0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ilmuwan Uji Coba Kumpulkan Tenaga Matahari Saat Malam Hari, Kok Bisa?

Republika Online
Republika Online - Sun, 22 May 2022 20:37
Dilihat: 73
Ilmuwan Uji Coba Kumpulkan Tenaga Matahari Saat Malam Hari, Kok Bisa?

JAKARTA -- Ilmuwan berupaya menghasilkan tenaga surya saat malam hari. Menurut sebuah studi baru, listrik tenaga surya di malam hari mungkin baru saja menjadi kenyataan berkat peralatan yang baru dikembangkan, yang menyerupai kacamata penglihatan malam.

Menurut para ilmuwan dari ARC Center of Excellence di Exciton Science dan University of New South Wales (UNSW Sydney), ini adalah sebuah tonggak penting dalam teknologi penangkapan termal telah tercapai. Para ilmuwan menciptakan perangkat yang menggunakan radiasi panas untuk menghasilkan listrik.

Ketika sinar matahari menyinari kerak bumi, kerak bumi menyerap panas dari radiasi matahari. Namun, ketika malam tiba, semua energi matahari yang berpotensi berharga itu terlepas ke luar angkasa. Penulis penelitian kini telah berhasil menguji teknologi baru yang mengubah panas inframerah menjadi tenaga listrik.

Para peneliti menggunakan perangkat pembangkit listrik yang dijuluki dioda termo-radiatif selama pengembangan. Ini sebanding dengan teknologi dalam kacamata penglihatan malam.

"Pada akhir abad ke-18 dan awal abad ke-19 ditemukan bahwa efisiensi mesin uap bergantung pada perbedaan suhu di seluruh mesin, dan bidang termodinamika lahir," kata pemimpin penelitian Exciton Science Associate Investigator Nicholas Ekins-Daukes.

"Prinsip yang sama berlaku untuk tenaga surya, matahari menyediakan sumber panas dan panel surya yang relatif dingin di permukaan bumi menyediakan penyerap dingin. Ini memungkinkan listrik untuk diproduksi," jelasnya, dilansir dari Study Find.

"Namun, ketika kita berpikir tentang emisi infra merah dari Bumi ke luar angkasa, sekarang Bumi adalah benda yang relatif hangat, dengan ruang hampa yang sangat dingin," lanjutnya.

"Dengan prinsip termodinamika yang sama, dimungkinkan untuk menghasilkan listrik dari perbedaan suhu ini juga: emisi cahaya inframerah ke luar angkasa," tambahnya.

Kekuatan macam apa yang bisa dihasilkan para ilmuwan?

Peneliti pertama yang menyelidiki kemungkinan teoritis dari perangkat semacam itu adalah Rune Strandberg, seorang ilmuwan Norwegia. Ilmuwan Universitas Stanford saat ini sedang melakukan studi mereka sendiri tentang potensi menangkap energi panas di malam hari.

Yang pasti, tes sukses tim hanya menghasilkan jumlah energi yang sangat kecil (sekitar 0,001 persen dari sel surya). Pada titik ini, satu-satunya hal yang penting adalah perangkat berfungsi.

"Kami biasanya menganggap pancaran cahaya sebagai sesuatu yang menghabiskan daya, tetapi dalam inframerah-tengah, di mana kita semua bersinar dengan energi pancaran, kami telah menunjukkan bahwa adalah mungkin untuk mengekstraksi daya listrik," Nicholas menyimpulkan.

"Kami belum memiliki bahan ajaib yang akan membuat dioda termoradiatif menjadi kenyataan sehari-hari, tetapi kami membuat bukti prinsip dan ingin melihat seberapa banyak kami dapat meningkatkan hasil ini di tahun-tahun mendatang," jelasnya.

Penelitian ini diterbitkan dalam jurnal ACS Photonics.


Berita Terkait
  • PLN Catat Kenaikan Penjualan Listrik 8,62 Persen
  • Rusia Tangguhkan Pasokan Listrik ke Finlandia
  • PLN Jatim Proyeksikan Pertumbuhan Pelanggan Baru Capai 6 Persen
Berita Lainnya
  • Solihin Kalla Berbagi Resep Sukses Menjadi Pemimpin Perusahaan
  • Apakah Selalu Dibayar Qadha Orang meninggal dengan Utang Puasa?

Ilmuwan Uji Coba Kumpulkan Tenaga Matahari Saat Malam Hari, Kok Bisa?

Ilmuwan Uji Coba Kumpulkan Tenaga Matahari Saat Malam Hari, Kok Bisa?

Ilmuwan Uji Coba Kumpulkan Tenaga Matahari Saat Malam Hari, Kok Bisa?

Ilmuwan Uji Coba Kumpulkan Tenaga Matahari Saat Malam Hari, Kok Bisa?

Ilmuwan Uji Coba Kumpulkan Tenaga Matahari Saat Malam Hari, Kok Bisa?

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya