0
Thumbs Up
Thumbs Down

Dukung Program Citarum Harum, Jasa Tirta II Cegah Bencana

Republika Online
Republika Online - Mon, 24 Feb 2020 00:10
Dilihat: 125
Dukung Program Citarum Harum, Jasa Tirta II Cegah Bencana

KABUPATEN BANDUNG - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat Letjen Doni Monardo bersama Wakil Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia TB H Ace Hasan Syadzily meninjau secara langsung kondisi pembibitan dan Situ Cisanti sebagai mata air Sungai Citarum di Desa Tarumajaya, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Sabtu (22/2).

"Kelestarian Situ Cisanti menjadi hal yang vital bagi Sungai Citarum. Karena itu Jasa Tirta II sebagai salah satu BUMN yang memiliki otoritas dalam hal ini secara rutin melakukan pemeliharaan di situ tersebut," kata Direktur Utama Jasa Tirta II, U Saefudin Noer, dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Menurut TB H Ace Hasan Syadzily, kunjungan ke hulu Sungai Citarum ini merupakan salah satu bentuk pencegahan bencana dengan memperhatikan kondisi hulu sungai.

"Kami Komisi VIII DPR RI sedang merevisi Undang-Undang penanggulangan bencana. Salah satu poin penting bagaimana melibatkan semua komponen masyarakat seperti TNI-Polri, Pemerintah pusat dan daerah, BUMN, pabrik dan masyarakat bisa bersinergi untuk melakukan pencegahan bencana salah satunya dengan memelihara hulu sungai,"ucap Hasan Syadzily.

Ia menambahkan, manajemen pengendalian bencana akan bisa dilakukan dengan upaya pencegahan yang dilakukan sebaik-baiknya. Daerah-daerah kritis bencana seperti hulu Sungai Citarum bukan hanya berakibat kepada Kabupaten Bandung saja, tetapi sampai ke Jakarta.

Sungai citarum ini menjadi sumber mata air di Indonesia. Maka dari itu penyelesaian penanggulangan bencana harus dilakukan dari level pencegahan dengan mengidentifikasi daerah-daerah yang memang menjadi sumber dari terjadinya bencana tersebut.

Dalam kunjungan kerjanya ke Situ Cisanti, Kepala BNPB Pusat dan Komisi VIII DPR RI didampingi oleh Saefudin Noer, Kasdam III Siliwangi, Brigjen Dwi Jati; Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jabar, Eddy Iskandar Muda Nasution, dan Ketua Harian Satgas Citarum, Harum Dedi Kusnadi Thamim.

"Salah satu bentuk pencegahan bencana yg dilakukan Jasa Tirta II adalah dengan memelihara kebersihan di Situ Cisanti agar senantiasa terjaga dan asri serta dapat terus mengaliri Sungai Citarum," ucap Saefudin Noer.

Ia menambahkan, Jasa Tirta II bukan hanya membersihkan situ Cisanti, tetapi juga bersinergi menjaga kawasan resapan air bersama Perhutani dan PTPN VIII serta gotong royong dengan masyarakat.

Banjir yang kerap kali meluap dari Sungai Citarum, salah satunya akibat daerah resapan air yang berkurang.

"Selain operasi dan pemeliharaan wilayah sungai Citarum dan sebagian Ciliwung- Cisadane, Jasa Tirta II secara aktif melakukan gerakan konservasi. Pada tahun 2020 ini, bersama Satgas Citarum Harum , Jasa Tirta II akan melakukan penanaman 1 juta bibit pohon di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Citarum untuk menambah resapan air,"kata Saefudin Noer.

Tak hanya itu, Jasa Tirta II juga memiliki program konservasi seperti penanaman pohon, program biogas berbasis pemberdayaan masyarakat, penataan sungai-sungai mati (oxbow) dan kegiatan operasi dan pemeliharan di DAS Citarum yang termasuk wilayah kerja Jasa Tirta II.

Program biogas berbasis pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk mengatasi pencemaran kotoran ternak di Sungai Cisangkuy sebagai salah satu anak Sungai Citarum melalui aplikasi biogas untuk pengelolaan limbah. Selain untuk mengurangi pencemaran, program biogas juga didorong untuk dapat meningkatkan nilai tambah ekonomi para peternak.

"Untuk mendukung program Citarum Harum, Jasa Tirta II melakukan operasi dan pemeliharaan di DAS Citarum, seperti pengangkatan eceng gondok, pengerukan sedimentasi, babadan rumput, konservasi di waduk, bendung, saluran-saluran," pungkas Saefudin Noer.


Berita Terkait
  • Menengok Jejak Bersuci Prabu Siliwangi di Hulu Citarum
  • Menyusuri Hulu Sungai Citarum di Bandung Selatan
  • Perum Jasa Tirta 2 Diminta Lepas Aset
Berita Lainnya
  • Arsul Sani: Salam Pancasila tak Bisa Gantikan Salam Agama
  • Pasien Diduga Corona di RSHS Pernah Pergi ke Thailand

Dukung Program Citarum Harum, Jasa Tirta II Cegah Bencana

Dukung Program Citarum Harum, Jasa Tirta II Cegah Bencana

Dukung Program Citarum Harum, Jasa Tirta II Cegah Bencana

Dukung Program Citarum Harum, Jasa Tirta II Cegah Bencana

Dukung Program Citarum Harum, Jasa Tirta II Cegah Bencana

  
PARTNER KAMI
JPNN
Republika Online
LIPUTAN6
okezone
BBC
bintang
bola
Antvklik
rumah123
Rumah
Love Indonesia
CENTROONE
wartaekonomi
Voice of America
Popular
Gocekan
Teqnoforia
Angelsontrip
Makanyuks
telsetNews
BisnisWisata
Jakarta Kita
Indonesia Raya News
RajaMobil
Mobil123
Otospirit
MakeMac
Indotelko
Inditourist
TEKNOSAINS
MotorExpertz
Mobil WOW
Oto
Kpop Chart
salamkorea
slidegossip
Hotabis
INFOJAMBI
Japanese STATION
SeleBuzz
Cintamobil
Football5star
Citra Indonesia
OTORAI
Sehatly
Hetanews
Inikata
Nusabali
Garduoto
Beritakalimantan
batampos
covesia
carmudi
idnation
inipasti
teknorush
winnetnews
mediaapakabar
carvaganza
mediakepri
kabarsurabaya