0
Thumbs Up
Thumbs Down

Imigrasi Terapkan Aturan Telex Visa dan Sponsor bagi WNA

Nusabali
Nusabali - Wed, 15 Jul 2020 11:24
Dilihat: 41
Imigrasi Terapkan Aturan  Telex Visa dan Sponsor bagi WNA
Dalam surat edaran yang mulai diberlakukan pada Senin (13/7) tersebut, bagi warga negara asing (WNA) yang sudah ada di Pulau Dewata menggunakan visa kunjungan, tidak bisa melakukan perpanjangan visa. Sehingga, WNA yang sudah terlanjur berada di Bali disarankan melakukan pengurusan telex visa untuk mengantisipasi overstay.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali Jamaruli Manihuruk, menerangkan dalam SE tersebut disebutkan bahwa bagi WNA yang masuk ke Indonesia pada umumnya dan Bali khususnya, sudah tidak diberlakukan perpanjangan visa kunjungan. Untuk itu, Jamaruli Manihuruk mengharapkan, WNA yang sudah terlanjur berada di Bali disarankan segera melakukan pengajuan untuk mendapatkan layanan dari Direktorat Imigrasi agar bisa mendapat telex visa.

"Jadi dalam 30 hari ke depan, warga negara asing yang memegang visa kunjungan itu harus segera mengurus di website Direktorat Imigrasi atau langsung ke Jakarta. Setelah itu, mereka mengajukan, nanti warga negara asing itu datang dan mengurus lagi dokumen tersebut di tiga kantor Imigrasi yang ada di Bali untuk mengeluarkan telex visa," tutur Jamaruli Manihuruk saat memberikan keterangan pers di Kantor Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Bali, Jalan Raya Puputan, Denpasar, Selasa (14/7) siang.

Menurut Jamaruli Manihuruk, SE tersebut sudah diberlakukan pada Senin (13/7). Kemudian, dilakukan penghitungan 30 hari ke depan untuk semua WNA yang menggunakan visa kunjungan agar segera mengurus. Hal ini penting disampaikan karena jangan sampai di kemudian hari ada WNA yang terdampak atau terkena imbas dari SE terbaru itu. Pasalnya, bagi WNA yang belum mengurus telex visa melewati masa 30 hari ke depan, akan dikenakan tindakan administratif berupa denda overstay Rp 1.000.000 per hari.

"Kalau yang tidak mengurus, tentu akan dikategorikan overstay. Jadi, kita imbau bagi warga negara asing yang ada di Bali dan pemegang visa kunjungan, agar segera melakukan pengisian data dan mengajukan telex visa itu," harap Jamaruli Manihuruk.

Dari data yang dimilikinya, bahwa di Bali saat ini masih ada 7.000-an WNA. Dari total tersebut, 50 persen atau bahkan lebih masih menggunakan visa kunjungan. Terkait kriteria untuk dikeluarkan telex visa, dalam SE itu juga dicantumkan sejumlah aturan tambahan. Di mana, WNA yang hendak melakukan pengajuan telex visa harus menyertakan sponsor. Upaya ini, lanjut dia, juga digunakan oleh negara lain yang diberlakukan bagi WNI yang hendak ke luar negeri. "Untuk sponsor ini, bisa biro perjalanan wisata atau juga tempat hotel mereka menginap. Jadi, kalau tidak ada sponsor, tentu tidak bisa diproses," tutur Jamaruli Manihuruk seraya berharap WNA yang masuk dalam kategori bebas visa kunjungan ini untuk segera mengupdate sejumlah informasi yang disampaikan pihaknya. *dar
Sumber: Nusabali

Imigrasi Terapkan Aturan Telex Visa dan Sponsor bagi WNA

Imigrasi Terapkan Aturan Telex Visa dan Sponsor bagi WNA

Imigrasi Terapkan Aturan Telex Visa dan Sponsor bagi WNA

Imigrasi Terapkan Aturan Telex Visa dan Sponsor bagi WNA

Imigrasi Terapkan Aturan Telex Visa dan Sponsor bagi WNA

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya