0
Thumbs Up
Thumbs Down

Ekonomi RI 8% Terancam Gagal

Nusabali
Nusabali - Sat, 19 Jun 2021 13:46
Dilihat: 48
Ekonomi RI 8% Terancam Gagal
Peneliti dari Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia, Yusuf Rendy Manilet menyebut kenaikan kasus COVID-19 sudah terjadi sejak akhir Mei hingga memasuki awal Juni. Jika itu terus berlanjut maka pertumbuhan ekonomi bisa meleset dari target.

"Kalau (peningkatan kasus COVID-19) seandainya terjadi berlarut-larut, kalau kita lihat juga kenaikan grafiknya cukup tajam, ini yang saya kira juga makin menguatkan bahwa target pertumbuhan ekonomi misalnya di kuartal kedua yang ditargetkan pemerintah itu berpotensi akan meleset dari targetnya," kata dia seperti dilansir detikcom, Jumat (18/6).

Bahkan, sebelum terjadi ledakan kasus COVID-19, pihaknya menganggap target pertumbuhan ekonomi 7-8% dari pemerintah terlalu ketinggian.

"Asumsi kami ketika itu lebih kepada beberapa data leading indicator itu memang belum kembali seperti sedia kala. Jadi kami memproyeksikan ketika itu memang pertumbuhan ekonomi di kuartal kedua khususnya akan berada di kisaran 4% sampai dengan 5%," lanjutnya.

Direktur Center of Economic and Law Studies (CELIOS) Bhima Yudhistira juga meragukan target pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa tercapai 8% pada kuartal II.

"Jangan muluk muluk mau 8%, itu namanya pepesan kosong ya harapan semu. Kasihan pengusaha sudah ikut proyeksi pertumbuhan tinggi, tapi masalah utama tahun ini ternyata masih soal kebijakan pemerintah yang kontradiksi. Tempat wisata dibuka terlalu dini, kerumunan akhirnya pasca Lebaran naik lagi kasus COVID-19-nya," jelasnya.

Bhima bahkan memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia hanya 2% pada tahun ini. Sementara pemerintah memperkirakan pertumbuhan ekonomi Indonesia berada di rentang 4,5-5,3% pada 2021. *
Sumber: Nusabali

Ekonomi RI 8% Terancam Gagal

Ekonomi RI 8% Terancam Gagal

Ekonomi RI 8% Terancam Gagal

Ekonomi RI 8% Terancam Gagal

Ekonomi RI 8% Terancam Gagal

  
PARTNER KAMI
JPNN
genpi
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
pijar
SeleBuzz
Mobilmo
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya