0
Thumbs Up
Thumbs Down

Garuda Indonesia Putus Kontrak 700 Karyawan!

wartaekonomi
wartaekonomi - Tue, 27 Oct 2020 12:23
Dilihat: 29
Jakarta

Maskapai penerbangan pelat merah Garuda Indonesia memutus kontrak sekitar 700 pekerjanya. Pemutusan kontrak dilakukan setelah para pekerja itu dirumahkan tanpa gaji sejak Mei 2020 lalu.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, mengatakan, kebijakan putus kontrak tersebut bakal berlaku mulai 1 November 2020 mendatang.

Baca Juga: Garuda Indonesia Terapkan Kebijakan Stimulus Subsidi PJP2U

"Sehubungan dengan informasi mengenai pemutusan hubungan kerja yang dilakukan Garuda Indonesia terhadap sejumlah karyawan, perlu kiranya kami sampaikan bahwa pada dasarnya kebijakan yang diberlakukan adalah penyelesaian lebih awal masa kontrak kerja karyawan dengan status tenaga kerja kontrak," kata Irfan dalam keterangan tertulis, Selasa (27/10/2020).

Pemutusan kontrak pada ratusan karyawan tersebut diambil sebab maskapai telah lama terimbas turunnya permintaan layanan penerbangan karena adanya pandemi Covid-19. Meski begitu, Irfan memastikan pihaknya akan tetap memenuhi seluruh hak karyawan yang terdampak sesuai dengan peraturan yang berlaku, termasuk pembayaran di awal atas kewajiban perusahaan terhadap sisa masa kontrak karyawan.

"Kebijakan tersebut merupakan keputusan sulit yang terpaksa kami ambil setelah melakukan berbagai upaya penyelamatan untuk memastikan keberlangsungan perusahaan di tengah tantangan dampak pandemi Covid-19," katanya.

Irfan mengatakan, sejak awal kepentingan karyawan selalu menjadi prioritas utama yang selalu dikedepankan maskapainya. Ketika maskapai lain mulai mengimplementasikan kebijakan pengurangan karyawan, maskapai pelat merah tersebut masih terus berupaya mengoptimalkan langkah strategis guna memastikan perbaikan kinerja perusahaan demi kepentingan karyawan dan masa depan bisnis Garuda Indonesia.

"Namun demikian, pada titik ini, keputusan berat tersebut terpaksa harus kami tempuh di tengah situasi yang masih penuh dengan ketidakpastian ini. Kami turut menyampaikan rasa terima kasih kepada karyawan yang terdampak kebijakan ini atas dedikasi dan kontribusinya yang telah diberikan terhadap perusahaan hingga saat ini," katanya.

Irfan menuturkan, pandemi Covid-19 ini memberikan dampak jangka panjang terhadap kinerja perusahaan. Buktinya, sampai saat ini kondisi perusahaan belum juga menunjukkan perbaikan yang signifikan.

"Namun, kami yakini segala langkah dan upaya perbaikan yang terus akan kami lakukan ke depan dapat mendukung upaya pemulihan kinerja Garuda Indonesia agar dapat bertahan melewati krisis pada masa pandemi dan juga menjadi penguat fondasi bagi keberlangsungan perusahaan di masa yang akan datang," kata Irfan.

Penulis: ***

Editor: Puri Mei Setyaningrum


Foto: WE

Sumber: wartaekonomi

Garuda Indonesia Putus Kontrak 700 Karyawan!

Garuda Indonesia Putus Kontrak 700 Karyawan!

Garuda Indonesia Putus Kontrak 700 Karyawan!

Garuda Indonesia Putus Kontrak 700 Karyawan!

Garuda Indonesia Putus Kontrak 700 Karyawan!

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
harian pijar
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya