0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ini 5 Tips Membuat Foto Bokeh yang Keren

Antvklik
Antvklik - Sun, 08 Dec 2019 11:16
Dilihat: 30

Saat Anda menekuni fotografi, pasti sering mendengar istilah bokeh. Kata yang mungkin asing bagi orang awam. Dalam dunia fotografi, bokeh berarti daerah atau area out of focus pada foto dimana area ini dihasilkan karena keterbatasan lensa sehingga cahaya yang masuk menjadi out of focus.

antvklik.com - Foto bokeh ini akan selalu Anda dambakan hampir pada setiap foto Anda. Berikut 5 tips untuk menghasilkan foto bokeh.

1. Atur Bukaan Kamera di Bukaan Rendah

Gunakan angka F kecil untuk memberi bukaan lebar dan membuang latar belakang foto anda dari fokus.

Saya menyarankan menggunakan F2.8 atau lebih rendah. Saya pribadi akan membidik di lubang yang cukup rendah, seperti F1.4 atau F2.0.

Jika anda hanya memiliki lensa kit yang di kamera Anda, Anda mungkin harus berinvestasi menggunakan lensa yang bukaan diafragmanya lebih rendah ini. Misalnya: Canon 50mm f / 1.8 atau 85mm f/1.8 adalah contoh yang terjangkau,

Lensa primes mungkin terbaik untuk bokeh karena bukaannya lebih rendah daripada lensa zoom, tetapi zoom juga akan bekerja dengan baik, terutama yang memiliki panjang fokus lebih panjang dan aperture tetap.

(Foto: ANTVKLIK-FathulBahri)

2. Pisahkan Subjek Anda dari Latar Belakang.

Cara kedua untuk mendapatkan lebih banyak blur latar belakang adalah dengan menempatkan jarak antara subjek dan latar belakang sebanyak mungkin.

Semakin jauh dari latar belakang mereka, semakin banyak latar belakang akan kabur. Jika subjek Anda berhadapan dengan tembok, anda tidak akan mendapatkan bokeh yang sesuai keinginan.

Jadi cobalah menarik subjek Anda agak jauh dari latar belakang, seperti pada gambar di bawah ini, untuk memaksimalkan kekaburan.

(Foto: ANTVKLIK-FathulBahri)

3. Foto Dekat dengan Subjek.

Hal lain yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan bokeh yang lebih baik adalah berdiri secara fisik lebih dekat dengan subjek Anda, karena kedalaman bidang akan jauh lebih dangkal dalam situasi ini.

Sekarang, Anda mungkin tidak selalu dapat melakukan ini tergantung pada bidikan yang Anda inginkan, tetapi hanya perlu diperhatikan bahwa headshot di mana Anda dekat dengan subjek Anda akan memiliki lebih kabur daripada bidikan seluruh tubuh, bahkan jika pengaturan Anda persis sama .

Satu kata peringatan - berhati-hatilah untuk tidak terlalu dekat dan tetap berada dalam jarak fokus minimum lensa Anda.

(Foto:ANTVKLIK-FathulBahri)

4. Gunakan Panjang Fokus yang Lebih Panjang.

Anda juga akan melihat kekaburan yang lebih dramatis menggunakan lensa 200mm daripada menggunakan lensa 50mm.

Jika Anda menggunakan zoom, perbesar semua jalan ke focal length terpanjang (tetapi waspada dari pada beberapa lensa zoom yang lebih murah kualitas gambar dapat drop di kisaran zoom tertinggi) atau memakai prime length yang lebih panjang.

Kekaburan diperbesar dengan lensa yang lebih panjang, membuatnya terlihat lebih tidak fokus (hal ini disebabkan oleh sesuatu yang disebut Lens Compression - meskipun tidak sering dibahas hal ini dapat membuat dampak besar pada bagaimana gambar akhir Anda)

Jadi, jika Anda memiliki pilihan lensa, pastikan Anda menggunakan lensa dengan jumlah focal length yang lebih tinggi. Gambar di bawah ini diambil dengan lensa 200mm, yang memang memberikan bokeh yang indah!

(Foto:ANTVKLIK-FathulBahri)

5. Pikirkan Latar Belakang Anda.

Untuk mendapatkan bokeh yang benar-benar menyenangkan dan cantik, lihat latar belakang yang akan buram.

Jika Anda memiliki latar belakang gelap tanpa titik cahaya, nada latar belakang akan memudar dan bergabung satu sama lain. Ini dapat dibuat lebih indah jika Anda memiliki rentang nada yang indah dalam gambar

Jika Anda memiliki cahaya di luar area fokus, ini akan terlihat sebagai lingkaran cahaya kecil. (Banyak orang berpikir bokeh hanya merujuk pada lingkaran cahaya ini tetapi itu tidak benar! Fotografer yang pertama kali menciptakan frase bokeh menggunakannya untuk berarti semua area gambar yang buram kabur dari gambar)

Jadi jika Anda ingin lingkaran cahaya, maka pastikan untuk memiliki titik cahaya di latar belakang! Semakin banyak titik cahaya semakin banyak lingkaran yang akan Anda miliki.

(Foto:ANTVKLIK-FathulBahri)


Poin lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa lensa dengan kualitas lebih tinggi akan menghasilkan lingkaran yang lebih halus, sementara dengan lensa entry level yang lebih banyak, Anda dapat melihat "bentuk" aperture. (*)

Sumber: Antvklik

Ini 5 Tips Membuat Foto Bokeh yang Keren

Ini 5 Tips Membuat Foto Bokeh yang Keren

Ini 5 Tips Membuat Foto Bokeh yang Keren

Ini 5 Tips Membuat Foto Bokeh yang Keren

Ini 5 Tips Membuat Foto Bokeh yang Keren

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya