0
Thumbs Up
Thumbs Down

Festival 'Make Music Day' Bersama Anak-anak TPST Bantar Gebang Bekasi

Antvklik
Antvklik - Sat, 22 Jun 2019 21:01
Dilihat: 85
Festival 'Make Music Day' Bersama Anak-anak TPST Bantar Gebang BekasiSejumlah anak memainkan musik instrumen dari peralatan limbah sampah dalam Festival 'Make Music Day' di Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat, hari ini.

newsplus.antvklik.com - Festival 'Make Music Day' digelar serentak di 120 negara pada Sabtu (22/6/19) ini. Satu negara diantaranya adalah Indonesia, bertempat di kawasan Bantar Gebang Bekasi, Jawa Barat.

Dalam Festival 'Make Music Day' di Bantar Gebang Bekasi, tampil sejumlah anak memainkan musik instrumen. Peralatan musik yang mereka gunakan, bukanlah dibeli dari toko musik, melainkan mencari dan mengambilnya dari Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang.

Limbah sampah itu, beberapa diantaranya seperti galon plastik, botol kaca dan ember. Sebelum digunakan, tentunya terlebih dahulu dicuci bersih dengan menggunakan deterjen. Setelah bersih, baru dimainkan oleh anak-anak.

Pendiri Komunitas Biji-biji Bantar Gebang (BGBJ) Resa Boenard mengatakan selain mahir bermain musik instrumen dari limbah sampah, anak-anak juga pandai menari. Hal ini semua berkat peran seorang volunteer atau sukarelawan dari Amerika Serikat yang mengajari mereka.

Peralatan musik dari limbah sampah TPST Bantar Gebang Bekasi, Jawa Barat.[/caption]

"Festival musik ini memberi kesempatan bagi anak-anak di Bantar Gebang, untuk menampilkan musik yang mereka pelajari, musik kaleng rombeng, jadi musik yang instrumennya dari alat-alat yang mereka ambil di pembuangan sampah. Ada kuali, ember, galon, botol kaca. Botol diisi air setengah, lalu dibikin melodi dari situ" ujarnya.

Dijelaskan Resa, Festival 'Make Music Day' merupakan salah satu tujuan dari pelatihan yang telah mereka lakukan selama beberapa bulan terakhir ini, agar dapat memberikan motivasi kepada anak-anak, bisa tumbuh kembang dengan kepercayaan diri-mengejar mimpi menjadi kenyataan. Kesempatan tampil di festival ini bukan hanya dari sanggar BGBJ saja, namun peserta lain dari Jakarta, ikut berpartisipasi.

Ia menambahkan, festival 'Make Music Day' pertama kali dicanangkan di Perancis. Lalu program ini berkembang di 120 negara dunia. Untuk perhelatan di Indonesia, baru kali pertamanya. Tempatnya di rumah Komunitas Biji-biji Bantar Gebang (BGBJ) yang berada di antara pegunungan sampah TPST Bantar Gebang Bekasi, Jawa Barat. Kegiatan belajar mengajar musik kepada anak-anak para pemulung, dilakukan setiap hari minggu.

(Achmad Djunaidi | Bekasi | Jawa Barat)

Sumber: Antvklik

Festival 'Make Music Day' Bersama Anak-anak TPST Bantar Gebang Bekasi

Festival 'Make Music Day' Bersama Anak-anak TPST Bantar Gebang Bekasi

Festival 'Make Music Day' Bersama Anak-anak TPST Bantar Gebang Bekasi

Festival 'Make Music Day' Bersama Anak-anak TPST Bantar Gebang Bekasi

Festival 'Make Music Day' Bersama Anak-anak TPST Bantar Gebang Bekasi

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
inilahcom
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
MuterFilm
Rancahpost
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya