0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup

BisnisWisata
BisnisWisata - Tue, 25 Jun 2019 02:57
Dilihat: 62
Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup

TOBELO MALUKU UTARA, Bandara Gamarmalamo Galela, Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) masih ditutup sementara untuk aktivitas penerbangan. Penutupan tersebut akibat erupsi gunung Dukono yang menyemburkan abu vulkanik. Jadwal penerbangan pada Jumat dan Ahad sempat ditunda penerbangannya, bahkan hingga Selasa (25/6) belum dibuka.

"Bandara Gamarmalamo belum beroperasi, karena abu vulkanik Gunung Dokuno sangat membahayakan aktivitas penerbangan," kata Kepala Bandara Gamarmalamo Galela, Ahmad Saifudin di Ternate, Selasa (25/6/2019).

Dilanjutkan, keputusan untuk menutup bandara karena abu vulkanik masih terdeteksi. Sampai saat ini belum di ketahui pasti kapan bandara akan kembali dibuka. Penutupan ini juga guna menjamin keselamatan penumpang rute Galela- Manado dan sebaliknya.

Kepala Pos Pengamatan Gunung Api Dukono Iwan Amat ketika di konfirmasi mengatakan, hingga Senin sore sekitar pukul 15.45 WIT Gunung Dukonomasih mengeluarkan asap disertai abu vulkanik yang mengarah ke Utara (Desa Luari, Mamuya), Timur (Wari, Tobelo dan sekitarnya, UPA dan WKO),

Selain itu Timur Laut (Ruko, Mede, Popilo, Gorua) dan Barat Laut (Galela/Soasio dan sekitarnya, Soakonora dan sekitarnya, Dokulamo/Bandara Gamarmalamo Galela) dengan tinggi debu 500 meter.

"Kesimpulan tingkat aktifitas Gunung Dukono waspada level II, sehingga kami juga mengeluarkan rekomendasi PVMBG agar tidak ada aktifitas masyarakat/pengunjung dalam radius 2 km dari Kawah Malumpang Warirang," katanya seperti dilansir laman Antara.

Pada 8 Agustus 2016, Bandara Gamarmalamo Galela ini ditutup akibat hujan debu abu vulkanik Gunung Dokuno. "Kalau masih hujan abu vulkanik maka bisa diperpanjang penutupannya, tergantung situasi," ujarnya.

Bandara Gamarmalamo Galela didarati oleh pesawat Wings Air yang membuka rute penerbangan Manado-Galela dan sebaliknya dengan jadwal keberangkatan satu minggu empat kali, yaitu pada Selasa, Kamis, Sabtu dan Minggu.

Gunung Dukono di Halmahera Utara mengeluarkan abu vulkanik setinggi 600-900 meter dari kawah, Senin pukul 13.00 WIT dengan aktivitas gempa tremor. (NDY)


The post Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup appeared first on Portal Berita Bisnis Wisata.

Sumber: BisnisWisata

Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup

Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup

Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup

Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup

Hingga Selasa, Bandara Gamarmalamo masih Ditutup

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya