0
Thumbs Up
Thumbs Down

GrabExpress Luncurkan Fitur Permudah Pengusaha UMKM

Republika Online
Republika Online - Thu, 05 Dec 2019 17:37
Dilihat: 63
GrabExpress Luncurkan Fitur Permudah Pengusaha UMKM

SURABAYA -- Grab Indonesia melalui GrabExpress berupaya mendorong peningkatan penjualan produk UMKM di wilayah Surabaya. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meluncurkan lima fitur baru pada GrabExpress, yang dirasa mampu mempercepat pertumbuhan bisnis wirausahawan mikro di Kota Pahlawan.

"UMKM harus didorong dengan teknologi yang tepat untuk menunjang pertumbuhan tersebut," ujar Head of GrabExpress, Grab Indonesia, Tyas Widyastuti, di Surabaya, Kamis (5/12).

Fitur baru yang diluncurkan di antaranya adalah fitur yang menyediakan bukti pengiriman dan pelacakan langsung. Dengan fitur ini, pengirim dan pelanggan dapat memantau proses pengiriman dengan masuk ke tautan yang otomatis akan dikirimkan ke aplikasi Grab pada saat proses pengantaran.

"Selain itu, pengguna juga akan mendapat bukti pengiriman barang melalui foto yang akan diambil oleh kurir pada saat pengambilan dan pengiriman barang," ujar Tyas.

Fitur selanjutnya adalah layanan paket hemat. Dimana para pelanggan GrabExpress dapat memanfaatkan langganan paket hemat (Subscription) untuk menikmati harga pengiriman yang lebih hemat. Fitur ini tersedia di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Makassar, Medan, Bali, Semarang, Manado, Palembang, Yogyakarta, dan Lampung.

Fitur ketiga adalah GrabExpress Car. Layanan ini mampu mengirimkan barang dengan kapasitas besar, yakni hingga 150 kilohram, dalam sekali pemesanan yang didukung dengan armada GrabCar. Layanan ini memungkinkan pelanggan untuk mengirim barang lebih banyak.

Selanjutnya ada fitur nalangin. Fitur terbaru dalam layanan GrabExpress imi menghadirkan pilihan sistem Cash on Delivery (COD) untuk semua pengguna di Bandung, Surabaya, Semarang, dan Makassar. Artinya, wirausahawan mikro di kota dimaksud, bisa mengirimkan produknya ke pembeli dengan biaya pembelian produk yang ditanggung lebih dulu oleh mitra pengemudi.

Terakhir, fitur pemesanan via web. Lewat fitur ini, pengguna dapat memesan layanan GrabExpress instan, via portal web booking GrabExpress. Pelanggan juga dapat membuat pemesanan dalam jumlah banyak sekaligus, mengunduh laporan, hingga memberi akses ke karyawannya untuk memesan pengiriman dengan akun yang sama.

"Kami memang berkomitmen menghadirkan layanan yang bisa menjadi pendorong pertumbuhan bisnis pelaku UMKM di Indonesia. Terutama mengingat jumlah UMKM di Tanah Air sangat banyak," kata Tyas.

Tyas kemudian mengungkapkan dipilihnya Surabaya sebagai salah satu kota yang bisa menikmati kelima fitur baru tersebut. Tyas menerangkan, berdasarkan data riset yang dilakukan Center for Strategic and International Studies (CSIS), selama 2018 Grab telah berkontribusi sebesar Rp8,9 triliun pada perekonomian kota Surabaya.


Riset tersebut juga mengungkapkan, mitra GrabFood di Surabaya, yang rata-rata merupakan pelaku bisnis UMKM, memperoleh peningkatan penjualan sebesar 34 persen menjadi sekitar Rp 1,73 juta per hari. Padahal, sebelum bermitra dengan Grab, penjualan rata-ratanya hanya Rp 1,3 juta per hari.

Berita Terkait
    Berita Lainnya
    • Klopp Sanjung Penampilan Pemain Pelapis Liverpool
    • Instagram Perketat Pendaftaran dengan Tanggal Lahir

    GrabExpress Luncurkan Fitur Permudah Pengusaha UMKM

    GrabExpress Luncurkan Fitur Permudah Pengusaha UMKM

    GrabExpress Luncurkan Fitur Permudah Pengusaha UMKM

    GrabExpress Luncurkan Fitur Permudah Pengusaha UMKM

    GrabExpress Luncurkan Fitur Permudah Pengusaha UMKM

      
    PARTNER KAMI
    JPNN
    Republika Online
    LIPUTAN6
    okezone
    BBC
    bintang
    bola
    inilahcom
    Antvklik
    rumah123
    Rumah
    Love Indonesia
    CENTROONE
    wartaekonomi
    Voice of America
    Popular
    Gocekan
    Teqnoforia
    Angelsontrip
    Makanyuks
    telsetNews
    BisnisWisata
    Jakarta Kita
    Indonesia Raya News
    RajaMobil
    Mobil123
    Otospirit
    MakeMac
    Indotelko
    Inditourist
    TEKNOSAINS
    MotorExpertz
    Mobil WOW
    Oto
    Kpop Chart
    salamkorea
    slidegossip
    Hotabis
    INFOJAMBI
    Japanese STATION
    SeleBuzz
    Cintamobil
    Football5star
    Citra Indonesia
    OTORAI
    Sehatly
    Hetanews
    Inikata
    Nusabali
    Garduoto
    Beritakalimantan
    batampos
    covesia
    carmudi
    idnation
    inipasti
    teknorush
    winnetnews
    mediaapakabar
    carvaganza
    mediakepri
    kabarsurabaya