa diandalkan. Apalagi untuk melibas jalanan Ibukota yang punya karakter jalan sempit di beberapa wilayah.

Dimensi Honda HR-V
Panjang x Lebar x Tinggi4.294mm x 1.772mm x 1.580mm
Jarak Sumbu Roda2.610mm
Jarak Pijak Depan/Belakang1.535mm / 1.540mm
Honda HR-V Kaya Akan Fitur

Dengan harga tersebut, memang dianggap terlalu mahal untuk sebuah mobil crossover. Namun, bagi sebagian orang harga bukanlah menjadi masalah utama. Karena para pembeli Honda HR-V ini merupakan kaum-kaum eksekutif muda yang sarat akan gengsi. Kendati demikian, tak semua orang bergengsi tak memikirkan fitur. Di era modern seperti saat ini, sudah banyak orang yang lebih mementingkan fitur pada mobil ketimbang penampilannya.

New Honda HR-V 1.8L Prestige-
Struktur Rangka BodiG-CON + ACE
Dual Front i-SRS Airbags
Side Airbags
Side Curtain Airbags
Sabuk Keselamatan (Baris Pertama)3 Point ELR (x2)
Sabuk Keselamatan (Baris Kedua)3 Points ELR (x3)
Seatbelt ReminderDriver & Passanger
Pretensioner with Load Limiter Seatbelt
ISOFIX & Tether
Vehicle Stability Assist (VSA)
Hill Start Assist (HSA)
Emergency Stop Signal (ESS)
Motion Adaptive EPS
Brake Override SystemYes
Kekurangan Honda HR-V

Salah satu kekurangan dari Honda HR-V yang cukup terasa nyata adalah dari segi harga. Harga yang ditawarkan oleh Honda Prospect Motor kami rasa cukup mahal untuk sebuah mobil crossover. Jika dibandingkan dengan beberapa mobil di kelasnya, Honda HR-V memiliki harga yang cukup mahal.

Harga Honda HR-V yang termahal saja sudah mencapai angka Rp400 jutaan. Sedangkan salah satu crossover yang ada di Indonesia, Chevrolet Trax punya harga yang jauh di bawah Honda HR-V.

Memang, tahun 2020 mendatang Chevrolet tak akan lagi menjual mobil di Indonesia lantaran sudah menyatakan akan hengkang dari Indonesia. Tetapi, kami merasa jika harga Honda HR-V yang ada di Indonesia cukup mahal untuk ditawarkan kepada masyarakat Indonesia.

Kekurangan lain yang kerap terjadi pada Honda HR-V adalah masalah suspensi yang terasa cukup keras. Masalah suspensi ini masih bisa diatasi dengan mengganti suspensi baru atau dengan perangkat aftermarket.

Honda HR-V edisi Mugen tampil di GIIAS 2019. Foto/Carmudi

Belum lagi ditambah dengan terpaan isu mengenai buruknya kualitas dari Honda terhadap beberapa varian mobilnya. Jelas masalah ini dapat menjadi momok bagi mereka yang hendak membeli mobil baru, terlebih Honda HR-V. Pada saat baru diluncurkan, Honda HR-V terkena masalah mengenai buruknya kualitas material yang kerap dialami oleh konsumen.

Semoga isu ini tidak lagi menimpa Honda HR-V keluaran terbaru. Karena sudah seharusnya pabrikan mobil memikirkan kualitas material dari mobil yang mereka jual. Jangan sampai menjual mobil dengan harga mahal, tetapi kualitas material menjadi terlupakan. Konsumen lah yang nantinya akan memilih dan berpikir ulang untuk membeli atau menyarankan untuk membeli produk tersebut.

HR-V special edition jadi pilihan baru konsumen Foto: Santo/Carmudi)

Penulis: Rizen


Editor: Lesmana

Sumber: carmudi

Intip Kekurangan Honda HR-V, Mobil Idaman Eksekutif Muda

Intip Kekurangan Honda HR-V, Mobil Idaman Eksekutif Muda

Intip Kekurangan Honda HR-V, Mobil Idaman Eksekutif Muda

Intip Kekurangan Honda HR-V, Mobil Idaman Eksekutif Muda

Intip Kekurangan Honda HR-V, Mobil Idaman Eksekutif Muda

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya