0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

Republika Online
Republika Online - Mon, 03 Aug 2020 22:15
Dilihat: 62
Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

WASHINGTON -- Ada banyak hewan memerlukan bantuan konservasi, misalnya panda, koala, paus atau gurita. Tetapi tim ilmuwan meminta manusia untuk tidak melupakan satu kelompok, yakni parasit.

Tim mengatakan parasit melakukan peran ekologis yang sangat signifikan. Parasit mempengaruhi kelangsungan hidup dan reproduksi banyak spesies inang, serta membentuk mata rantai vital di seluruh rantai makanan.

"Parasit adalah kelompok spesies yang sangat beragam, tetapi sebagai masyarakat, kami tidak mengakui keanekaragaman hayati ini sebagai sesuatu yang berharga," kata ahli ekologi Chelsea Wood dari University of Washington, seperti yang dilansir dari Science Alert, Senin (3/8).

"Maksud dari makalah ini adalah untuk menekankan kita kehilangan parasit dan fungsi mereka tanpa menyadarinya," ujarnya lagi.

Makalah ini adalah bagian dari seluruh edisi jurnal Biological Conservation yang ditujukan untuk konservasi parasit. Ada sebuah artikel tentang bagaimana upaya untuk menyelamatkan spesies inang parasit masih terbilang mengancam parasit, karena perbedaan dalam penangkaran dan bagaimana manusia menilai status konservasi parasit.

Fokus makalah tim Wood adalah pada bagaimana membuat rencana konservasi parasit global. Kelompok kerja mereka mengidentifikasi 12 tujuan untuk dekade berikutnya yang dapat memajukan konservasi keanekaragaman hayati parasit melalui campuran ambisi penelitian, advokasi dan manajemen.

Seperti yang dijelaskan tim, hewan yang lucu atau karimastik mendapatkan sebagian besar dana ketika datang ke konservasi dan mereka hanya mengidentifikasi sekitar 10 persen dari parasit. Hal itu adalah masalah.

Seorang ahli biologi di Universitas Georgetown, co lead-author Colin Carlson mengatakan jika spesies tidak memiliki nama, tim tidak bisa menyelamatkan mereka.

"Kami telah menerimanya selama beberapa dekade tentang sebagian besar hewan dan tumbuhan, tetapi para ilmuwan hanya menemukan sebagian kecil dari semua parasit di planet ini," kata Carlson.

Tim peneliti dari AS, Spanyol dan Australia telah mengidentifikasi 12 tujuan untuk dekade berikutnya yang membantu menjaga parasit tetap ada untuk generasi yang akan datang. Dalam semangat tantangan itu, tim mengusulkan tujuan akhir yakni mendeskripsikan setengah dari keanekaragaman parasit di Bumi.

Sebagai catatan, tim tidak berfokus pada parasit hewan pada manusia atau hewan peliharaan. Tetapi itu tidak berarti para peneliti tidak mengharapkan reaksi, terutama dari sudut biologi parasit.

Menggambarkan 50 persen keanekaragaman hayati parasit sepenuhnya, seperti semua tujuan lain yang diidentifikasi di sini, dapat dianggap terlalu ambisius dan prioritas terlalu rendah mengingat banyak sektor di mana sumber daya untuk memerangi perubahan global biologi sudah jarang.


"Perubahan iklim, penyakit yang muncul dan kepunahan massal sudah merupakan krisis monumental yang sangat membutuhkan lebih banyak personel dan pendanaan. Namun, kami percaya semua bukti ilmiah yang ada menunjukkan mengabaikan dunia parasit yang tersembunyi akan menghasilkan hasil yang tak terduga, yang lebih buruk," tulis tim.

Berita Terkait
  • Usai Liburan, Kulit Pelancong Ini Ditinggali Cacing
  • Parasit Terancam Punah Gara-Gara Perubahan Iklim
  • Obama Jadi Nama Parasit
Berita Lainnya
  • Polisi Malaysia: Kami Menangkap Djoko Tjandra
  • Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

Ilmuwan: Parasit Lakukan Peran Ekologis Signifikan

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya