0
Thumbs Up
Thumbs Down

Fakta Piala Dunia: 4 Tim Penjunjung Keadilan

Football5star
Football5star - Wed, 28 Sep 2022 12:22
Dilihat: 72

Football5Star.com, Indonesia - Estadio Nacional Mane Garrincha, Brasilia, 12 Juli 2014. Sebuah putusan menarik dibuat Louis van Gaal saat Belanda menghadapi Brasil pada perebutan tempat ketiga Piala Dunia 2014. Putusan itu membuat Oranje masuk catatan menarik fakta Piala Dunia.

Pertandingan tepat memasuki menit ke-3 injury time ketika Michel Vorm masuk ke lapangan sebagai pengganti Jasper Cillessen. Hanya 3 menit sebelumnya, Oranje menjadikan kedudukan 3-0 berkat gol Georginio Wijnaldum yang menyambar umpan Daryl Janmaat.

Getty Images

Putusan Van Gaal memasukkan Vorm membuat seluruh pemain yang masuk skuat Belanda bermain di Piala Dunia 2014. Sebelumnya, pada perempat final melawan Kosta Rika, Van Gaal juga membuat kejutan. Dia mengganti Jasper Cillessen dengan Tim Krul sesaat sebelum adu penalti.

Krul dan Vorm adalah 2 dari 5 pemain yang hanya 1 kali tampil bagi Oranje pada Piala Dunia 2014. Tiga pemain lainnya adalah Leroy Fer, Terence Kongolo, dan Paul Verhaegh. Dari ketiganya, Kongolo punya menit main terendah karena masuk menit ke-89 saat Belanda menang 2-0 atas Cile pada laga terakhir fase grup.

Pelopor dalam Catatan Fakta Piala Dunia
Getty Images

Belanda bukanlah tim pertama yang berlaku adil dengan memberi semua pemainnya kesempatan tampil di Piala Dunia. Catatan fakta Piala Dunia menunjukkan ada tiga tim lain dan pelopornya adalah Prancis di Piala Dunia 1978. Menariknya, ketiga tim itu sama-sama hanya bermain 3 kali karena tersisih pada fase grup.

Di Argentina 1978, pelatih Michel Hidalgo tercatat menurunkan 22 pemain dan hanya 2 orang tang bermain kurang dari 90 menit. Dominique Baratelli menggantikan Jean Paul Bertrand Demanes pada menit ke-58 laga melawan Argentina. Sementara itu, Claude Papi digantikan Michel Platini pada awal babak kedua laga melawan Hungaria.

Hal serupa diikuti Rusia dan Yunani pada gelaran Piala Dunia 1994. Pada laga pamungkas fase grup menghadapi Kamerun, Rusia menurunkan 5 pemain yang sebelumnya sama sekali belum tampil. Total, ada 6 pemain yang diberi kesempatan tampil di bawah 90 menit oleh pelatih Pavel Sadyrin.

Getty Images

Sementara itu, Yunani punya catatan mirip Prancis. Di AS 1994, hanya ada 2 pemain yang diturunkan kurang dari 90 menit oleh pelatih Alketas Panagoulias. Nikos Tsiantakis tampil 65 menit dalam laga menghadapi Argentina dan Nigeria. Sementara itu, Alexandros Alexoudis bermain 58 menit saat jadi starter melawan Bulgaria.


Satu hal yang menarik, pada 3 laga di Grup B, Panagoulias menurunkan 3 kiper berbeda. Pada laga pertama melawan Argentina, kiper yang bertugas adalah Antonios Minou. Berikutnya, giliran Elias Atmatsidis yang tampil saat menghadapi Bulgaria. Terakhir, Christos Karkamanis tampil pada laga terakhir melawan Nigeria.

Sumber: Football5star

Fakta Piala Dunia: 4 Tim Penjunjung Keadilan

Fakta Piala Dunia: 4 Tim Penjunjung Keadilan

Fakta Piala Dunia: 4 Tim Penjunjung Keadilan

Fakta Piala Dunia: 4 Tim Penjunjung Keadilan

Fakta Piala Dunia: 4 Tim Penjunjung Keadilan

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya