0
Thumbs Up
Thumbs Down

GoTo Financial dukung adanya layanan pembayaran inklusif

Indotelko
Indotelko - Fri, 23 Sep 2022 09:06
Dilihat: 48
GoTo Financial dukung adanya layanan pembayaran inklusif

JAKARTA (IndoTelko) - GoTo Financial, bisnis teknologi finansial dari Grup GoTo, berbicara pada forum global untuk teknologi keuangan MoneyLive di Singapura (13/9) untuk menekankan komitmennya dalam menyediakan layanan keuangan yang inklusif.

Peran ini diwujudkan melalui layanan pembayaran dan solusi bisnis yang komprehensif serta program edukasi untuk UMKM dan masyarakat secara umum. Diwakili oleh Head of Merchant Payment GoTo Financial Pratyush Prasanna dan Head of GoPay Global Partnership & Business Development GoTo Financial Vrutika Mody, GoTo Financial mengangkat pergeseran tren belanja konsumen yang beralih signifikan ke digital sejak pandemi, yang diikuti juga oleh pelaku usaha yang dulunya offline kini juga beralih ke online.

Pasca penggabungan Gojek dan Tokopedia pada tahun 2021, GoTo Financial lahir sebagai bisnis teknologi keuangan dari grup GoTo. Tak hanya terdiri dari GoPay dan GoPayLater yang telah menjadi layanan pembayaran dan jasa keuangan konsumen terdepan di Indonesia, GoTo Financial juga tawarkan ragam solusi bisnis yang holistik untuk mitra usaha dari tiap skala bisnis, seperti GoBiz, GoBiz PLUS, Midtrans, Moka, GoStore, GoKasir, Selly, dan GoModal.

Head of Merchant Payment GoTo Financial Pratyush Prasanna mengatakan bahwa konsumen dan pelaku usaha tidak hanya mengharapkan layanan pembayaran yang memproses pembayaran semata, tapi juga terintegrasi secara ekosistem dengan layanan bisnis lainnya. "Di balik pembayaran di sisi konsumen yang cepat, mudah, dan aman, ada sebuah sistem pembayaran di sisi mitra usaha yang memastikan proses transaksi jual beli dapat berlangsung lancar. Sebagai payment gateway bagian dari GoTo Financial, Midtrans menyediakan layanan pembayaran digital untuk berbagai jenis pelaku usaha, mulai dari platform online ternama hingga pedagang kaki lima. Ini sejalan dengan komitmen GoTo Financial yang terus memantapkan langkah untuk membuka akses keuangan serta peluang bisnis bagi pengguna dan pelaku usaha dari berbagai lapisan masyarakat," katanya.

Konsumen ingin melakukan pembayaran dengan cepat dan proses check out yang efisien. Berbagai rintangan yang ada di halaman pembayaran, termasuk metode pembayaran yang tidak kompatibel, membuat konsumen cenderung menangguhkan pembelanjaan. Oleh karenanya, merchant yang menampilkan informasi lengkap dengan langkah-langkah yang singkat di halaman pembayaran dapat cenderung mempercepat proses check out bagi konsumen.

Merchant membutuhkan layanan pembayaran yang dapat diandalkan, mengingat tingginya frekuensi konsumen bertransaksi secara digital di Indonesia. Beberapa merchant seperti e-commerce yang mempunyai volume penjualan yang tinggi, memiliki kebutuhan untuk memproses transaksi dalam hitungan detik.

Merchant dan konsumen membutuhkan sistem pembayaran yang aman serta bebas fraud. Dengan menggunakan provider payment gateway yang tepat, para pelaku usaha bisa memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kemudahan dalam bertransaksi, sekaligus mengurangi risiko transaksi mencurigakan.

Sebagai payment gateway yang terdaftar dan diawasi oleh Bank Indonesia, Midtrans terus menjadi yang terdepan di Indonesia yang tak hanya hadirkan metode pembayaran yang komprehensif, namun juga dapat diandalkan untuk menjawab kebutuhan pelaku usaha dan juga konsumen.

Di sisi lain, GoPay sebagai dompet digital paling komprehensif telah berevolusi jauh dari hanya layanan pembayaran nontunai hingga kini menjadi platform manajemen keuangan yang fundamental bagi para pengguna, baik itu masyarakat umum maupun pengusaha.

Dalam diskusi panel di acara yang sama, Head of GoPay Global Partnership & Business Development GoTo Financial Vrutika Mody, turut menambahkan bahwa GoTo Financial melalui GoPay turut berperan dalam memperkenalkan masyarakat Indonesia ke sistem keuangan formal.

"Sebagai ekosistem digital terbesar di Indonesia, GoTo melalui GoTo Financial membantu masyarakat mendapatkan pengalaman terbaik dalam siklus pengelolaan uang, mulai dari melakukan perencanaan keuangan, mengelola pengeluaran, menabung hingga mendapatkan pendapatan. Peran krusial dalam mendorong terjadinya inklusi keuangan ini hanya dapat terjadi karena posisi GoPay yang terpercaya dan juga terdepan menjadi bagian dari keseharian masyarakat Indonesia, apapun profesi mereka, dan di manapun mereka berada," katanya.

Vrutika menambahkan seiring peran fintech yang menjadi pelekat ekosistem GoTo, GoTo Financial terus hadir menjadi pelengkap keseharian masyarakat dan memungkinkan semua lapisan usaha di Indonesia, dari perusahaan besar hingga pedagang kaki lima serta penjual online di media sosial, untuk mengakses segudang layanan yang memudahkan mereka untuk mengelola dan mengembangkan bisnis.

Melekatnya GoTo Financial sebagai bagian dari keseharian masyarakat ini tercermin dari penggunaan GoPay dan solusi lainnya yang masif digunakan masyarakat untuk memenuhi berbagai kebutuhan mulai dari berbelanja, membayar tagihan, hingga investasi, berdonasi, dan banyak lainnya. GoPay juga menggunakan solusi non-teknologi untuk mendorong masyarakat lebih cakap mengelola keuangan dan menggunakan platform digital yang dapat membantu kebutuhan finansial dan bisnis mereka.

Vrutika menambahkan "Penetrasi GoPay dan layanan GoTo Financial lainnya juga terus meningkat seiring posisi GoTo sebagai satu-satunya ekosistem di regional Asia Tenggara yang menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, dan fintech. Posisi ini juga didukung oleh semangat kami untuk berkolaborasi dan bermitra dengan berbagai pihak baik secara hyperlocal, nasional hingga global," katanya.

Data GoTo pada Agustus 2022 menunjukkan tingkat penetrasi pengguna GoPay pada Q2 2022 mencapai titik tertingginya, dan 52% dari pengguna ekosistem memanfaatkan GoPay sebagai salah satu metode pembayaran mereka di Tokopedia. GoTo Financial juga bekerjasama dengan Bank Jago dalam beberapa pengelolaan keuangan konsumen dan mitra usaha GoTo, mulai dari integrasi bersama GoPay untuk pembukaan rekening Bank Jago di aplikasi Gojek, fitur Jago Merchant dengan memudahkan mitra usaha GoTo di aplikasi GoBiz dapat memisahkan rekening usaha dan pribadi dengan menggunakan fitur Kantong Jago, dan banyak lainnya.(wn)


Read More...

Sumber: Indotelko

GoTo Financial dukung adanya layanan pembayaran inklusif

GoTo Financial dukung adanya layanan pembayaran inklusif

GoTo Financial dukung adanya layanan pembayaran inklusif

GoTo Financial dukung adanya layanan pembayaran inklusif

GoTo Financial dukung adanya layanan pembayaran inklusif

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya