0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini Penjelasan Ulama Soal Hak Asuh Gala! Faisal Hanya Bisa Tertunduk! Dody Merasa Menang?

slidegossip
slidegossip - Fri, 03 Dec 2021 19:02
Dilihat: 108
Ini Penjelasan Ulama Soal Hak Asuh Gala! Faisal Hanya Bisa Tertunduk! Dody Merasa Menang?

- Baru-baru ini pengacara kondang Hotman Paris Hutapea membahas soal hak asuh Gala Sky, anak dari Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah, bersama ulama di acara Hotman Paris Show. Mendengar penjelasan ulama, H Faisal ayah Bibi hanya bisa tertunduk.

H. Faisal dan Dody Sudrajat (tribunnews.com)

Sebelumnya diberitakan, hak asuh Gala Sky putra semata wayang Bibi Ardiansyah dan Vanessa Angel masih menjadi perdebatan hingga saat ini. Pada persidangan Selasa 30 November 2021, ayah Vanessa, Doddy Sudrajat merasa keberatan dengan hak perwalian Gala Sky yang diajukan oleh H. Faisal, ayah Bibi. Karena itulah permohonan terkait hak asuh atau hak wali dicabut oleh kuasa hukum Faisal, Wijayano.

Sementara itu, pengacara kondang Hotman Paris begitu terkejut saat mendengar penjelasan ulama soal kemungkinan pihak mana yang bisa dan lebih berhak mengasuh Gala. Hotman Paris mengundang Ketua Dewan Dakwah MUI Kiai Cholil Nafis ke acaranya, pada Kamis (2/12/2021).

Hotman Paris mengaku penasaran dengan bagaimana hukum Islam melihat permasalahan antara keluarga Vanessa Angel dan Bibi Andriansyah. KH Cholil Nafis pun akhirnya memberikan pendapatnya dari segi hukum Islam.

Dijelaskan oleh KH Cholil Nafis, sebenarnya menurut hukum Islam, hak pengasuhan anak lebih diprioritaskan jatuh ke tangan pihak keluarga perempuan. Kondisi ini disebut dengan Hadonah.

"Di kita mengenal namanya Hadonah, artinya mengasuh. Jadi kalau Hadonah ini diberikan kepada orang yang punya rasa lebih kasih sayang, makanya kalau ada orang cerai (atau meninggal) itu hak mengasuh diberikan kepada ibunya, ketika ibunya tidak bisa, maka diberikan kepada ibunya ibu," ungkap KH Cholil Nafis dikutip TribunStyle.com pada Jumat (3/12/2021).

"Kalau ibu sambung?" tanya Hotman Paris. "Ini ibu kandung. Kalau enggak ada berarti ke samping, saudari kandung," jelas KH Cholil Nafis. "Contohnya Vanessa enggak ada ibu kandung. Boleh enggak ibu mertua?" tanya Hotman Paris. "Ibu mertua boleh, tapi ini urutan yang lebih utama. Orang yang mengasuh itu prioritasnya perempuan yang terdekat dari dia (korban)," ujar KH Cholil Nafis.

Kemudian, Hotman Paris juga bertanya mengenai kemungkinan pertimbangan dari hakim pengadilan. Sebab ketika nanti di persidangan, hakim pasti akan mempertimbangkan banyak aspek, termasuk dari ulama yang merupakan ahli dalam bidang hukum agama.

"Kalau yang merawat selama ini adalah ibu dari Bibi, mertua?" tanya Hotman Paris. "Bisa saja (merawat Gala). Ketika ibu tidak ada, bisa kepada ibu di sini, sama-sama bisa," ujar KH Cholil Nafis.

"Hakim dalam melihat itu mempertimbangkan semua aspek enggak?" tanya Hotman Paris. "Ya pasti. Kalau di dalam Islam itu kepada siapa anak itu lebih nyaman kemudian bisa dipercaya. Meskipun ibu kandungnya sendiri itu ada syaratnya untuk bisa mengasuh. Dalam keadaan sehat, normal akalnya, cara mencurahkan kasih sayang," ungkap KH Cholil Nafis.

Ayah Bibi, Faisal hanya bisa tertunduk mendengar penjelasan ulama yang membahas hak asuh Gala. KH Cholil Nafis juga mengurai pendapat soal kemungkinan hak perwalian. Diungkapkan oleh KH Cholil Nafis, dalam Islam hak asuh dan hak perwalian memiliki kedudukan yang berbeda.

Mendengar penjelasan KH Cholil Nafis soal hak asuh dan hak perwalian, Hotman Paris sontak terkejut. Karena rupanya dari penjelasan tersebut ada kemungkinan Faisal tidak bisa mendapatkan hak asuh atas Gala.

"Pak Faisal tadi kan baru mengurus permohonan wali, sedangkan permohonan Hadonah untuk mengasuh belum, berarti masih kurang permohonan ?" tanya Hotman Paris. "Ya kalau mau diajukan, kan wali dengan Hadonah berbeda. Hadonah pengasuhan, wali hak penguasaannya. Gala kan laki enggak butuh wali, tapi butuh wali sampai dia dewasa," ungkap KH Cholil Nafis.

"Apakah kalau Pak Faisal sudah mendapatkan hak perwalian otomatis berhak atas pengasuhan?" tanya Hotman Paris lagi. "Belum tentu. Karena dalam Islam, beliau (Pak Faisal) kan laki-laki, kemudian ada dari pihak perempuan yakni dari Vanessa, ya ibunya Vanessa yang mengasuh," ujar KH Cholil Nafis.

"Jadi bisa saja perwalian atas Pak Faisal tapi yang mengasuh orang lain ? Oh!" kata Hotman Paris seraya terkejut.

Mendengar kemungkinan soal hak perwalian yang diurai KH Cholil Nafis, Faisal langsung tertunduk. Lebih lanjut, KH Cholil Nafis memberikan saran bijak agar keluarga Vanessa dan Bibi menghentikan konflik dan berdamai.

"Kalau boleh saran, proses di hukum kan tak selamanya menjadi sebuah keadilan dan kenyamanan. Sebenarnya kan ini orang sudah wafat, maka seandainya dilakukan dengan musyawarah, ada yang mengalah, demi ketenangan almarhum almarhumah mungkin lebih baik," ungkap KH Cholil Nafis.

"Tapi godaan Rp 500 juta susah Pak dilawan," sindir Hotman Paris. "Menurut Saya (diproses ke jalur) hukum iya, ketika musyawarah tidak bisa dicapai dengan cara baik-baik. Ini kan cucu kedua belah pihak," ujar KH Cholil Nafis.


Hingga saat ini, masalah antara keluarga Faisal dan keluarga Doddy Sudrajat malah semakin melebar. Kabar terakhir, keluarga Doddy Sudrajat meminta agar makam Vanessa Angel dipisahkan dari makam Bibi Andriansyah setelah 40 hari. Hal tersebut sesuai dengan mimpi Doddy, di mana menurutnya itu adalah permintaan dari Vanessa Angel.

Sumber: slidegossip

Ini Penjelasan Ulama Soal Hak Asuh Gala! Faisal Hanya Bisa Tertunduk! Dody Merasa Menang?

Ini Penjelasan Ulama Soal Hak Asuh Gala! Faisal Hanya Bisa Tertunduk! Dody Merasa Menang?

Ini Penjelasan Ulama Soal Hak Asuh Gala! Faisal Hanya Bisa Tertunduk! Dody Merasa Menang?

Ini Penjelasan Ulama Soal Hak Asuh Gala! Faisal Hanya Bisa Tertunduk! Dody Merasa Menang?

Ini Penjelasan Ulama Soal Hak Asuh Gala! Faisal Hanya Bisa Tertunduk! Dody Merasa Menang?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya