0
Thumbs Up
Thumbs Down

Hari Tanpa Tembakau, Yuk Kenali 4 Fakta Seputar Rokok

okezone
okezone - Sun, 31 May 2020 15:24
Dilihat: 180
Hari Tanpa Tembakau, Yuk Kenali 4 Fakta Seputar Rokok

MESKIPUN kini ruang untuk para perokok sudah dipersempit, tapi pada kenyataannya masih banyak orang merokok sembarangan. Tak jarang, mereka juga merokok sambil mengendarai motor, meskipun jelas-jelas sudah ada larangannya.

Memang, kurangnya kesadaran masyarakat terhadap bahaya merokok menjadi salah satu faktor yang membuat kebiasaan tersebut sulit dihilangkan. Ditambah lagi mitos-mitos seputar tembakau atau rokok yang sudah berkembang luas di berbagai lapisan masyarakat.

Nah, dalam rangka memperingati Hari Tanpa Tembakau Sedunia, Okezone merangkum 4 fakta dan mitos seputar tembakau yang wajib Anda ketahui, sebagaimana disarikan dari data resmi yang dikeluarkan oleh TCSC-IAKMI.

Lebih Bahaya Mana, Asap mobil atau Rokok?

Secara umum hal itu ada benarnya, namun perlu diingat bahwa asap knalpot mobil segera menyebar di udara terbuka sementara asap rokok sepenuhnya masuk ke paru-paru, baik paru-paru si perokok maupung orang di sekitarnya.

Selain itu, asap rokok juga diklaim mengandung 4.000 bahan kimia berbahaya yang tidak terdapat pada asap mobil, 69 di antaranya masuk dalam kategori karsinogenik. Ditambah lagi, asap rokok menganduk zat-zat racun lainnya yang tidak ada pada asap mobil seperti nikotin, arsen, ammonia, dan sebagainya.

Rokok tak meningkatkan konsentrasi

Menurut mitos, merokok menimbulkan ketenangan pikiran dan meningkatkan daya konsentrasi. Faktanya, bagi perokok pemula, merokok dapat memicu rasa mual, pusing, batuk-batuk, dan mulut terasa tidak enak. Pada saat yang sama, nikotin telah mulai menyerang otaknya dan secara berangsung akan mengulangi kegiatan tersebut dan berujung pada kecanduan.

Pada tahap kecanduan inilah seseorang akan merasa gelisah, berkeringat, dan mulut terasa tidak enak kalau belum merokok. Sebetulnya mirip dengan orang yang kecanduan narkoba.

Mereka akan merasa gelisah, mengeluarkan keringat dingin, perut merasa sakit, hingga ia mendapatkan narkoba. Jadi merokok memang bisa menenangkan pada orang yang sudah kecanduan, tetapi ketenangan itu adalah ketenangan yang semu.

Indonesia adalah negara pengekspor tembakau

Negara kita memang mengekspor tembakau terutama tembakau untuk cerutu, tetapi untuk kebutuhan pembuatan rokok dalam negeri, Indonesia juga mengimpor tembakau. Berdasarkan data Ditjen Pertanian tahun 2005, nilai impor tembakau kita lebih besar daripada ekspornya sehingga Indonesia merugi hingga USD35 juta per tahun.


Indonesia diketahui mengimpor tembakau dari berbagai negara seperti Amerika, China, dan bahkan Singapura yang notabennya tidak memiliki lahan pertanian tembakau.

Sumber: okezone

Hari Tanpa Tembakau, Yuk Kenali 4 Fakta Seputar Rokok

Hari Tanpa Tembakau, Yuk Kenali 4 Fakta Seputar Rokok

Hari Tanpa Tembakau, Yuk Kenali 4 Fakta Seputar Rokok

Hari Tanpa Tembakau, Yuk Kenali 4 Fakta Seputar Rokok

Hari Tanpa Tembakau, Yuk Kenali 4 Fakta Seputar Rokok

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya