0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini Industri China yang 'Terjangkit' Virus Korona

okezone
okezone - Fri, 21 Feb 2020 13:27
Dilihat: 30
Ini Industri China yang 'Terjangkit' Virus Korona

JAKARTA - China memperpanjang aktivitas imbas wabah virus korona atau Covid-19 dan membuat perekonomian Negara tersebut terhenti. Hampir seluruh sektor perekonomian China berjuang untuk bangkit kembali di tengah kesulitan yang terjadi.

Sementara itu para analis beranggapan bahwa bangkit kembalinya sektor industri akan berjalan dengan lambat menyusul perintah karantina yang kemudian membatasi produksi di pabrik-pabrik China. Wabah ini diprediksi akan menyebabkan pukulan jangka pendek di sektor konsumsi yang merupakan bagian vital dari pertumbuhan negara itu. Virus ini juga berdampak langsung pada sektor-sektor lain.

Baca juga: China Pangkas Suku Bunga untuk Redam 'Sakitnya' Virus Korona

"Kontrol yang diterapkan untuk membendung penyebaran virus telah menghentikan pergerakan orang, menghentikan aktivitas bisnis dan menutup kantor di seluruh negeri," ujar perusahaan pemeringkat S&P dalam sebuah laporan seperti dilansir dari CNBC, Jumat (21/2/2020).

Berikut ini sektor yang akan terdampak dari wabah virus korona yang belum usai menurut laporan dari S&P Global dan Morgan Stanley.

Restoran, Ritel, dan Rekreasi

Menurut pernyataan S&P Global, sektor restoran di China akan mengalami penurunan penjualan yang signifikan pada kuartal pertama tahun 2020. Perusahaan memproyeksikan angka itu berkisar 45% hingga 55% dari pendapatan penjualan selama periode yang sama di tahun lalu.

Baca juga: China Bakal Musnahkan Uang Kertas Terindikasi Virus Korona

"Wabah coronavirus bertepatan dengan Festival Musim Semi tahun ini. Setelah kota Wuhan secara efektif ditutup dan dikarantina pada 23 Januari, restoran-restoran di seluruh negeri menutup daun jendela mereka untuk Tahun Baru Cina," tertulis dalam laporan.

Morgan Stanley menambahkan penutupan kasino yang berlangsung selama dua minggu di Makao akan membebani pihak operator. Hal ini akan mengakibatkan penurunan lebih dari 50% laba pada kuartal pertama. Angka ini belum lagi ditambah bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi untuk sektor ini.

Pariwisata

Bukan hanya berdampak pada sektor pariwisata di luar China, pendapatan pariwisata China untuk paruh pertama di tahun ini juga akan mengalami pukulan telak yang akan mempengaruhi kinerja secara keseluruhannya sepanjang tahun. Wabah ini bertepatan dengan perayaan Tahun Baru Imlek yang adalah puncak pendapatan pariwisata China.

Baca juga: Fakta Virus Korona, Bikin Harga Babi Naik hingga Sektor Pariwisata Tertekan

"Daerah-daerah ini terbukti sangat rentan selama wabah ini dan menyoroti kelemahan dalam struktur pendapatan pariwisata domestik. Sebagian besar tujuan wisata, hotel, resor, dan taman hiburan ditutup sementara," tertulis dalam laporan.

Perumahan

Bila dibandingkan dengan epidemi SARS tahun 2002-2003, wabah virus korona akan memiliki dampak yang lebih parah pada sektor properti. Menurut S&P Global, pertumbuhan penjualan di kota-kota tingkat ketiga dan keempat berpotensi tak pulih tahun ini.


"Ini karena penghentian permintaan dari pekerja migran, yang secara tradisional kembali ke kampung halaman mereka selama Festival Musim Semi, dan biasanya menggunakan periode tersebut untuk membeli properti,"

Sumber: okezone

Ini Industri China yang 'Terjangkit' Virus Korona

Ini Industri China yang 'Terjangkit' Virus Korona

Ini Industri China yang 'Terjangkit' Virus Korona

Ini Industri China yang 'Terjangkit' Virus Korona

Ini Industri China yang 'Terjangkit' Virus Korona

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya