0
Thumbs Up
Thumbs Down

Fasilitas Asrama Haji Transit Sorong Setara Bintang Tiga

Republika Online
Republika Online - Tue, 18 Feb 2020 20:35
Dilihat: 21
Fasilitas Asrama Haji Transit Sorong Setara Bintang Tiga

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Papua Barat kini telah memiliki asrama haji transit yang berlokasi di Kota Sorong, Papua Barat. Asrama Haji Transit ini telah diresmikan pada Senin (17/2) oleh Dirjen PHU Nizar Ali.

"Terima kasih Alhamdulilah asrama haji transit Papua Barat selesai dan telah diresmikan," kata Kepala Kanwil Kemenag Papua Barat Sudirman Simanihuruk saat dihubungi Republika, Selasa (18/2).

Simanihuruk mengatakan, tujuan dibangunnya asrama haji transit Kota Sorong ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dalam proses pelaksanaan ibadah haji dan umrah supaya lebih terorganisir. Terutama dalam hal pelaksanaan pelatihan manasik.

"Di masa sekarang ini asrama haji bukan hanya diperuntukkan untuk pelayanan jamaah haji saja namun di luar jadwal operasional haji asrama haji dapat digunakan sebagai tempat kegiatan maupun penginapan terhadap masyarakat luas pemerintah daerah maupun swasta," ujarnya.

Pembangunan asrama haji transit Kota Sorong ini menggunakan dana yang bersumber dari dana Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) tahun 2019. Bangunan ini memiliki dua lantai yang terdiri dari lantai pertama lobi, kantor dan parkiran. Sementara, bangunan di lantai dua terdiri dari 11 kamar yang dua di antaranya kamar VIP dan sembilan kamar standar fasilitasnya setara dengan hotel bintang tiga dengan kapasitas empat orang.

Simanihuruk beharap, kedepannya Kementerian Agama melalui Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) dapat mengembangkan asrama haji transit Kota Sorong ini menjadi asrama haji antara. Sehingga semua proses administrasi jamaah haji bisa dilakukan di tempat ini.

"Asrama ini masih asrama haji transit dan masih jauh untuk memberikan fasilitas maksimal seperti halnya asrama haji antara," katanya.

Menurut dia, dengan kapasitas yang ada bahwa asrama ini transit ini masih jauh memenuhi standar untuk bisa menjadi asrama antara. Untuk itu Kemenag Papua Barat meminta kepada Direktur Jenderal PHU Nizar Ali saat meresmikan asrama haji transit untuk memberikan perhatian kepada Papua Barat. "Permintaan ini dalam rangka peningkatan pengembangan asrama transit di Provinsi Papua Barat ini," katanya.

Simanihuruk menuturkan, asrama haji transit untuk bisa menjadi asrama haji antara harus dapat menampung sekitar 450 jamaah atau satu kloter. Menurut dia, Papua Barat sudah laik memiliki asrama haji antara karena jamaah hajinya ada sekitar 700 orang. "Jadi asrama antara itu sudah bisa proses semua keperluan administrasi jamaah haji," katanya.

Jadi kata dia, jika Papua Barat telah memiliki asrama antara jamaah haji di seluruh kabupaten Papua Barat tinggal di terbangkan ke embarkasi di Makasar, dan jamaah juga tidak perlu menginap lagi di embarkasi untuk proses administrasi yang kurang.

"Itulah kelebihannya kalau asrama haji transit ini ditingkatkan menjadi asrama haji antara," katanya.


Berita Terkait
  • Sorong Kini Miliki Asrama Haji Transit
  • Kemenag akan Bangun Studio Visualisasi Manasik di Asrama
  • Kemenag Resmikan Asrama Haji Transit di Sorong
Berita Lainnya
  • Thailand Temukan Enam Kasus Baru Virus Corona
  • Arena Bermain di IBF 2020 Bisa Tampung 400 Anak

Fasilitas Asrama Haji Transit Sorong Setara Bintang Tiga

Fasilitas Asrama Haji Transit Sorong Setara Bintang Tiga

Fasilitas Asrama Haji Transit Sorong Setara Bintang Tiga

Fasilitas Asrama Haji Transit Sorong Setara Bintang Tiga

Fasilitas Asrama Haji Transit Sorong Setara Bintang Tiga

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya