0
Thumbs Up
Thumbs Down

Fakta Menarik Laga Spanyol vs Jerman di Piala Dunia 2022

Football5star
Football5star - Mon, 28 Nov 2022 06:31
Dilihat: 94

Football5Star.com, Indonesia - Big match di Grup E Piala Dunia 2022, Spanyol vs Jerman, berakhir tanpa pemenang. Laga di Stadion Al Bayt itu berkesudahan dengan skor 1-1. La Furia Roja unggul terlebih dulu lewat Alvaro Morata, tapi Niclas Fuellkrug lantas menyelamatkan Die Mannschaft dari kekalahan.

Partai yang sangat krusial bagi Jerman setelah kalah 1-2 dari Jepang pada matchday I itu pun diwarnai beberapa catatan menarik nan penting. Berikut ini, Football5Star.com merangkum 5 fakta menarik yang tersaji pada laga Spanyol vs Jerman tersebut.

Spanyol Tetap Superior
Getty Images

Hasil imbang pada matchday II Grup E Piala Dunia 2022 membuat Spanyol tetap superior terhadap Jerman pada laga-laga di kompetisi resmi. Mereka kini tak kalah dalam 6 pertemuan dengan 3 kemenangan dan 3 hasil imbang di Piala Dunia, Piala Eropa, dan UEFA Nations League.

Kali terakhir Spanyol kalah dari Jerman pada laga resmi, bukan persahabatan, terjadi di Piala Eropa 1988. Kala itu, La Furia Roja kalah 0-2 dari Jerman Barat pada fase grup. Kedua gol tim asuhan Franz Beckenbauer saat itu diborong striker Rudi Voeller. Setelah itu, dalam 6 laga, Jerman tak lagi mampu mencetak lebih dari 1 gol.

Status Baru Alvaro Morata
Getty Images

Gol yang dicetak ke gawang Jerman di Stadion Al Bayt membuat Alvaro Morata mendapatkan status baru. Pasalnya, dia mencetak gol setelah masuk sebagai pemain pengganti. Dia baru masuk pada menit ke-54 menggantikan Ferran Torres. Dia kini menyandang status supersub di timnas Spanyol dengan 9 gol.

Gol pada laga Spanyol vs Jerman membuat Morata kini meninggalkan Fernando Morientes yang mencetak 8 gol sebagai pemain pengganti bagi La Furia Roja. Di belakang Morientes, ada Fernando Torres dan Juan Mata. Kedua pemain itu sama-sama mencetak 7 gol saat berstatus sebagai pemain pengganti.

Rekor Penampilan Manuel Neuer
Getty Images

Tampil pada laga Spanyol vs Jerman, Manuel Neuer kini mencatatkan 18 penampilan di Piala Dunia. Itu membuat dia menyamai rekor penampilan penjaga gawang di ajang akbar yang digelar FIFA tersebut. Sebelumnya, ada Claudio Andre Taffarel dan Sepp Maier yang melakukan hal tersebut.

Meskipun baru menyamai rekor penampilan Maier dan Taffarel, Neuer patut berbangga hati. Pasalnya, statistik kebobolannya lebih baik dari dua kiper legendaris tersebut. Dalam 18 laga di Piala Dunia, Neuer hanya kebobolan 13 gol. Sementara itu, Taffarel kebobolan 15 gol. Adapun Maier harus 18 kali memungut bola dari gawangnya.

Satu Tradisi Spanyol vs Jerman Berlanjut
Getty Images

Hasil imbang 1-1 laga Spanyol vs Jerman pada matchday II Grup E Piala Dunia 2022 meneruskan satu tradisi. Dalam 9 edisi terakhir pertemuan La Furia Roja dengan Die Mannschaft selalu tercipta gol. Kali terakhir laga berakhir 0-0 pada 22 Februari 1995 dalam sebuah laga persahabatan.

Menariknya, itulah satu-satunya laga yang berakhir 0-0 dalam 25 edisi pertemuan Spanyol vs Jerman sepanjang sejarah. Adapun skor imbang 1-1 adalah yang keenam. Skor itu terjadi untuk kali pertama pada pertemuan ke-3 pada 12 April 1942. Adapun yang terakhir sebelum di Al Bayt adalah pada 3 September 2020.

Tim Jerman Tertua dalam 2 Dekade
Getty Images

Susunan 11 pemain pertama yang diturunkan Hansi Flick pada laga Spanyol vs Jerman punya catatan tersendiri. Rerata umur 11 pemain tersebut 28 tahun 147 hari. Itu adalah starting XI tertua Die Mannschaft sejak final Piala Dunia 2002. Ketika itu, Rudi Voeller menurunkan 11 pemain pertama dengan rerata umur 28 tahun 166 hari.


Rerata umur starting XI Jerman saat melawan Spanyol sangat terpengaruh oleh keberadaan Manuel Neuer (36 tahun), Thomas Mueller (33 tahun), dan Ilkay Guendogan (32 tahun). Andai saja tak ada Jamal Musiala yang baru berumur 19 tahun, sangat mungkin rerata umur mereka melewati final Piala Dunia 2002.

Sumber: Football5star

Fakta Menarik Laga Spanyol vs Jerman di Piala Dunia 2022

Fakta Menarik Laga Spanyol vs Jerman di Piala Dunia 2022

Fakta Menarik Laga Spanyol vs Jerman di Piala Dunia 2022

Fakta Menarik Laga Spanyol vs Jerman di Piala Dunia 2022

Fakta Menarik Laga Spanyol vs Jerman di Piala Dunia 2022

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya