0
Thumbs Up
Thumbs Down

Fantastis! Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp66 Miliar

Antvklik
Antvklik - Tue, 24 May 2022 23:48
Dilihat: 45

Gitar legendaris milik mendiang Kurt Cobain terjual hampir seharga US$5 juta atau setara Rp66 miliar setelah dilelang beberapa waktu lalu. Gitar elektrik Fender Mustang tahun 1969 ini kabarnya dibeli oleh seseorang bernama Jim Irsay.

antvklik.com - Gitar yang digunakan oleh vokalis band Nirvana dalam video klip lagunya yang berjudul "Smells Like Teen Spirit" ini dikabarkan telah resmi menjadi milik Jim Irsay, milyarder pemilik klub sepak bola Amerika, Indianapolis Colts yang tergabung di liga NFL (The National Football League).

Mulanya, gitar tersebut dilelang oleh Julien's Auctions dengan membuka di harga US$600 ribu atau setara Rp8,7 miliar.

Gitar Biru Legendaris yang digunakan Kurt Cobain di video klip "Smells Like Teen Spirit". (Foto: Instagram/webrockradio)

Cobain mengaku bahwa gitar kidal yang dimilikinya itu adalah salah satu gitar favoritnya.

"Saya kidal, dan itu tidak terlalu mudah untuk menemukan gitar kidal dengan harga terjangkau dan berkualitas tinggi. Tapi dari semua gitar di seluruh dunia, Fender Mustang adalah favorit saya," ungkap Cobain dalam wawancara terakhirnya dengan Guitar World, dilansir dari Variety, Selasa, 24 Mei 2022.

Selain pernah tampil dalam video klip "Smells Like Teen Spirit", gitar ini juga digunakan pada proses rekaman album "Nevermind" dan "In Utero". Selain itu, gitar biru ini turut menemani Nirvana di beberapa pertunjukan konsernya.

Foto: Instagram/alt_tive

Catatan sejarah yang dimiliki gitar legendaris ini dengan bangga ditampilkan di Seattle's Experience Music Project atau yang sekarang dikenal dengan nama MoPOP atau Museum of Pop Culture. Gitar ini kemudian dinobatkan menjadi salah satu koleksi gitar yang bergengsi.

Untuk mendukung Bulan Kesadaran Kesehatan Mental, pihak keluarga Cobain memutuskan untuk menyumbangkan sebagian dari hasil pelelangan gitar dan barang-barang Cobain lainnya ke Proyek "Kicking The Stigma", proyek inisiatif Irsay yang dicanangkan untuk meningkatkan kesadaran tentang gangguan kesehatan mental.

Pihak penyelenggara pelelangan, Julien's Auctions mengungkapkan bahwa suatu kehormatan besar bisa terlibat dalam sebuah pelelangan gitar legendaris yang paling signifikan secara budaya dan sejarah musik rock ini, terlebih hasil dari terjualnya gitar tersebut bisa bermanfaat bagi banyak orang.

"Lelang sekali seumur hidup ini telah menjadi salah satu hak istimewa terbesar dalam karir profesional saya dan saya sangat senang bahwa hasilnya juga akan membawa perhatian yang sangat dibutuhkan untuk kesadaran kesehatan mental," kata Darren Julien selaku CEO Julien's Auctions.

Potret Gitar Kurt Cobain saat pelelangan. (Foto: Variety)

Di sisi lain, Jim Irsay juga mengungkapkan rasa suka citanya karena bisa memenangkan pelelangan besar itu sekaligus bisa berpartisipasi dalam upaya pelestarian budaya di Amerika.

Dalam keterangannya, Jim Irsay, mengungkapkan, "Saya senang untuk melestarikan dan melindungi bagian lain dari budaya Amerika yang mengubah cara kita memandang dunia. Fakta bahwa sebagian dari hasil akan digunakan untuk upaya kami untuk menghilangkan stigma seputar kesehatan mental membuat akuisisi ini semakin istimewa bagi saya.:

Lagu "Smells Like Teen Spirit" yang booming tahun 1991 ini seolah menjadi penanda budaya dalam sejarah dengan menggemborkan era grunge alternatif tahun 90-an. Lagu itu kian menjadi salah satu lagu dan video musik paling ikonik sepanjang masa.

Tak heran jika gitar yang turut berperan dalam pembuatan salah satu musik paling fenomenal ini kemudian laku terjual dengan harga yang fantastis.

Sumber: Antvklik

Fantastis! Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp66 Miliar

Fantastis! Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp66 Miliar

Fantastis! Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp66 Miliar

Fantastis! Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp66 Miliar

Fantastis! Gitar Legendaris Kurt Cobain Terjual Rp66 Miliar

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya